Kukar di TOP 99 Inovasi KemenPAN-RB 2018.

 

Inovasi "KLIK ME" Kelola Listrik Komunal Muara Enggel, melalui Dinas ESDM Kukar mampu Tingkatkan Kesejahteraan Desa Terpencil.

Patut Menjadi Contoh Dalam Pengelolaan Aset Desa, Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa.

Pembangunan PLTS Komunal merupakan sebuah solusi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kementerian ESDM melalui dana APBN,

Dinas ESDM Kukar melakukan terobosan inovasi dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat Desa Muara Enggelam dalam mengelola Listrik Komunal dalam upaya pemberdayaan lembaga perekonomian desa melalui pembentukan Unit Pengelola PLTS Komunal dibawah BUMDes Bersinar Desaku yang mekanisme pengelolaannya diatur dalam Peraturan Desa untuk mengelola unit-unit usaha yang ada di desa dalam menggerakkan usaha ekonomi kerakyatan.

Berdasarkan laporan keuangan BUMDes sejak Maret 2015 s/d Desember 2017, pengelolaan listrik komunal yang dilakukan secara swadaya dan transparan, BUMDes Bersinar Desaku Muara Enggelam telah mendapatkan penghasilan bruto sebesar Rp. 396.764.000,-.

BUMDes Bersinar Desaku Muara Enggelam dengan pendapatan yang ada mulai mengembangkan penambahan daya pembangkit listrik komunal, disamping itu untuk meningkatkan oendapatan desa asli desa dibentuk unit usaha lainnya seperti budidaya burung walet, usaha air minum isi ulang, TV Kabel berbayar, moulding dan pasar desa.

Dengan melakukan investasi di beberapa unit usaha desa melalui BUMDes Bersinar Desaku akan menumbuhkan kemandirian desa menuju kesejahteraan masyarakat Desa Muara Enggelam Kecamatan Muara Wis Kutai Kartanegara.

Share This Post: