preloader
preloader
<p> Gandeng BPS Kaltim, Diskominfo Kukar Gelar Workshop Statistik Sektoral</p>
blog-thumb

Gandeng BPS Kaltim, Diskominfo Kukar Gelar Workshop Statistik Sektoral

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Workshop Statistik Sektoral dan Pembekalan Statistisi dalam Peningkatan Mutu Statistik Daerah yang Terintegrasi yang berlangsung selama 4 hari di Samarinda, mulai 2 hingga 5 Februari 2022.
 
Kegiatan wokshop dan pembekalan yang diikuti 10 orang pejabat dan staf Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kukar tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Diskominfo Kukar Dafip Haryanto di Hotel Harris Samarinda, Kamis (02/02/2022) siang.
 
Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo Kukar Dafip Haryanto mengatakan bahwa di tahun 2021 antara BPS dan Diskominfo Kukar sudah terjalin kerja sama.
 
"Melalui workshop ini saya berharap agar peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang statistik lebih maju. Dalam kaitannya dengan Program Satu Data Indonesia, posisi Diskominfo sebagai wali data tentunya harus diikuti dengan peningkatan kemampuan SDM untuk dapat melaksanakan pekerjaan. Saya berterima kasih kepada BPS Provinsi Kaltim yang sudah membantu pelaksanaan workshop dan pembekalan ini," ujar Dafip.
 
Diharapkannya, workshop berikutnya bisa melibatkan semua bidang yang ada di Diskominfo Kukar. "Pekerjaan di Diskominfo saling terkait dan lintas bidang. Perlu keterlibatan bidang lain misalnya penggunaan aplikasi untuk memfasilitasi statistik sektoral di aplikasi Open Data," katanya.
 
Sementara dikatakan Plt. Kepala BPS Kaltim Ir. Nurwahid, adanya tata kelola data dalam pemerintahan bertujuan untuk dapat menciptakan data yang akurat, ter-update, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, serta dapat dibagipakaikan atau interoperabilitas.
 
Data-data tersebut diharapkan menjadi dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan. "Dengan Satu Data Indonesia (SDI) dapat menganalisa lebih lanjut. Kunci sukses implementasi SDI adalah dengan menjalankan kolaborasi dan sinergi dari seluruh stakeholder tingkat Pemerintah Pusat dan juga Daerah. Selain itu perlu juga adanya pengawalan implementasi yang ketat pada tingkat nasional oleh pemerintah dan juga masyarakat," ungkapnya.
 
Ditegaskan Nurwahid, SDI merupakan kebijakan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat diakses oleh pengguna data. "Satu Data Statistik Sektoral memberikan panduan kepada pengelola data dari masing-masing SKPD dalam melaksanakan tugasnya mengiput data sektoral masing-masing di aplikasi yang disiapkan," tambahnya.
 
Keberhasilan pembangunan daerah, lanjut Nurwahid, memiliki beberapa indikator, antara lain kondisi data statistik sektoral yang merupakan acuan pengambilan kebijakan dalam pembangunan, dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Plt. Kepala BPS Kaltim meminta agar peserta workshop dapat menyimak dan memperhatikan materi yang disampaikan narasumber dengan baik untuk mewujudkan Satu Data Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Tampil sebagai narasumber dalam workshop dan pembekalan tersebut di antaranya Plt. Kepala BPS Provinsi Kaltim Ir. Nurwahid, Ir. Achmad Zainul, M.S., Wembri Suska, SST, M.Si., Dr Yusniar Juliana, Ir. Sri Sis Sugiyanto, Gandi Wilyanto, S.ST, Khairil Anwar, M.Si., Marinda Dama Prianto, S.Si., dan Ardiansyah, SH, MM.

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 2 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Membangun Masyarakat Informasi melalui KIM

Sebagai bagian dari masyarakat dunia, maka Indonesia khusunya Kabupaten Kutai Kartanegara ikut terlibat dalam membangun tatanan dunia yaitu membangun masyarakat informasi melalui KIM(kelompok Informasi Masyarakat).   Kelompok Informasi Masyarakat (KIM),adalah kelompok yang dibentuk oleh m...

Image

Rapat Sosialisai dan Pembentukan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)

Rapat Sosialisai dan Pembentukan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat ) Di Kecamatan Tenggarong. Senin, 23 Desember 2019 Bertempat di Pendopo Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan Rapat sosialisasi dan Pembentukan KIM (Kelompok Inf...

Image

Kementerian PAN-RB Apresiasi Penanganan SP4N-LAPOR! Pemkab Kukar

Pengelolaan aduan publik melalui aplikasi SP4N LAPOR! oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapat apresiasi pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).    Dari 21 aduan kepada Pemkab Kukar yang masuk SP4N LAPOR! sepanjang tahun 2...