preloader
preloader
Bupati Edi Damansyah Sidak Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan di Pasar Mangkurawang
blog-thumb

Bupati Edi Damansyah Sidak Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan di Pasar Mangkurawang

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melakukan sidak ke Pasar Mangkurawang, Tenggarong, untuk memantau harga kebutuhan pokok menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, Minggu (11/4/2021).
 
Sidak ke Pasar Mangkurawang ini dilakukan Bupati Edi Damansyah didampingi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kukar yang terdiri dari unsur dinas terkait Pemkab Kukar, kepolisian dan Satgas Pangan.
 
Selain memantau harga kebutuhan pokok di pasar Mangkurawang, Edi Damansyah dan rombongan juga mendatangi agen-agen penyalur beras dan gas elpiji di Tenggarong.
 
Edi menuturkan, pemantauan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga sekaligus ketersediaan bahan pokok saat Ramadhan nanti. Berdasarkan pemantauan di lapangan, Edi menilai harga-harga kebutuhan pokok di Tenggarong masih normal dan belum mengalami kenaikan yang signifikan.
 
"Sejauh ini, harga untuk bahan pokok masih normal. Rata-rata harga masih sesuai dengan harga eceren, begitupun dengan persediaanya. Memang, saat ini yang harganya sulit dikendalikan seperti komoditi cabai rawit namun kami usahakan pada Ramadhan nanti harga akan normal kembali," tuturnya.
 
Edi menambahkan. pemantauan harga dan persediaan bahan pokok akan terus dilakukan ke pasar-pasar hingga Ramadhan tiba untuk meminimalisir terjadinya kenaikan dan kekurangan pasokan bahan pokok untuk masyarakat.
 
Sementara ditambahkan Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar Tajuddin, fluktuasi harga pangan hanya terjadi pada cabai rawit. Saat ini, harga cabe rawit per kilogramnya masih tinggi yakni di kisaran Rp 150 ribu per kg. Hal ini dikarenakan stoknya masih didatangkan dari pulau Jawa dan sedikit berkurang akibat banjir.
 
Meski harga stabil dan tidak ada kelangkaan, menurut Tajuddin, pemantauan dan pelaporan harga barang kebutuhan  pokok akan intens dilakukan sesuai dengan Petunjuk Teknis Kementerian Perdagangan tentang Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan harga kebutuhan pokok.
 
Berdasarkan pantauan harga bahan pokok di Pasar Mangkurawang, Tenggarong, hingga Minggu, daging ayam dijual Rp 32 ribu pe kg, ikan layang Rp 30-40 ribu per kg, telur ayam Rp 45 ribu per kg, cabe keriting Rp 40 ribu per kg, cabe tiyung Rp 90 ribu per kg, cabe rawit Rp 150 ribu per kg, bawang merah Rp 24 ribu per kg, dan bawang putih Rp 25 ribu per kg. 
 
(tim-kominfo)

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 2 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

PENANDATANGANAN KINERJA DISKOMINFO KUKAR

PENANDATANGANAN KINERJA. #Dinas Diskominfo Kukar#   Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar Bpk Bahteramsyah melakukan Penandatanganan Perjanjian Kinerja bersama kepala Bidang,Kasi,Kasubag,Diskominfo kukar berlangsung di Kantor Diskominfo hari ini di lantai III, Bukit Biru ...

Image

Desa Gas Alam Kecamatan Muara Badak Hari Ini Lakukan Penyemprotan Desinfectan

Desa Gas Alam Kecamatan Muara Badak Hari Ini Lakukan Penyemprotan Desinfectan   Aparat Desa Gas Alam Kecamatan Muara Badak  hari ini Selasa (24/3) melakukan penyemprotan desinfectan pada kantor desa dan fasilitas umum lainnya. Kegiatan tersebut dibawah komando Kepala Desa Gas Alam Amir yang ...

Image

Kukar Raih Kembali WTP

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi lembaga yang memiliki kewenangan berdasarkan Undang-Undang untuk mengaudit laporan keuangan pemerintah. Tujuannya untuk memastikan dana dari rakyat dikelola dengan transparan dan akuntabel. Dalam pemberian opini, audit yang dilakukan bersifat tahunan. Dimul...