preloader
preloader
Kutai Kartanegara Lanjutkan Penyusunan Master Plan Smart City Kawasan IKN Baru
blog-thumb

Kutai Kartanegara Lanjutkan Penyusunan Master Plan Smart City Kawasan IKN Baru

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Master Plan Smart City (Kota Cerdas) Kawasan Ibu Kota Negara Baru.

Kegiatan Bimtek ke-3 Penyusunan Master Plan Smart City Kawasan IKN Baru tersebut digelar selama 2 hari di Hotel Mercure, Samarinda, yakni mulai Kamis (21/10) hingga Jum’at (22/10).

Bimtek yang diselenggarakan Bidang E-Government Diskominfo Kutai Kartanegara (Kukar) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkomnifo) RI tersebut diikuti 50 peserta dari beberapa OPD di lingkungan Pemkab Kukar.

Penyusunan Master Plan Smart City Kawasan IKN Baru ini mendapat pendampingan dari Rini Rachmawati dari Kemenkominfo RI bersama tim Tenaga Ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto, saat membuka kegiatan mengatakan, Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City Kawasan IKN Baru ini dapat dilaksanakan kembali setelah status PPKM di Kalimantan Timur turun ke level 2.

“Alhamdulillah, status PPKM di Kalimantan Timur sudah turun ke Level 2, sehingga Bimtek kali ini dapat dilaksanakan dengan mengundang seluruh OPD secara offline atau tatap muka langsung. Semoga dengan pertemuan langsung seperti ini, semua peserta dapat lebih fokus dan semangat dalam mengikuti seluruh rangkaian acara yang akan kita laksanakan selama 2 hari,” ujarnya.

Kendati demikian, Dafip mengingatkan kepada seluruh panitia dan peserta agar tetap waspada dan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat selama berlangsungnya kegiatan.

Ditambahkan Dafip, program Smart City bukanlah milik Diskominfo Kukar. Karena program Smart City baru bisa terlaksana apabila seluruh seluruh pemangku kepentingan yaitu Pemerintah, dalam hal ini seluruh Perangkat Daerah dapat bekerja sama dan berkolaborasi serta bersinergi dengan dunia usaha serta akademisi.

“Bimtek ini merupakan langkah awal kita untuk bersama-sama melibatkan diri secara aktif dalam menyusun Master Plan Smart City yang nantinya akan kita implementasikan juga secara bersama-sama. Untuk itu, mari kita ikuti kegiatan Bimtek ini dengan sungguh-sungguh, agar hasil dan manfaat yang diinginkan dapat tercapai,” harapnya.

Menurut Dafip, Bimtek ini difokuskan pada rencana koordinasi dan implementasi program Quick Win Smart City yang tersebar di Perangkat Daerah sesuai dengan fungsinya, dan dikaitkan dengan dimensi Smart City yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

“Sehingga akan terpetakan rencana dan strategi serta manajemen risikonya dalam mengimplementasikan Quick Win Smart City. Oleh karena itu saya berharap semoga kegiatan ini dapat melahirkan rumusan-rumusan yang dapat membawa kemajuan dan perbaikan dalam mewujudkan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai Kota Cerdas di Kawasan Ibu Kota Negara Baru,” pungkasnya. (maw-pip)

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 6 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Sekda Kukar dan Pimpinan OPD Tandatangani Komitmen Bersama Menuju Smart City Kutai Kartanegara

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Master Plan Smart City Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Baru telah memasuki tahap finalisasi.   Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan Smart City di daerah ini, para pimpinan OPD di Kukar melakukan penandatanganan&...

Image

Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah Undang Sejumlah Jurnalis ke Pengelolaan Kolam Penampungan "Benur Idaman"

Untuk mempererat kemitraan dengan insan media, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengajak sejumlah jurnalis menggali potensi yang ada di Kecamatan Muara Badak, Sabtu (10/10/2020) lalu. Dipimpin langsung Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah, para aw...

Image

Diskominfo Kukar Laksanakan Rakor Monitoring KIM di Anggana

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegarav menggelar Rapat Koordinasi dengan pihak Kecamatan dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jahetan Layar pada hari Kamis (17/3/22) di ruang rapat Kantor Kecamatan Anggana.   Hadir dalam rakor tersebut Seketaris Kecamatan Anggana Eka Isnawati dan...