preloader
preloader
Diskominfo Kukar Gencarkan Penguatan Peran dan Fungsi PPID dan Pengelolaan Aduan Publik
blog-thumb

Diskominfo Kukar Gencarkan Penguatan Peran dan Fungsi PPID dan Pengelolaan Aduan Publik

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik (PLIP) terus menggencarkan penguatan peran dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di tingkat kecamatan.

Setelah sehari sebelumnya melaksanakan monitoring dan evaluasi PPID sekaligus menyosialisasikan aplikasi aduan publik SP4N-LAPOR di Kecamatan Loa Janan dan Loa Kulu, Diskominfo Kukar kembali melakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Anggana, Rabu (23/03/2022) pagi.

Kegiatan yang diikuti para Kepala Desa hingga Bumdes serta unsur pelaksana dan pengawas di Kecamatan Anggana ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Diskominfo Kukar, Solihin, bertempat di ruang rapat Kantor Camat Anggana.

Menurut Solihin, tugas Diskominfo Kukar sebenarnya sangat banyak. Tak hanya menangani persoalan teknis seperti jaringan internet, website dan aplikasi, namun juga terkait data, komunikasi publik, keterbukaan informasi publik serta aduan publik.

"Dengan diimplementasikannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, seluruh badan publik yang menggunakan dana APBD maupun APBN, wajib melaksanakan keterbukaan informasi publik, sehingga masyarakat bisa ikut mengontrol penyelenggaraan pembangunan," ujarnya. 

Sementara Camat Anggana, Rendra Abadi, mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Diskominfo dan tim yang datang ke Anggana untuk memberikan sosialisasi keterbukaan informasi publik serta aduan publik.

Rendra berharap agar dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan wawasan jajaran pemerintah Kecamatan Anggana, termasuk para Kepala Desa dan pengurus Bumdes, dalam mengelola informasi publik agar lebih terarah ke depannya. "Sehingga kita tahu data apa yang bisa diberikan atau dibuka untuk umum, dan data apa yang tidak boleh kita berikan," katanya.

Kegiatan yang dimoderatori Kabid PLIP H. Surya Admaja ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang Keterbukaan Informasi Publik dan PPID oleh Zainul Effendi Joesoef, serta pemaparan tentang aplikasi SP4N-LAPOR oleh M Agri Winata.

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 16 Kali

1 Komentar

  • nowmeee

    Mei 20, 2022

    Jsjdjd

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Disaksikan Jajaran Diskominfo Kukar, Pengukuhan PPID Desa Bhuana Jaya Tenggarong Seberang

Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Desa (PPID) Dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Kepala Desa Bhuana Jaya Frank Efendi,disaksikan langsung oleh anggota KPID Propinsi Kaltim Erni Wahyuni,Kadis Kom...

Image

Kejutan di Hari Ulang Tahun, Kepala Diskominfo Dafip Haryanto Dapat Hadiah 'Spesial' dari Sekda Kukar

Hari Jum'at tanggal 24 September 2021 menjadi hari yang spesial bagi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), H Dafip Haryanto. Karena pada hari ini, Dafip Haryanto genap berusia 51 tahun. Dan di hari jadinya tersebut, D...

Image

Kekraf dan Puskomkref Diharap Seiring Sejalan Membangun Kukar

Pusat Komunitas Kreatif atau disingkat Puskomkref merupakan salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang  tertuang dalam Permenkominfo nomor 8 tahun 2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial kemudian diperkuat Permenkominfo nomor 8 tahun 20...