preloader
preloader
Diskominfo Kukar Gelar Rakor Pengelolaan Aduan Publik Sekaligus Pembinaan PPID di Kecamatan Muara Muntai
blog-thumb

Diskominfo Kukar Gelar Rakor Pengelolaan Aduan Publik Sekaligus Pembinaan PPID di Kecamatan Muara Muntai

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Aduan Publik sekaligus pembinaan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) bertempat di gedung BPU Desa Muara Muntai Ulu, Kecamatan Muara Muntai, Rabu (20/07/2022) siang.
 
Kegiatan yang diikuti para pejabat Kantor Camat Muara Muntai dan perwakilan desa se-Kecamatan Muara Muntai itu dibuka secara resmi oleh Camat Muara Muntai, Murjani, didampingi Kepala Bidang PLIP Diskominfo Kukar Surya Admaja, Pranata Humas Sub Koordinator Pengelolaan Opini Publik Diskominfo Kukar Zainul Effendi Joesoef dan Pranata Humas Sub Koordinator Pengelolaan Informasi Publik Hartono Kusbandi.
 
Kabid PLIP Diskominfo Surya Admaja yang bertindak sebagai moderator menyampaikan bahwa pertemuan tersebut bermaksud untuk melaksanakan Rapat Koordinasi Pengelolaan Aduan pelayanan Publik dan pembinaan PPID. Menurut Surya Admaja, kegiatan yang sama sebelumhya telah dilaksanakan di 10 kecamatan. "Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat memperbaiki kinerja tim pengelola aduan pelayanan publik dan PPID, baik di OPD ataupun di desa," ujarnya. 
 
Sementara Camat Muara Muntai, Murjani, menyampaikan pentingnya koordinasi dan komunikasi yang baik antara Diskominfo, Kecamatan dan Desa dalam penyelesaian aduan publik baik yang terdapat pada aplikasi SP4N LAPOR! ataupun pada media berbasis online ataupun media sosial. Diingatkannya kepada peserta agar dapat responsif, obyektif, dan memperhatikan waktu dan norma dalam memberika jawaban pada aduan pelayanan publik. Dipesankan agar para peserta mengikuti kegiatan dengan baik agar ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat dalam pelaksanaan kegiatan penyelesaian aduan pelayanan publik dan PPID. 
 
Dalam paparan disampaikan oleh Tim Diskominfo tentang dasar hukum Pelayanan Publik dan kewajiban-kewajiban bagi institusi pelayanan publik dalam merespons aduan publik. Ditekankan tentang kewajiban menghindari maladministrasi dan jenis-jenis maladministrasi. Dan yang paling penting adalah koordinasi internal OPD dengan Diskominfo untuk menindaklanjuti laporan atau aduan yang masuk agar dapat diselesaikan secepatnya atau sesuai batas waktu yang telah ditentukan.
 
Dalam sesi tanya jawab pihak desa menanyakan apakah selain dari aplikasi SP4N LAPOR!  apakah pelu direspons. Dijawab oleh Sub Koordinator POP bahwa berdasarkan SKB 3 Menteri yakni Kementerian Kominfo RI, PAN RB RI, dan Depdagri tentang pemberlakuan aplikasi umum SP4N LAPOR! dan meniadakan aplikasi sejenis. Sedangkan berdasarkan UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dan Permenkominfo No 8 Tahun 2019 pihak penyelenggara layanan publik diwajibkan untuk memberikan jawaban terkait aduan pelayanan publik di berbagai media. 
 
Tim Diskominfo menyampaikan kepada pihak OPD Kecamatan tentang pentingnya membuat Forum Pengelola Aduan Publik yang dihimpun dalam group Whatsapp. Tujuannya adalah untuk berkoordinasi dalam penanganan aduan publik yang disampaikan warga pada aplikai SP4N LAPOR! ataupun pada media yang lain.
 

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 6 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Diskominfo Kukar Gelar Bimtek TOT Pengelolaan PPID dan Aduan Publik

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hari ini, Kamis 10 Juni 2021, menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) TOT (Training of Trainer) Pengelolaan PPID dan Aduan Publik. Kegiatan Bimtek TOT Pengelolaan PPID dan Aduan Publik yang berlangsung selama ...

Image

Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah: KIM Diharapkan Mampu Menyaring Sebelum Sharing Informasi

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di era industri 4.0 diharapkan dapat berperan dalam kegiatan diseminisasi informasi positif, sekaligus sebagai mitra pemerintah dalam menangkal informasi-informasi negatif yang saat ini marak beredar di dunia maya dengan cara  terlebih dahulu menyaring info...

Image

ASN Diskominfo Kukar Ikuti Bimtek Penyusunan Metadata Statistik Sektoral

Bidang Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Metadata Kegiatan, Variabel, dan Indikator Statistik Sektoral. Kegiatan Bimtek digelar 2 hari pada tanggal 21-22 Juni 2022 di Hotel Harris Samarinda pada hari ini, Selasa (...