preloader
preloader
Sekda Kukar dan Pimpinan OPD Tandatangani Komitmen Bersama Menuju Smart City Kutai Kartanegara
blog-thumb

Sekda Kukar dan Pimpinan OPD Tandatangani Komitmen Bersama Menuju Smart City Kutai Kartanegara

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Master Plan Smart City Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Baru telah memasuki tahap finalisasi.
 
Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan Smart City di daerah ini, para pimpinan OPD di Kukar melakukan penandatanganan Komitmen Bersama Menuju Smart City Kukar bertempat di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Kamis (25/11) pagi.
 
Komitmen Bersama tersebut turut ditandatangani Sekda Kukar H Sunggono selaku Sekretaris Dewan Smart City Kukar, Pembimbing Smart City dari UGM Dr Rini Rachmati, Kepala Diskominfo Kukar Dafip Haryanto selaku Wakil Ketua Tim Pelaksana Smart City, kemudian diikuti para pimpinan dinas/instansi dan para Camat.
 
Bupati Kukar Edi Damansyah dalam amanat tertulis yang disampaikan Sekda H Sunggono meminta agar Master Plan Smart City yang sudah disusun jangan hanya sekedar dokumen yang dijadikan bahan bacaan saja. "Tetapi harus bisa diimplementasikan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah dituangkan dalam Road Map Pembangunan Smart City secara berkelanjutan," pesannya.
 
Bupati Kukar juga berpesan kepada seluruh Perangkat Daerah untuk berkomitmen mendukung program pembangunan Smart City di Kukar, terutama dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang masuk ke dalam program Quick Win Smart City.
 
Ditambahkannya, setiap tahun Kementerian Kominfo melakukan asesmen untuk menilai komitmen Pemerintah Daerah dalam mengimplementasikan program Smart City. "Namun, ada hal yang lebih penting untuk menjadi perhatian kita yaitu bagaimana masyarakat dapat merasakan manfaat secara nyata dari adanya program Smart City ini," katanya lagi.
 
Menurut Bupati Kukar, pembangunan Smart City di Kukar harus melibatkan semua pihak. "Oleh karena itu, tingkatkan kolaborasi antar Perangkat Daerah, libatkan akademisi, pelaku usaha dan komunitas-komunitas di masyarakat untuk memperkuat aspek fundamental kabupaten yang smart sesuai dengan keunggulan, potensi, dan tantangan khas daerah kita," imbuhnya.
 
Program Smart City, lanjutnya, harus mampu mewujudkan masyarakat Idaman yaitu masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia. "Jadi atau tidak jadi Ibu Kota pindah ke Kalimantan Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara harus tetap bersiap diri menyongsong era industri 4.0 dengan menjadi Kabupaten yang Smart, Kabupaten yang inovatif, berdaya saing dan mandiri," pungkasnya.
 
Sementara dikatakan Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto, kegiatan Bimtek Penyusunan Master Plan Smart CIty Kukar telah dilakukan sebanyak 4 kali sepanjang tahun 2021 ini. "Kegiatan Bimtek ini diikuti anggota tim pelaksana Smart City Kukar," ujarnya.
 
Dari kegiatan Bimtek tersebut, lanjut Dafip, akan menghasilkan 5 buku mengenai Analisis Strategis, Rencana Aksi, Executive Summary, Program Quick Win, dan Master Plan Smart City Kukar Dalam Kawasan IKN Baru.
 
"Besok kita akan lakukan finalisasi Master Plan Smart City Kukar, dan diharapkan paling lambat pada 6 Desember 2021 sudah bisa kita cetak ke 5 buku tersebut," pungkasnya. (maw-pip)

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 7 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Diskominfo Kukar Gelar Sosialisasi Hak Informasi dan Pelayanan Publik di Muara Kaman

Setelah Kembang Janggut dan Loa Janan, rangkaian kegiatan sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Komunikasi dan Informatika oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali berlanjut di Kecamatan Muara Kaman.   Kegiatan sosialisasi tentang hak informa...

Image

Kekraf dan Puskomkref Diharap Seiring Sejalan Membangun Kukar

Pusat Komunitas Kreatif atau disingkat Puskomkref merupakan salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang  tertuang dalam Permenkominfo nomor 8 tahun 2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial kemudian diperkuat Permenkominfo nomor 8 tahun 20...

Image

Menangkap Peluang Usaha Di Era Digital Industri 4.0

Kec Kota Bangun 28 Nopember 2019   Diskominfo Kutai Kartanegara melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik mengadakan pelatihan dan Pembinaan Pusat Komunitas Kreatif (Puskomkref) bagi pelaku usaha kreatif yang diikuti kurang lebih 40 orang peserta yang berasal dari pengelola UKM dan mas...