preloader
preloader

Kutai Kartanegara Gugus Tugas Tanggap COVID-19

Hubungi Layanan Hotline Konsultasi Corona Virus Kabupaten Kutai Kartanegara dibawah ini

GET http://mantra-gsb20.kukarkab.go.id/json/diskominfo/covid/data
Get Data Pantau
CONTOH OUTPUT API
code: 200
status:1
message: "Berhasil/Sukses (OK)"
Response
                                    
{
    response: {
        status: 1,
        code: 200,
        message: "Berhasil/Sukses (OK)",
        data: {
            data: [
                "[{"id":"1","odp_total":"561","odp_proses":"357","odp_selesai":"204","pdp_total":"22","pdp_dirawat":"12","pdp_meninggal":"0","pdp_pulang":"10","covid_positif":"2","covid_dirawat":"1","covid_meninggal":"0","covid_sembuh":"1","updated_at":"2020-04-09 12:00:00"}]"
            ]
        },
        dataperiode: "2020-Apr-10 10:58:45"
    }
}
                                    
                                

Data Pemantauan COVID-19 Kabupaten Kutai Kartanegara

Update Terakhir : Rabu 27 Mei 2020, 11.30 WITA (Data dapat berubah sewaktu-waktu)
Data Nasional

714

Total ODP

19

Proses Pemantauan

695

Selesai Pemantauan

99

Total PDP

22

Masih Dirawat

6

Meninggal

77

Pulang

46

Kasus Positif

21

Dirawat

0

Meninggal

25

Sembuh

Info Penting

Berisi Tentang Surat Edaran Bupati Yang Harus Diketahui Dan Dipatuhi Semua Masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara

Materi Edukasi


Apa Itu COVID-19?

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh Novel Coronavirus (2019-nCoV), jenis baru coronavirus yang pada manusia menyebabkan penyakit mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernapasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Pada 11 Februari 2020, World Health Organization (WHO) mengumumkan nama penyakit yang disebabkan 2019-nCov, yaitu Coronavirus Disease (COVID-19).

Gejala

Gejala umum berupa demam ≥380C, batuk kering, dan sesak napas. Jika ada orang yang dalam 14 hari sebelum muncul gejala tersebut pernah melakukan perjalanan ke negara terjangkit, atau pernah merawat/kontak erat dengan penderita COVID-19, maka terhadap orang tersebut akan dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

Penularan

Seseorang dapat terinfeksi dari penderita COVID-19. Penyakit ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin. Droplet tersebut kemudian jatuh pada benda di sekitarnya. Kemudian jika ada orang lain menyentuh benda yang sudah terkontaminasi dengan droplet tersebut, lalu orang itu menyentuh mata, hidung atau mulut (segitiga wajah), maka orang itu dapat terinfeksi COVID-19. Seseorang juga bisa terinfeksi COVID-19 ketika tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita. Inilah sebabnya mengapa kita penting untuk menjaga jarak hingga kurang lebih satu meter dari orang yang sakit.

Lakukan Hal Berikut Ini Jika Anda Mengalami Gejala Mirip COVID-19


  1.  Hubungi nomor layanan COVID-19 Kabupaten Kutai Kartanegara di 0822 5117 1009.
  2.  Kenakan masker (tipe masker bedah), dan ganti secara berkala, agar tidak menular ke orang lain.
  3.  Sering-seringlah membersihkan tangan dengan menggunakan hand-sanitizer berbasis alkohol atau sabun dan air;
  4.  Batasi menerima tamu di rumah, Ketika batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan siku tertekuk atau tisu - segera buang tisu dan cuci tangan;
  5.  Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menderita demam dan batuk;
  6.  Tinggal di rumah dan jaga jarak dengan orang lain.
  7.  Minta bantuan teman, anggota keluarga, atau layanan jasa lain untuk menyelesaikan urusan di luar rumah.
  8.  Jika Anda menderita demam, batuk, dan sulit bernapas, cari perawatan medis lebih awal dan bagikan riwayat perjalanan sebelumnya dengan penyedia layanan kesehatan Anda;
  9.  Ketika mengunjungi pasar langsung di daerah yang saat ini mengalami kasus coronavirus baru, hindari kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan;
  10.  Konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang harus dihindari. Daging mentah, susu, atau organ hewani harus ditangani dengan hati-hati, untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah, sesuai praktik keamanan pangan yang baik.

Kasus COVID-19 yang perlu Anda curigai


  • Saat ini belum ada obat khusus untuk pasien dengan COVID-19. Perawatan yang tersedia saat ini bertujuan untuk meringankan gejala. Anda harus tetap terisolasi dari orang lain sampai Anda benar-benar pulih. Adapun yang perlu Anda dicurigai :
  • Penderita Infeksi saluran pernapasan akut berat (Severe Acute Respiratory Infection/SARI), dengan riwayat demam dan batuk serta penyebab yang belum pasti, memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina dalam waktu 14 hari sebelum timbulnya gejala.
  • Seseorang yang sakit dengan gejala klinis yang tidak biasa, kemudian terjadi penurunan kondisi umum mendadak meskipun telah menerima pengobatan yang tepat, tanpa memperhatikan tempat tinggal atau riwayat perjalanan.
  • Penderita Infeksi Saluran Pernapasan akut (ISPA) ringan atau berat, yang dalam 14 hari sebelum timbulnya penyakit, telah terpajan dengan :
  1. Kontak erat dengan kasus positif infeksi nCoV;
  2. Mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan di negara-negara terjangkit nCoV;
  3. Mengunjungi atau bekerja di pasar hewan di Wuhan, Cina;
  4. Memiliki riwayat kontak dengan hewan (jika hewan penular sudah teridentifikasi) di negara terjangkit nCoV pada hewan atau pada manusia akibat penularan hewan (zoonosis).

Rumah Sakit Rujukan


RSUD Aji Muhammad Parikesit


Telp : (0541) 661015

Alamat : Jl. Ratu Agung Nomor 1, Tenggarong, Seberang Kutai Kertanegara.

Peta