preloader
preloader
Bapenda dan DPMPTSP Kukar Bahas Perjanjian Kerjasama Dengan Sistem Host to Host
blog-thumb

Bapenda dan DPMPTSP Kukar Bahas Perjanjian Kerjasama Dengan Sistem Host to Host

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kukar tengah menggodok perjanjian kerjama Host to Host antara kedua belah pihak.
 
Rapat pembahasan perjanjian kerjasama Bapenda dan DPMPTSP Kukar tersebut dilakukan di ruang rapat kantor Bapenda Kukar, Tenggarong, Kamis (06/05/2021) siang, yang dihadiri pula oleh Pengembangan Ekosistem E-Goverment Diskominfo Kukar, Fedlandy.

Kepala Bapenda Kukar Totok Heru Subroto memimpin langsung rapat pembahasan perjanjian kerjasama Host To Host tersebut dengan pihak DPMPTSP Kukar yang diwakili Harjani dan Sri Setiowati.
 
Host to Host sendiri merupakan sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung yang digunakan untuk menjalin koneksi seperti pertukaran data dan transaksi. Melalui aplikasi host to host tersebut, urusan perizinan dan pajak menjadi terkoneksi.
 
Melalui sistem tersebut, pemilik usaha belum bisa membayar pajak jika izinnya belum beres. Begitu perizinannya tuntas, dia harus membayar pajak yang besarannya tercantum pada aplikasi.
 
Sehingga nantinya aplikasi itu akan terintegrasi oleh dua perangkat daerah. Tidak ada istilah, kecolongan tidak membayar pajak ataupun tidak membuat perizinan. Aplikasi host to host ini saling menguatkan dua perangkat daerah.DPMPTSP yang mengeluarkan izin dan Bapenda untuk menyelenggarakan pemungutan pendapatan daerah dan mengadakan koordinasi dengan instansi lain dalam perencanaan, pelaksanaan serta pengendalian pemungutan pendapatan daerah.yang mengurus pajaknya. Prosesnya otomatis dalam satu aplikasi.
 
Dengan adanya program Host-to-Host, DPMPTSP berharap dapat meminimalisir adanya ijin yang tidak resmi. begitu pula sebaliknya, meminimalisir panyelenggaraan program perpajakan menjadi lebih sistematis yang didukung oleh proses bisnisnya.
 
Program Host to Host diharapkan dapat bermanfaat sebagai pencegahan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), pencegahan berwenang, bentuk transparansi ASN, dan penegakan integritas ASN.
 
(tim-kominfo)

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 3 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Giliran Camat se-Kukar Ikuti Simulasi Tanda Tangan Elektronik

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara kembali menggelar kegiatan Simulasi Pembuatan Dokumen Elektronik dan Tanda Tangan Elektronik. Simulasi hari kedua yang diikuti seluruh Camat dan Kasubag organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kukar dilaksanakan di  Ruang Rapat Kantor...

Image

Forum KIM Kukar Resmi Dikukuhkan

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara Dafip Haryanto melantik Forum Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Kukar. Pelantikan tersebut dilaksanakan  di Hotel Grand Fatma Tenggarong pada hari  Selasa (12/7/22) pada event sebelum pelaksanaan Focus Grou...

Image

Hadirkan Narasumber dari Pemkot Samarinda, Diskominfo Kukar Laksanakan Rakor Statistik Sektoral

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang Statistik menggelar Rapat Koordinasi Tata Kelola Statistik Sektoral bertempat di Ruang Rapat lantai 3 kantor Diskominfo Kukar, Tenggarong, Selasa (14/3/22) pagi.   Rakor yang dipimpin Kep...