preloader
preloader
Kominfo Kukar Gelar Bimtek KIM di Kecamatan Samboja
blog-thumb

Kominfo Kukar Gelar Bimtek KIM di Kecamatan Samboja

Melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik ( PKP ), Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar acara Literasi Digital Bimtek Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada hari Jumat (11/10) di Ruang serba guna  kantor Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan Bimtek diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari Pemuda perwakilan desa di kecamatan Samboja.
 
Seketaris  Camat Samboja Ahmad Nurkholis S.Sos.,M.Si  membuka secara langsung Kegiatan Literasi Digital Bimtek KIM. Ahmad Nurkholis memberikan apresiasi dan menyambut positif kegiatan yang diselenggarakan oleh Diskominfo Kukar  tersebut. Melalui kegiatan ini perangkat desa atau pemuda desa dapat memberikan informasi kepada masyarakat umum tentang potensi yang ada  di masing-masing desa.
 
Dalam era Reformasi dan situasi Informasi global sekarang ini, keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) masih diperlukan . Kondisi sebagian masyarakat yang belum memiliki kemampuan memadai untuk menelaah muatan informasi dengan baik, karena faktor sosial (edukatif), ekonomis maupun kultural. Keterbatasan masyarakat dalam mengakses dan memanfaatkan informasi terutama di wilayah blank spot area, menjadikan kesenjangan yang semakin lebar untuk itu Diskominfo melakukan LITERASI DIGITAL BIMTEK KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) selama dua hari 11 dan 12 oktober 2019 di Gedung Serba Guna di kantor Kecamatan Samboja.  
 
Di hari pertama Bimtek KIM menghadirkan Narasumber Dari Kominfo Kukar Bpk Ahmad Rianto,SIP  Kabid PKP (Pengelola Komunikasi Publik) serta Fairus dari I News tv ( MMC Group ) yang memiliki kompetensi pengembangan komunikasi sosial.
 
Materi yang disampaikan Bpk Ahmad Rianto dan Fairus I News tv ( MMC group ) Di hari pertama Bimtek KIM tentang :
-Pemahaman Regulasi tentang dunia Informasi dan peran Kominfo
-Undang2 Informasi dan Transaksi Elektronik
-Undang2 Keterbukaan Informasi Publik
-Pengolahan Informasi melalui Media Tulisan dan video
-Bijak Bersosial Media,Bijak menggunakan Media Sosial.
 
Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) diharapkan menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat langsung. Pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas informasi sebagai suatu sumber pengetahuan dan juga sekaligus meningkatkan kemampuan mengakses informasi dengan mengunakan dan memanfaatkan teknologi komunikasi. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan melalui pelatihan, bimbingan teknis, dan sosialisasi berbagai materi pokok kepada masyarakat langsung. (Heriyanto)

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 0 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

ASN Pemkab Kukar Ikuti Pelatihan GTA dari Kominfo RI

Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyelenggarakan pelatihan Government Transformation Academy (GTA)  tahun 2022. Pelatihan yang dijadwalkan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 4 hingga 8 Juli 2022  digelar di Hotel Grand ...

Image

Banyak Peluang, FC Kominfo Kalah Tipis 1-2 Dari Tim DPU

Tim FC Kominfo kalah tipis 1-2 dari FC Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dalam laga persahabatan yang digelar di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Jum'at (24/07/2020) sore.   Sejak menit awal pertandingan, FC DPU langsung berupaya menekan tim FC Kominfo. Sepakan striker dari dalam kotak pe...

Image

Rapat Sosialisai dan Pembentukan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)

Rapat Sosialisai dan Pembentukan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat ) Di Kecamatan Tenggarong. Senin, 23 Desember 2019 Bertempat di Pendopo Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan Rapat sosialisasi dan Pembentukan KIM (Kelompok Inf...