preloader
preloader
<p> UNTUK WUJUDKAN PHYSICAL DISTANCING ,  MENDAGRI LUNCURKAN CHATBOT GISA ADMINDUK.</p>
blog-thumb

UNTUK WUJUDKAN PHYSICAL DISTANCING ,  MENDAGRI LUNCURKAN CHATBOT GISA ADMINDUK.

UNTUK WUJUDKAN PHYSICAL DISTANCING ,  MENDAGRI LUNCURKAN CHATBOT GISA ADMINDUK.
 
Jakarta - Menteri Dalam Negeri Prof. H.M. Tito Karnavian mendorong  pelayanan publik tetap berlangsung dengan baik di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). 
 
Hal itu disampaikan Mendagri Tito setelah adanya kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) seperti disampaikan Presiden Joko Widodo, dan juga kebijakan Kementerian Pendayagunaaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) agar ASN dapat melaksanakan kegiatan dari rumah.
 
Mendagri Prof Muhammad Tito Karnavian PhD meluncurkan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berupa Chatbot bernama Gisa untuk layanan Adminduk yang akan membantu mewujudkan layanan online dan physical distancing.  GISA diambil dari program Dukcapil yaitu Gerakan Indonesia Sadar Adminduk.
 
Pada masa seperti ini, kata Tito, masyarakat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Melalui pencarian di web, informasi sering kali tidak akurat, karena belum tentu sumbernya resmi dan bisa saja sudah kadaluarsa karena ada perubahan aturan. 
 
"Dengan Chatbot Gisa, masyarakat bisa bertanya layaknya percakapan dengan seorang petugas. Gisa akan selalu memberi informasi akurat yang bersumber dari Dukcapil,” kata Mendagri Tito Karnavian.
 
Secara teknis Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan bahwa Chatbot Gisa adalah hasil kerja sama antara Ditjen Dukcapil dengan KORPRI, Gisa ada di aplikasi android AKUI. Aplikasi ini sangat mudah diakses dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore dengan kata kunci AKUI. 
 
Dengan memanfaatkan Chatbot Gisa, Dukcapil dapat terus melayani masyarakat dan tetap menerapkan standar informasi. Informasi terkait pelayanan di Kantor Layanan Dukcapil, seperti prosedur pembuatan KTP dan KK, syarat-syarat pencatatan pernikahan, akta kelahiran, informasi biaya, dan sebagainya, dapat diperoleh dari Gisa secara cepat dan akurat. 
 
"Dengan informasi yang lengkap ini masyarakat terhindar bolak-balik ke kantor layanan karena persyaratan yang tidak lengkap," kata Mendagri Prof Tito Karnavian PhD. 
 
Dalam beberapa waktu ke depan, masing-masing Kantor Layanan Dukcapil akan secara khusus meningkatkan pelayanan publik di daerahnya dengan memberikan informasi spesifik seperti lokasi kantor layanan, nomor kontak petugas, informasi waktu penyelesaian, serta menerima masukan dari masyarakat.  
 
Dengan demikian, meskipun tanpa kontak langsung, pelayanan masyarakat yang diperoleh dari Ditjen Dukcapil Kemendagri akan terus berjalan, baik di tingkat nasional maupun daerah.  Dukcapil***

Categories: NASIONAL

Sudah Dibaca sebanyak 0 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Masyarakat Perlu Informasi Tentang Hasil Kerja Pemerintah

Bogor, Kominfo - Sebagai humas pemerintah, Kementerian Komunikasi dan Informatika memang bertugas salah satunya untuk menyampaikan program, kebijakan, kegiatan, dan capaian pemerintah melalui berbagai saluran yang tersedia kepada masyarakat. Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang N...

Image

Larangan Menggunakan Bilik Disinfektan Untuk Pencegahan COVID-19

Kemenkes RI melarang Penggunaan Bilik Disenfektan untuk Pencegahan COVID-19 Penyemprotan Disenfektan pada tubuh dilakukan sebagian masyarakat saat pandemi virus corona (COVID-19). Terbukti saat ini banyak yang menyiapkan cara sterilisasi (ruang desinfeksi) yang disiapkan di berbagai temp...

Image

MENKOMINFO RUDIANTARA BAKAL KUKUHKAN PENGURUS PERSADA.ID

TANGERANG - Menteri Komunikasi dan Informatika RI. Rudiantara dipastikan bakal mengukuhkan pengurus  Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (PERSADA.ID) periode 2019-2023 di Tangerang-Banten pada 28 Agustus 2019.   Ketua Harian PERSADA.ID Syaifudin Ahmad menyebutkan kesed...