Penutupan Pameran Expo Gerakan Menuju 100 Smart City

akarta 06 Nopember 2019
 
#Penutupan Pameran Expo Gerakan Menuju 100 Smart City#
 
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI melakukan evaluasi terhadap gerakan smart city yang telah dijalankan 75 kabupaten/kota di Indonesia. Hal ini dilakukan agar Kabupaten/Kota yang berlabel Smart City ini bisa memperbaiki diri.
 
Evaluasi tersebut digelar selama 3 hari, mulai Senin - Rabu (04- 05- 06 Nopember 2019), di Gedung Balai Sudirman Jakarta.
 
Sasaran evaluasi ini adalah kabupaten/kota yang masuk dalam gerakan smart city pada tahun 2017, 2018,2019 .Di tahun 2019 gerakan ini telah menjangkau 75 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Sementara untuk tahun 2019 ini, ada 25 kabupaten/ kota baru yang masuk menjadi smart city,termasuk salah satunya Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Dalam penutupan Pameran Expo Gerakan Menuju 100 smart City Menkominfo Jhonny Gerald  Plate kembali menekankan tentang Konsep Smart City:
Sebuah  kota  berkinerja  baik  dengan  berpandangan  ke  dalam  ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, lingkungan hidup
 
Sebuah  kota  yang  mengontrol  dan  mengintegrasi  semua  infrastruktur termasuk jalan, jembatan, terowongan, rel, kereta bawah tanah, bandara, pelabuhan,  komunikasi,  air,  listrik,  dan  pengelolaan  gedung. Dengan begitu  dapat  mengoptomalkan  sumber  daya  yang  dimilikinya  serta merencanakan  pencegahannya.  Kegiatan  pemeliharaan  dan  keamanan dipercayakan kepada penduduknya.
 
Smart  city  dapat  menghubungkan  infrastuktur  fisik,  infrastruktur  IT, infrastruktur  social,  dan  bisnis  infrastruktur  untuk  meningkatkan kecerdasan kota.
 
langkah kedepannya Pemerintah melalui Menkominfo RI akan menambah BTS (Base Transceiver Station),untuk layanan jaringan agar Masyarakat bisa dengan mudah bisa mengakses Informasi.
 
heriyanto

Share This Post: