preloader
preloader
Pemkab Kukar Targetkan Pengentasan Desa Blankspot Tuntas Tahun 2024
blog-thumb

Pemkab Kukar Targetkan Pengentasan Desa Blankspot Tuntas Tahun 2024

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menargetkan seluruh desa di Kukar dapat terjangkau jaringan telekomunikasi atau tanpa blankspot paling lambat pada tahun 2024 mendatang.
 
Jika berdasarkan target RPJMD Kutai Kartanegara 2021-2026, ada 23 desa blankspot yang harus dituntaskan. Namun kini jumlahnya tinggal 19 desa blankspot, setelah masuknya jaringan seluler ke 4 desa, yakni Desa Rantau Hempang di Kecamatan Muara Kaman, Desa Buluq Sen (Tabang), Bendang Raya (Tenggarong), dan Sukabumi (Kota Bangun).
 
Menurut Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfo Kukar, Ery Hariyono, pada saat kegiatan Ngapeh Hambat bersama Bupati Kukar Edi Damansyah pekan lalu telah dilakukan uji coba telepon dari Buluq Sen dan Rantau Hempang. “Yang dari Rantau Hempang sangat bagus sinyalnya yakni 4G, sehingga bisa dilakukan video call dengan Bupati,” kata Ery.
 
Ery menyebutkan penanganan blankspot tersebut menyasar pusat pemerintahan desa dan sekitarnya. “Karena tidak mungkin dengan kondisi wilayah yang luas dan penduduk yang tersebar semua bisa tercakup oleh sinyal seluler. Jadi minimal di kantor desa sudah ada sinyal,” jelasnya. 
 
Seperti di Desa Bendang Raya, lanjut Ery, kualitas sinyal seluler sudah sangat bagus di sekitar kantor desa. “Namun ada catatan, beberapa RT di sekitar lembah tidak mendapat sinyal karena posisi,” ujarnya. 
 
Kemudian khusus di Desa Buluq Sen, Kecamatan Tabang, sinyal seluler juga sudah sangat bagus. “Di desa ini kita bekerja sama dengan Telkomsel, mereka menyewa tower milik Pemkab Kukar yang dikelola Diskominfo untuk memasang repeater. Awalnya kita mau memfasilitasi tower kita, namun ada aturan dari manajemen Telkomsel bahwa tidak boleh menggunakan fasilitas secara gratis. Setelah kita komunikasi dengan bidang aset, itu dijadikan posisi sewa tapi bayarnya setelah penetapan sewa oleh Pemda. Kisarannya sekitar Rp 1 juta per tahun,” katanya lagi.
 
Dengan masuknya layanan telekomunikasi di 4 desa tersebut, lanjutnya, kini tinggal 19 desa dari 237 desa/kelurahan se-Kukar yang masih berstatus blankspot. Pihak TIK Diskominfo Kukar telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta operator seluler untuk menuntaskan permasalahan blankspot.
 
“Dari pertemuan tersebut, kami mendapat informasi ada 38 desa di Kukar yang akan mendapat bantuan pembangunan menara telekomunikasi lewat program Kemenkominfo, termasuk 10 desa yang masih blankspot,” ungkapnya.
 
Ke 10 desa tersebut adalah Desa Muara Enggelam di Kecamatan Muara Wis, Desa Long Beleh Modang (Kembang Janggut), Desa Benua Baru (Kota Bangun), serta 7 desa di Kecamatan Tabang yakni Desa Muara Tuboq, Desa Muara Kebaq, Desa Muara Salung, Desa Muara Tiq, Desa Muara Belinau, Desa Umaq Dian dan Desa Umaq Tukung. “Untuk pembangunan menara oprator seluler lewat program Kemenkominfo ini akan berlangsung mulai tahun 2022 hingga 2024,” jelasnya.
 
Khusus untuk 9 desa lainnya yang tidak masuk program Kemenkominfo, Pemkab Kukar melalui Diskominfo telah menganggarkan pemasangan repeater melalui APBD Kukar 2022. Ke 9 desa tersebut meliputi Desa Salo Cella di Kecamatan Muara Badak, Desa Kupang Baru (Muara Kaman), Desa Batuq (Muara Muntai), Desa Muara Aloh (Muara Muntai), Desa Tanjung Batuq Harapan (Muara Muntai), Desa Sebelimbingan (Kota Bangun), Desa Muhuran (Kota Bangun), Desa Wonosari (Kota Bangun), dan Desa Long Lalang (Tabang). “Mudah-mudahan tidak ada kendala, sehingga target kita untuk mewujudkan Kutai Kartanegara tanpa blankspot bisa tuntas pada 2024,” pungkasnya.

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 9 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Diskominfo Kukar Bahas Raperbup SPBE

Bidang E-Goverment Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara hari ini menggelar rapat finalisasi Rancangan Peraturan Bupati tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Kutai Kartanegara. Rapat Raperbup tersebut dibuka Kepala...

Image

Diskominfo Kukar Gelar Rakor Uji Konsekuensi Informasi Publik

Sebagai persiapan untuk pelaksanaan uji konsekuensi informasi publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) hari ini menggelar Rapat Koordinasi Uji Konsekuensi PPID Utama dan PPID Pembantu Tahun 2020. Kegiatan Rakor Uji Konsekuensi ini dibuka secara resmi oleh S...

Image

Diskominfo Kukar dan Kementerian Kominfo Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Kukar

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap I Penyusunan Masterplan Smart City atau Rencana Induk Kota Cerdas Kutai Kartanegara (Kukar). ...