preloader
preloader
Ditutup Sekretaris Diskominfo Kukar, Workshop dan Pembekalan Statistik Sektoral Berakhir
blog-thumb

Ditutup Sekretaris Diskominfo Kukar, Workshop dan Pembekalan Statistik Sektoral Berakhir

Kegiatan Workshop Statistik Sektoral yang berlangsung selama 4 hari di Hotel Harris, Samarinda, telah berakhir hari Sabtu (05/02/2022).
 
Workshop sekaligus Pembekalan Statistisi dalam Peningkatan Mutu Statistik Daerah yang Terintegrasi itu ditutup secara resmi oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Solihin.
 
Seketaris Diskominfo Kukar Solihin mengatakan, Kominfo Kukar telah memiliki kewenangan sebagai Wali Data statistik sektoral dan bekerjasama dengan BPS (Badan Pusat Statistik) daerah. Kewenangan tersebut berdasarkan Peraturan Presiden (Perpes) Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI).
 
"Peningkatan Peran Diskominfo sebagai Wali Data memang menjadi hal yang utama, dan salah satu nya yang akan terus kami tingkatkan mulai SDM pengelola statistik sektoral agar data yang di hasilkan berkualitas. Langkah yang ditempuh adalah dengan meningkatkan kualifikasi dengan memberikan pelatihan kepada pengelola statistik sektoral baik untuk Wali Data maupun Wali Data Pendukung dan Produsen Data," ucapnya.
 
Tampil sebagai narasumber pada hari terakhir workshop tersebut adalah Analis SDM Aparatur Ahli Madya dari BPS Provinsi Kaltim Ardiansyah, dengan materi berjudul Petunjuk Teknis Pengangkatan dan Pengajuan Angka Kredit Fungsional Statistisi.
 
Ardiansyah menjelaskan, definisi jabatan fungsional statistisi, yakni PNS yang mempunyai ruang lingkup kerja, tugas, tanggungjawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan statistik. Kegiatan statistik merupakan kegiatan penyediaan data, analisis, dan pengembangan informasi statistik.
 
Dijelaskannya tentang tingkatan statistisi, Jabatan Fungsional Statistisi berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional penyelenggaraan kegiatan statistik. Statistisi Terampil adalah Statistisi dengan kualifikasi teknis yang pelaksanaan tugas dan fungsinya mensyaratkan penguasaan teknis dan prosedur kerja di bidang statistik.
 
Sedangkan Statistisi Ahli adalah Statistisi dengan kualifikasi profesional yang pelaksanaan tugas dan fungsinya mensyaratkan penguasaan ilmu pengetahuan, metodologi, dan teknik analisis di bidang statistik.
 
Turut hadir pada kegiatan penutupan workshop yakni Plt Kepala BPS Provinsi Kaltim Nur Wahid, Kepala BPS Kabupaten Kukar Sri Sis Sugianto, Staf Ahli Madya Edi Waryono Wembri Suska, Marinda Dama Prianto Prakom Ahli Madya Gandi Wilyanto, dan Prakom Madya Khairul Anwar.
 

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 3 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Akan Laksanakan Uji Konsekuensi Informasi Publik, Diskominfo Kukar Koordinasi Dengan Diskominfo Provinsi Kaltim

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan pertemuan dengan Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda, Kamis (10/09/2020) siang, terkait rencana pelaksanaan uji konsekuensi terhadap informasi publik yang dikategorikan sebagai informasi yang ...

Image

Pengunjung Expo Merah Putih Antusias Ikuti Quiz Berhadiah di Stan Diskominfo Kukar

Dinas komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ikut ambil bagian dalam kegiatan Expo Merah Putih yang berlangsung selama sepekan di kecamatan Sanga Sanga, mulai 26 Januari hingga 1 Februari 2022.   Menempati stan berukuran 4x5 meter, stan Diskominfo...

Image

ASN Pemkab Kukar Ikuti Pelatihan GTA dari Kominfo RI

Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyelenggarakan pelatihan Government Transformation Academy (GTA)  tahun 2022. Pelatihan yang dijadwalkan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 4 hingga 8 Juli 2022  digelar di Hotel Grand ...