preloader
preloader
Vaksinasi Perdana COVID-19 di Kukar, Kepala Dinkes Martina Yulianti Jadi Orang Pertama Terima Vaksin
blog-thumb

Vaksinasi Perdana COVID-19 di Kukar, Kepala Dinkes Martina Yulianti Jadi Orang Pertama Terima Vaksin

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara dr. Martina Yulianti menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac dari 10 orang tokoh di Kabupaten Kutai Kartanegara. Vaksinasi dilaksanakan di RSUD Aji Muhammad Parkesit, Tenggarong Seberang  pada hari ini, Kamis (14/1/2021). Hal itu menandai dimulainya proses vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara tahap pertama. 
 
Dari 10 tokoh yang menerima vaksinasi adalah Dandim 0906 Tenggarong Charles Alling, Kapolres Kukar Irwan Ginting, Kepala Dinkes Martina Yulianti, Kepala Bappeda Wiyono, tokoh NU/MUI Kukar Irianto,Perwakilan Pendeta Kukar David Oktavianus, dan influencer Kukar Akhmad Akbar Haka Saputra. Sedangkan 3 tokoh yang lain seperti Wakil Bupati Kukar Charil Anwar, Kepala Kejaksaan Negeri Tenggarong Darmo Wijoyo, dan Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turadi serta Perwakilan PPNI Kukar Ramsyah S. tidak bisa dilakukan vaksinasi karena alasan kesehatan. 
 
Wakil Bupati Kukar Chairil Anwar mengatakan saat ini Pemkab Kukar mendapatkan jatah 7040  vaksin gelombang pertama dari pemerintah dan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga pendukung fasilitas layanan kesehatan. Chairil menghimbau kepada pihak yang sudah menerima vaksin ataupun yang belum menerima vaksin untuk bersama-sama menegakkan protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Hal ini bertujuan untuk  menurunkan risiko penyebaran penularan COVID-19. 
Sementara itu dr. Martina Yulianti setelah divaksinasi pertama mengatakan agar  masyarakat tidak perlu takut untuk vaksinasi. Menurut dr. Yuli, vaksin dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona sehingga tubuh tetap sehat. 
 
Dokter Yuli menjelaskan bahwa Bupati Kukar Edi Damansyah dan beberapa tokoh tidak bisa dilakukan vaksinasi berkaitan pertimbangan medis dari institusi kesehatan.
 
Menurut dr. Yuli sejumlah persyaratan terkait kondisi kesehatan perlu diperhatikan sebelum menerima vaksin untuk menghindari efek samping. Hal ini didasarkan pada Surat Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02 / 4/1/2021 Tentang Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.
 
Dalam kesempatan tersebut dr. Yuli meminta agar penerima vaksin untuk tetap tinggal di tempat pelayanan vaksinasi selama 30 menit usai menerima suntikan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kasus Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Kejadian ini dapat berupa reaksi vaksin, kesalahan prosedur, koinsiden, reaksi kecemasan, atau hubungan kausal yang tidak dapat ditentukan.
 
Dikemukakannya bahwa vaksin secara umum tidak menimbulkan reaksi pada tubuh. Apabila terjadi, hal itu hanya menimbulkan reaksi ringan. Vaksinasi memicu kekebalan tubuh dengan menyebabkan imun penerima bereaksi terhadap antigen yang terkandung dalam vaksin. Reaksi lokal dan sistemik seperti nyeri pada tempat suntikan atau demam dapat terjadi sebagai bagian dari respon imun. 
 
Sementara itu Akhmad Akbar Haka Saputra sebagai kelompok pertama penerima vaksin dan termasuk dalam ke10 tokoh masyarakat yang dikenal publik di Kabupaten  Kukar mengatakan agar kaum melenial untuk menyukseskan program vaksinasi di kukar. Akbar Haka hadir sebagai perwakilan dari masyarakat mewakili kaum milenial di Kukar yang diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi kaum milenial di Kukar .
 
Vaksinasi Covid-19 di Indonesia mulai dilaksanakan setelah vaksin Sinovac mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). (her-pkp)

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 2 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Penambahan Kasus COVID-19 di Kukar: 25 Kasus Positif, 19 Sembuh, dan 1 Meninggal Dunia

Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kutai Kartanegara mengeluarkan data terbaru terkait perkembangan kasus virus Corona di Kukar hingga Selasa 13 Oktober 2020.   Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti selaku Sekretaris Satgas COVID-19 Kukar,  terdapat p...

Image

Cegah Virus Corona, Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Perketat Pemeriksaan Kesehatan 

Cegah Virus Corona, Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Perketat Pemeriksaan Kesehatan    Tenggarong 28 Maret 2020   Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara memperketat pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat Kukar yang memiliki anak atau keluarga yang bersekolah diluar ...

Image

Bahas Pelaksanaan Pilkada Kukar 2020, Forkopimda Kukar Lakukan Rapat Koordinasi

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pertemuan untuk membahas pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 bertempat di Ruang Rapat Sekda Kukar, Tenggarong, Rabu (23/09/2020) siang.   Rapat koordinasi...