preloader
preloader
PPID Bawaslu dan Diskominfo Kukar Koordinasikan Pengelolaan Data dan Informasi Kepemiluan
blog-thumb

PPID Bawaslu dan Diskominfo Kukar Koordinasikan Pengelolaan Data dan Informasi Kepemiluan

Tim PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyambangi kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar di Tenggarong, Rabu (06/04/2022) siang, guna membahas rencana pengelolaan data dan informasi kepemiluan.
 
Tim PPID Bawaslu Kukar yang dikomandoi Plt Kepala Sekretariat Bawaslu Kukar Rusmini ini datang bersama Anggota Bawaslu Kukar Ali Mukid yang membidangi Hukum, Informasi dan Data.
 
Kedatangan tim PPID Bawaslu Kukar tersebut diterima Kepala Diskominfo Kukar Dafip Haryanto didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik Surya Admaja beserta jajaran di ruang rapat lantai 3 kantor Diskominfo Kukar.
 
Menurut Plt Kepala Sekretariat Bawaslu Kukar, Rusmini, pihaknya berkeinginan agar informasi kepemiluan dapat diakses secara luas oleh seluruh masyarakat serta lembaga-lembaga yang berkepentingan, seperti partai politik maupun Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.
 
“Kami berharap informasi kepemiluan juga dapat diakses melalui PPID Kabupaten Kutai Kartanegara yang berada dibawah Diskominfo, selain melalui Bawaslu dan KPU,” ujarnya.
 
Sementara ditambahkan Ali Mukid selaku Koordinator Divisi Hukum, Informasi dan Data Bawaslu Kukar, menyambut Pemilu 2024 maka dipandang perlu pemanfaatan data di semua sektor. “Karena menjelang Pemilu biasanya permohonan data cukup tinggi. Bahkan ada yang meminta data formulir KPU kepada kami di Bawaslu. Oleh karena itu, kami perlu berkoordinasi dengan Diskominfo untuk berbagi data-data kepemiluan dari Bawaslu,” ungkapnya. 
 
Menanggapi hal tersebut, Kepala Diskominfo Kukar Dafip Haryanto menyambut baik gagasan yang disampaikan Bawaslu Kukar untuk berbagi data dan informasi dengan Diskominfo. Kepala Diskominfo Kukar pun menyatakan pihaknya siap untuk menyediakan ruang bagi Bawaslu dalam rangka menyebarluaskan data dan informasi. 
 
“Diskominfo memiliki peran sebagai wali data. Jadi data-data kepemiluan merupakan bagian dari data sektoral yang perlu kami kumpulkan. Data itu sangat penting, karena tanpa data sangat sulit bagi OPD untuk melakukan perencanaan,” imbuhnya.
 
Dafip pun memuji PPID Bawaslu Kukar yang memiliki semangat untuk berbagi data dan informasi. “Ini sangat luar biasa jika Bawaslu mau berbagi data kepemiluan, sehingga kita bisa saling melengkapi. Penting bagi kita untuk menginformasikan tahapan-tahapan Pemilu. Koordinasi yang intens sangat perlu dilakukan,” pungkasnya.
 

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 13 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Di Atas Kapal Sambil Susur Sungai, Diskominfo Kukar Sosialisasikan KIM di Muara Muntai

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar kegiatan sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Muara Muntai.    Kegiatan sosialisasi ini digelar Rabu (5/7/2020) kemarin di atas kapal, lengkap dengan suguh...

Image

Tiga Komunitas Terima SK Kepala Diskominfo Kukar

Sebanyak 3 komunitas di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerima Surat Keputusan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) tentang Komunitas Pembuat Konten Positif (KPKP) dan Kelompok Strategis (KS).   Penyerahan SK tersebut dilakukan secara simbolis oleh Sekretar...

Image

Diskominfo Kukar dan Kementerian Kominfo Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Kukar

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap I Penyusunan Masterplan Smart City atau Rencana Induk Kota Cerdas Kutai Kartanegara (Kukar). ...