Menangkap Peluang Usaha Di Era Digital Industri 4.0

Sanga Sanga 26 Nopember 2019
 
Mendorong pemanfaatan dan penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) , Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP)Kabupaten Kutai Kartanegara memberikan  pelatihan dan pembinaan kepada Pusat komunitas kreatif (PUSKOMKREF),dasar untuk cara mengedit dan menshare produk lewat media online ke sejumlah pelaku UKM dan masyarakat di kecamatan Sanga Sanga.
 
Bertempat diKantor kecamatan sanga sanga   pelatihan dan pembinaan yang berlangsung selama satu hari tanggal 26 Nopember 2019 dibuka langsung Bpk Agus Mulyanto,S.sos Kasi Pembangunan yang mewakili Camat Kecamatan Sanga Sanga,
Pelatihan dan Pembinaan Puskomkref memang sengaja ditujukan bagi pelaku UKM dan masyarakat yang belum mengenal betul cara memasarkan produk lewat media online.
 
Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara bpk Ahmad Rianto mengatakan di Era Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat tidak mengenal batas wilayah termasuk jarak dan waktu, sehingga secara mendasar Diskominfo selalu berupaya untuk mengadakan pelatihan untuk pengembangan potensi diri masyarakat di kecamatan Sanga Sanga khususnya pemahaman tentang perkembangan teknolologi informasi dan komunikasi.
 
Setelah peserta mengikuti pelatihan dan pembinaan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi setiap peserta di kehidupannya kedepan, dan tidak sampai hanya pada pelatihan ini saja, akan tetapi juga dapat menggunakan sarana yang ada di Puskomkref secara gratis setelah menjadi anggota”, ungkapnya ketika memberikan sambutan sekaligus membuka acara pelatihan tersebut secara resmi.
 
Pada pelatihan dan pembinaan Puskomkref menghadirkan narasumber Deddy Priansyah seorang penggiat pelaku usaha UKM  dan Dosen di BI Enterpreneur memberikan pengenalan mengenai "Digital Marketing"
Tujuan utama dari “Digital Marketing” adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.
 
Dalam memberikan materi Deddy Priansyah memberikan pemahaman tentang,
website, sosial media, online store, marketplace, digital payment, aplikasi, search engine, adalah teknologi digital modern yang paling akrab dengan masyarakat saat ini.
 
Diantara itu semua dapat dimanfaatkan untuk membantu pemasaran produk, usaha atau bisnis yang lebih modern dan potensial karena mempunyai akses nya sangat cepat dan luas jangkauannya.
 
Deddy Priansyah berharap setelah mengikuti pelatihan peserta dapat memanfaatkan dan mengelola Blog untuk E-Commerce dalam mendukung usahanya, sehingga dapat menjual produknya melalui online dan secara lebih mandiri, agar dapat menunjang kinerja dalam usahanya masing-masing.
 
Salah satu pelaku UKM Sanga sanga yang tergabung dalam Puskomkref  mengatakan dengan adanya pelatihan dan pembinaan ini bisa dimanfaatkan peserta dalam mengembangkan usaha atau mendukung kegiatan.Nantinya mereka setelah mendapatkan pelatihan ini bisa menjual produknya melalui internet, jadi mereka dapat menjual secara online.
 
heriyanto.

Share This Post: