Membangun Masyarakat Informasi melalui KIM

Sebagai bagian dari masyarakat dunia, maka Indonesia khusunya Kabupaten Kutai Kartanegara ikut terlibat dalam membangun tatanan dunia yaitu membangun masyarakat informasi melalui KIM(kelompok Informasi Masyarakat).
 
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM),adalah kelompok yang dibentuk oleh masyarakat ,dari masyarakat,dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah.
 
Hal itu, tidak terlepas dari adanya keinginan dari masyarakat untuk berubah, agar melek informasi dan mampu mendayagunakan informasi. Masyarakat harus bangkit untuk memberdayakan diri membangun masyarakat informasi melalui KIM.
 
Kemunculan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjadi salah satu jawaban dalam rangka membangun masyarakat informasi. Sebagai suatu kelompok, KIM diharapkan dapat membantu mengatasi kesenjangan informasi yang ada.
 
Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial diarahkan untuk:
-Mewujudkan jejaring diseminasi Informasi Nasional
-Mendorong partisipasi masyarakat dalam demokrasi dan pembangunan serta sebagai upaya meningkatkan nilai tambah
-Mendorong peningkatkan kualitas media massa dan kecerdasan publik dalam mengkonsumsi informasi dan
-Membangun masyarakat Informasi.
 
Terkait dengan hal itu, pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui OPD Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo),Kukar,melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Menggelar Literasi Digital Bimtek KIM di hari ke Dua tgl 12 oktober 2019 dengan tema :
- Membangun Masyarakat Informasi melalui KIM.Menuju Masyarakat Informasi, Bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Kecamatan Samboja.
 
Dihari keDua Bimtek KIM menghadirkan Narasumber dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Pusat Bpk.Andi Muslim,S.Ds.M.Si
 
Andi Muslim mengungkapkan, keberadaan KIM ini menjadi penyeimbang informasi atau berita yang ada. Selama ini, informasi maupun berita itu selalu dari atas, kita berharap lewat KIM ini, bagaimana pembangunan yang ada di tingkat desa dan kelurahan itu bisa terinformasi ke tingkat atas
Untuk itu lanjut dia, lewat area perubahan Pemberdayaan KIM Menuju Masyarakat Informasi ini, pihaknya akan memberdayakan anggota KIM dalam hal penulisan berita maupun informasi.
 
Menurut Andi Muslim ,media sosial berperan penting agar masyarakat  memanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya.
 
Media sosial mengunakan teknologi berbasis website atau aplikasi yang dapat mengubah suatu komunikasi ke dalam postingan Beberapa contoh media sosial yang banyak digunakan adalah YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan lain-lain.
 
Sesuai dengan Instruksi Presiden No 9 tahun 2015 :
-Menyampaikan Informasi melalui berbagai saluran Komunikasi kepada masyarakat secara tepat,cepat,obyektif,berkualitas baik berwawasan Nasional,dan mudah dimengerti terkait dengan kebijakan dan program pemerintah.
 
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diarahkan untuk melakukan aktivitas mencari ,memfilter,mengelola,dan menyebarkan Informasi.Bukan hanya mengelola produk /kerajinan.
 
Pelaksanaan Literasi Digital Bimtek Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dilaksanakan dari tanggal 11,Sampai dengan12 Oktober 2019 resmi ditutup oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kutai Kartanegara Bpk Ahmad Rianto,SIP.
 
(Heriyanto)

Share This Post: