PEMANFAATAN APLIKASI SiMAYA

Pemkab Kutai Kartanegara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Bidang e_Government menyelenggarakan sosialisasi, sekaligus Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi perkantoran maya (SiMaya) yang diikuti 47 OPD, di bagi 3 tahap,/hari,di buka langsung oleh Kadis Kominfo Kutai Kartanegara Ir.Bahteramsyah.
 
Dihari pertama Bimtek SiMaya,diikuti 16 OPD bagian Tata Usaha dan sekretariat dari seluruh Organisasi Perangkat Derah(OPD). Kegiatan yang dilangsungkan di Ruang Computer Assisted Test (CAT) Gedung A Lantai I BKPSDM, Kantor BKD Kutai Kartanegara Senin (21/10)  itu, bertujuan meningkatkan efektifitas dan efisiensi Administrasi Perkantoran.
 
Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi SiMAYA Menghadirkan Narasumber dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Pusat bpk Ivan Syahreza,dan Bpk Muhammad Ammar Rusydah,Beliau mengatakan sistem aplikasi perkantoran SiMAYA,merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 6 Tahun 2011, tentang Tata Naskah Dinas Elektronik atau TNDE di Lingkungan Instansi Pemerintah.
 
Sebagai gambaran atau contoh sederhana, disposisi surat, dokumen atau berkas fisik pada organisasi perangkat daerah, melalui aplikasi SiMAYA,saat ini dapat disimpan secara elektronik atau digital, serta diakses secara online. Hal tersebut secara terpisah sudah mulai dilaksanakan di beberapa unit kerja daerah. Yaitu dengan men-scan atau memindai dokumen fisik untuk kemudian disimpan dalam bentuk file atau dokumen digital.
 
Sementara itu Kadis Kominfo Kutai Kartanegara, Menjelaskan manfaat dan tujuan penggunaan aplikasi SiMAYA ini,adalah dalam rangka efektifitas dan efisiensi administrasi perkantoran. Juga meningkatkan koordinasi dan keterhubungan antar instansi pemerintah, pengendalian surat keluar, surat masuk, serta tata naskah dinas,” 
 
“Maka melalui aplikasi SiMAYA, kita harapkan berbagai dokumen digital organisasi perangkat daerah di Kab Kutai Kartanegara tersebut dapat terintegrasi serta terdokumentasi dengan baik,kelengkapan dokumen digital yang dikerjakan nantinya menjadi gambaran dokumentasi berkas digital Pemkab Kutai Kartanegara secara umum,” katanya. (Heriyanto)

Share This Post: