preloader
preloader
Diskominfo Kukar Persiapkan Bimtek PPID dan Aduan Publik SP4N-LAPOR!
blog-thumb

Diskominfo Kukar Persiapkan Bimtek PPID dan Aduan Publik SP4N-LAPOR!

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini tengah mempersiapkan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pengelolaan PPID dan aduan publik melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).
 
Bimtek Pengelolaan PPID dan Aduan Publik SP4N-LAPOR! tersebut rencananya akan digelar pada akhir Oktober mendatang dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur, Komisi Informasi (KI) Provinsi Kaltim dan Ombudsman RI Perwakilan Kaltim.
 
Sebagai persiapan pelaksanaan Bimtek tersebut, tim Diskominfo Kukar melalui Bidang Pengelolaan Layanan dan Informasi Publik (PLIP) melakukan koordinasi dengan pihak terkait di Samarinda, Selasa (12/10/2021) siang.
 
Tim Diskominfo Kukar yang dipimpin Kabid PLIP Adji Mohd Decki Ismail didampingi Kasi Pengelolaan Opini Publik (POP) Zainul Effendi Joesoef dan Kasi Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Hartono Kusbandi terlebih dahulu menyambangi Sekretariat KI Kaltim di Jalan Basuki Rakhmat, Samarinda.
 
Dalam kunjunganya, tim Diskominfo Kukar diterima langsung Ketua KI Kaltim Ramaon Dearnov Saragih Simarmata dan Komisioner KI Kaltim Erni Wahyuni. Kepada Ramaon D. Saragih, Kabid PLIP Decki Ismail menyampaikan rencana pelaksanaan Bimtek PPID dan Aduan Publik di Tenggarong dan berharap agar Komisioner KI dapat hadir sebagai narasumber. 
 
Ketua KI Kaltim Ramaon D. Saragih menyambut baik rencana akan digelarnya Bimtek tersebut. "Kami siap hadir di Tenggarong. Nanti akan kami putuskan siapa komisioner yang akan ditunjuk sebagai narasumber," ujarnya.
 
Usai menemui KI Kaltim, tim Diskominfo Kukar kemudian mengunjungi Diskominfo Kaltim yang diterima Kepala Seksi PIP Sri Rezeki Marietha. Kepada wanita yang akrab disapa Kiki itu, Decki Ismail menyampaikan rencana pelaksanaan Bimtek Pengelolaan PPID dan Aduan Publik SP4N-LAPOR! dan berharap Sri Rezeki Marietha dapat hadir sebagai narasumber.
 
Dalam koordinasi tersebut juga dibahas persoalan-persoalan yang dihadapi dalam implementasi UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP), baik secara kelembagaan di tingkat OPD hingga pada pemohon informasi. 
 
Tim Dikominfo Kukar menyampaikan betapa pentingnya memahami tupoksi dalam pengelolaan PPID serta saling hubungan antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Diskominfo, dan OPD dalam implementasi UU KIP.
 
Dikemukakan bahwa perlu dilakukan langkah-langkah strategis yang lebih efektif dan efisien dalam kategori informasi dan pengelolaan arsip dengan berorientasi pada peningkatan Daftar Informasi Publik dan Daftar Informasi yang Dikecualikan disertai publikasinya sebagai langkah konkrit dalam memenuhi hak informasi publik sebagai bagian dari demokratisasi di Kukar.
 
Terkait hal tersebut, Sri Rezeki Marietha memberikan apresiasi kepada Diskominfo Kukar yang kembali akan menyelenggarakan Bimtek PPID dan Aduan Publik. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyinggung tentang pentingya jabatan fungsional Pranata Hubungan Masyarakat di masa depan, bukan hanya untuk Diskominfo, namun juga di OPD lainnya di daerah.

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 5 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Kominfo Kukar akan Bangun Puskomkref di Kecamatan Kota Bangun

Tenggarong..22 Agustus 2019   Dalam rangka penguatan sinergi dan koordinasi antara Diskominfo kukar dengan kec kota bangun terkait dengan Pembentukan Puskomkref (Pusat Komunitas Kreatif) di Daerah Hulu kabupaten Kutai Kartanegara tepat nya di Kec.Kota Bangun ,telah mengadakan rapat koordi...

Image

Persiapan Uji Konsekuensi, Diskominfo Kukar Lakukan Pendampingan ke OPD

Sebagai persiapan pelaksanaan uji konsekuensi yang bakal digelar pada bulan November mendatang, Bidang Pengelolaan Layanan dan Informasi Publik (PLIP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan pendampingan ke beberapa OPD dalam menyiapkan usulan Daftar ...

Image

Diskominfo Kukar Terima Kunjungan Komisi III DPRD Kota Bontang

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerima kunjungan pihak Komisi III DPRD Kota Bontang, Kamis (25/03/2021) siang, bertempat di Ruang Rapat Kantor Diskominfo Kukar, Tenggarong.   Kedatangan rombongan dari Bontang yang dipimpin langsung ...