preloader
preloader
Diskominfo Kukar Ikuti Pembinaan Statistik Sektoral Bersama BPS Kaltim
blog-thumb

Diskominfo Kukar Ikuti Pembinaan Statistik Sektoral Bersama BPS Kaltim

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfp) Kutai Kartanegara (Kukar) ikut ambil bagian dalam kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (10/02/2022) di Ruang Rapat BPS Provinsi Kaltim, Samarinda.
 
Dalam acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut, Diskominfo Kukar melalui Bidang Statistik diwakili oleh Dewi Mayasari, Sudarman, Dahlansyah dan Ardiansyah.
 
Selain diikuti Diskominfo Kukar, kegiatan tersebut juga dihadiri pihak BPS Kutai Timur, BPS Kutai Barat, BPS Berau, Diskominfo Kutai Timur, Diskominfo Kutai Barat, Diskominfo Mahakam Ulu, Baplitbang Berau, Baplitbang Mahakam Ulu, dan Baplitbang Penajam Paser Utara.
 
Kepala BPS Provinsi Kaltim Nur Wahid menyampaikan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan pembinaan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman unsur pejabat teknis yang mengelola data dan informasi di dalam Implementasi Forum Data/ Focus Group Discusion (FGD).
 
Ditekankannya bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Wali Data dan Badan Pusat Statistik sebagai Pembina dan penyedia official statistics harus dapat memberikan data yang betul-betul memotret fakta di lapangan secara objektif dan akurat dengan metodologi yang sudah baku. 
 
Hal tersebut  harus sesuai dengan standard internasional untuk menunjukkan kondisi yang sebenarnya. Jika tidak sesuai standard, maka menjadi warning untuk segera melakukan perbaikan agar tujuan pembangunan dapat tercapai karena perlu disadari bahwa betapa sulit dan mahalnya pengumpulan data.
 
Kepala BPS Provinsi Kaltim Nur Wahid mengatakan bahwa dalam Program Satu Data Indonesia terdapat 3 peran, pertama  BPS sebagai Pembina Data, kemudian Bappeda sebagai Pengelola Data, terakhir  Dinas Kominfo sebagai Wali Data dan keempat  OPD sebagai Produsen Data.
 
"Setiap produsen data minimal menghasilkan satu data yang memiliki  kontribusi pada pencapaian indikator kinerja utama OPD. Oleh karena itu peran Bappeda dan Kominfo tidak bisa dipisahkan," tegasnya.

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 4 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Rakor Penetapan Agenda Prioritas Pemda

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat koordinasi penetapan agenda prioritas Pemerintah Daerah di Tenggarong, Selasa (26/07/2022) siang.   Kegiatan rapat koordinasi (rakor) tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat internal...

Image

Sosialisasi Survei dan Kompromin Peningkatan Mutu Statistik Sektoral

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar sosialisasi kegiatan Survei dan Kompilasi Produk Administrasi (Kompromin) dalam Peningkatan Mutu Statistik Sektoral di ballroom Hotel Grand Fatma, Tenggarong, Rabu (23/03/2022) siang. Bupati Ku...

Image

Kutai Kartanegara Lanjutkan Penyusunan Master Plan Smart City Kawasan IKN Baru

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Master Plan Smart City (Kota Cerdas) Kawasan Ibu Kota Negara Baru. Kegiatan Bimtek ke-3 Penyusunan Master Plan Smart City Kawasan IKN Baru tersebut digelar selama 2 ha...