preloader
preloader
Diskominfo Kukar Laksanakan Rakor Bahas Evaluasi dan Pemantauan SPBE
blog-thumb

Diskominfo Kukar Laksanakan Rakor Bahas Evaluasi dan Pemantauan SPBE

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar rapat koordinasi membahas evaluasi dan pemantauan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Rakor tersebut dilaksanakan di ruang rapat lantai 3 Kantor Diskominfo Kukar di Jalan Pahlawan No. 1 Bukit Biru, Tenggarong pada hari ini, Rabu (22/6/22).
 
Hadir dalam rakor tersebut Kadis Kominfo Kukar Dafip Haryanto sebagai pemimpin rapat, Sekretaris Diskominfo Solihin, Plt. Kabid E Government Tantri Saptadewi, Kabip PLIP Surya Admaja, Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Ery Haryono, Kasi Persandian Sofyan Agus dan para Sub Koordinator  dan staf Bidang E-Government. 
 
Plt. Kabid E Government Tantri Saptadewi menyampaikan bahwa Indeks SPBE Kabupaten Kutai Kartanegara di tahun 2021 adalah 2,48 dan tertinggi di Provinsi Kaltim.  Dengan angka 2,48 masuk predikat cukup. Maka diharapkan pada tahun 2022 ini bisa masuk kategori baik (2,6 – <3,5). Dijelaskannya bahwa ada 47 indikator yang terbagi di dalam 8 aspek dan 4 domain.
 
Dijelaskannya untuk domain kebijakan, perlu segera disahkan Peraturan Bupati tentang SPBE dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang  saat ini sedang proses harmonisasi dengan KemenkumHAM.
 
“Pada domain Tata Kelola dan domain Manajemen SPBE masih banyak pembenahan yang harus dilakukan, mengingat selama ini pelaksanaan SPBE masih belum terencana dan terdokumentasi dengan baik. Sedangkan pada Domain Layanan SPBE yang bobot penilaiannya sekitar 45 % dari keseluruhan indeks, Kabupaten Kutai Kartanegara sudah berpredikat Baik di tahun 2021 yaitu 3,20 untuk Layanan Administrasi Pemerintahan Berbasis Elektronik, dan 3,17 untuk Layanan Publik Berbasis Elektronik,” jelasnya.
 
“Itu merupakan capaian yang tinggi sehingga pihak Kementerian PAN RB RI tidak perlu melakukan evaluasi, namun cukup pemantauan saja. Kita akan berusaha keras untuk mendapat nilai maksimal,” ungkapnya. 
 
Menanggapi paparan tersebut Kadis Kominfo Kukar Dafip Haryanto berencana mengumpulkan seluruh OPD untuk membahas capaian dan untuk mengidentifikasi persoalan yang lebih detail dalam pelaksanaan SPBE di Kukar. 
 
Diingatkan oleh Kadis Kominfo Kukar untuk mendokumentasikan setiap tindakan pekerjaan. “Hal itu penting dilakukan karena sebagai bukti bahwa kita bekerja. Untuk itu perlu dilengkapi dengan surat tugas sebagai bukti dukung dalam pelaksanaan pekerjaan dan penilaian . Ini juga sangat penting untuk mengisi e-kinerja dan menjadi ukuran dalam mendapatkan reward kinerja,” ujarnya. 
 
Plt. Kabid E-Government menjelaskan bahwa telah disusun tahapan evaluasi pelaksanaan SPBE tahun 2022. “Tahap sosialisasi dan asistensi dilaksanakan pada bulan April dan Mei, penilaian mandiri untuk skema pemantauan dan evaluasi pada bulan Mei- Juli, penilaian interview untuk skema evaluasi pada bulan Agustus, dan penilaian visitasi jika diperlukan akan diumumkan kemudian,” pungkasnya.

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 1 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Diskominfo Kukar Laksanakan Apel Pagi Perdana di Masa Pandemi

Setelah setahun lebih ditiadakan akibat merebaknya pandemi COVID-19, kegiatan apel pagi di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya kembali dilaksanakan, Senin (28/06/2021) pagi.   Apel pagi perdana pada masa pandemi ini dipimpin langsung ...

Image

Implementasi Aplikasi si MAYA, Kominfo Kukar Gelar Sosialisasi hingga ke Kecamtan

Selasa, 24  September 2019   Dalam rangka persiapan penerapan Aplikasi siMaya  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Diskominfo Kukar melakukan Kegiatan Sosialisasi Aplikasi siMaya di Kecamatan kembang Janggut (24/9/2019)   Dalam kegiatan sosialis...

Image

KIM Bersinar Desaku Desa Muara Enggelam Mencoba Teknologi Tanam Padi Apung

Padi merupakan salah satu tanaman pangan terpenting yang berperan sebagai sumber karbohidrat utama di Indonesia dan banyak digemari masyarakat khususnya di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara yang sebagian masyarakatnya hidup diatas permukaan air.   Kepala...