preloader
preloader
Diskominfo Kukar Gencarkan Penguatan Peran dan Fungsi PPID dan Pengelolaan Aduan Publik
blog-thumb

Diskominfo Kukar Gencarkan Penguatan Peran dan Fungsi PPID dan Pengelolaan Aduan Publik

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik (PLIP) terus menggencarkan penguatan peran dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di tingkat kecamatan.

Setelah sehari sebelumnya melaksanakan monitoring dan evaluasi PPID sekaligus menyosialisasikan aplikasi aduan publik SP4N-LAPOR di Kecamatan Loa Janan dan Loa Kulu, Diskominfo Kukar kembali melakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Anggana, Rabu (23/03/2022) pagi.

Kegiatan yang diikuti para Kepala Desa hingga Bumdes serta unsur pelaksana dan pengawas di Kecamatan Anggana ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Diskominfo Kukar, Solihin, bertempat di ruang rapat Kantor Camat Anggana.

Menurut Solihin, tugas Diskominfo Kukar sebenarnya sangat banyak. Tak hanya menangani persoalan teknis seperti jaringan internet, website dan aplikasi, namun juga terkait data, komunikasi publik, keterbukaan informasi publik serta aduan publik.

"Dengan diimplementasikannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, seluruh badan publik yang menggunakan dana APBD maupun APBN, wajib melaksanakan keterbukaan informasi publik, sehingga masyarakat bisa ikut mengontrol penyelenggaraan pembangunan," ujarnya. 

Sementara Camat Anggana, Rendra Abadi, mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Diskominfo dan tim yang datang ke Anggana untuk memberikan sosialisasi keterbukaan informasi publik serta aduan publik.

Rendra berharap agar dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan wawasan jajaran pemerintah Kecamatan Anggana, termasuk para Kepala Desa dan pengurus Bumdes, dalam mengelola informasi publik agar lebih terarah ke depannya. "Sehingga kita tahu data apa yang bisa diberikan atau dibuka untuk umum, dan data apa yang tidak boleh kita berikan," katanya.

Kegiatan yang dimoderatori Kabid PLIP H. Surya Admaja ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang Keterbukaan Informasi Publik dan PPID oleh Zainul Effendi Joesoef, serta pemaparan tentang aplikasi SP4N-LAPOR oleh M Agri Winata.

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 15 Kali

1 Komentar

  • nowmeee

    Mei 20, 2022

    Jsjdjd

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Serah Terima Jabatan Pejabat eselon IV di Lingkungan Kantor Diskominfo Kutai Kartanegara.

Telah dilaksanakan Serah Terima Jabatan Pejabat Eselon  IV pada Dinas Diskominfo Kukar Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara pada hari Senin, 06 Januari 2020 pukul 09.00.WIT. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Diskominfo Kutai Kartanegara Bpk Bahteramsyah dan dilaksanakan di...

Image

Sambangi Diskominfo Kukar, Bawaslu Bahas Persiapan Pemilu dan Pilkada 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar menggelar rapat koordinasi membahas persiapan Pemilu dan Pilkada tahun 2024. Rakor tersebut digelar di ruang rapat lantai 3 Kantor Diskominfo Kukar di Jalan Pahlawan 1, ...

Image

Antisipasi Berita Hoax, Diskominfo Kukar Gelar Bimtek KIM ke-6 di Muara Muntai

Akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah 'hoax' oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.   Jika tidak ada kehati-hatian, netizen pun dengan mudah termakan tipuan hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informa...