preloader
preloader
Diskominfo dan BPS Kukar Rilis Data Statistik Pembangunan Daerah
blog-thumb

Diskominfo dan BPS Kukar Rilis Data Statistik Pembangunan Daerah

Dalam rangka kebijakan tata kelola Satu Data Indonesia (SDI) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar menggelar kegiatan rapat rilis data statistik pembangunan bertempat di ruang rapat Lt. 3 gedung Diskominfo Kukar .Senin (7/12/2020).
 
Acara yang dibuka langsung oleh Kadis Kominfo Bahteramsyah  diikuti oleh pejabat struktural Diskominfo kukar dan  15 OPD dilingkungan Pemkab kukar menghadirkan narasumber dari BPS Kukar Yuda Satia Isnanta,SST.Kasi Integrasi Pengolahan Diseminasi Statistik(IPDS) didampingi Sri Sis Sugianto.yang mewakili Kepala BPS Kukar
 
Bahteramsyah dalam sambutannya menyampaikan Tujuan kegiatan rapat ini adalah untuk meningkatkan kontribusi dan apresiasi masyarakat terhadap data statistik sektoral di lingkungan Pemkab Kukar, kemudian tercapainya persepsi persepsi dalam pengolahan data statistik yang ada pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah di Kukar, serta data tersedianya yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.
 
Sementara itu, narasumber Yuda Satia Isnanta dari BPS Kabupaten Kukar menjelaskan tentang peningkatan kualitas data melalui prinsip Satu Data Indonesia(SDI) syarat data yang berkualitas konsisten, valid, akurat, terkini serta aspek lainnya. Selain itu terkait prinsip satu data berdasarkan Perpres nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), bahwa data yang dihasilkan produsen data harus memenuhi standar data, dengan metadata, menggunakan kode referensi dan atau data induk, memenuhi kaidah interoperabilitas data.
 
Disebutkan Yuda, regulasi terkait statistik selain Undang-Undang dan Perpres yaitu Peraturan BPS 4 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Statistik Sektoral oleh Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, Keputusan Kepala BPS nomor 5 tahun 2000 tentang Sistem Statistik Nasional, Keputusan Kepala BPS nomor 6 tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Statistik Dasar, Keputusan Kepala BPS nomor 7 tahun 2000 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Survei Statistik Sektoral, Keputusan Kepala BPS nomor 8 tahun 2000 tentang Tata Cara pemberitahuan Survei Statistik Khusus.
 
Dijelaskan Yuda, bahwa yang dimaksud Satu Data Indonesia (SDI) adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data dan menggunakan kode referensi dan data induk. 
 
Adapun tujuan SDI memberikan acuan pelaksanaan dan baru bagi instansi pusat dan daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan , mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan diakses Serta Mudah Dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat Dan Daerah ,sebagai dasar dasar Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Dan Pengendalian Pembangunan ,  mendorong Keterbukaan Data Transparansi Dan sehingga tercipta Perencanaan dan perumusan kebijakan Pembangunan Yang Berbasis Data. pungkasnya.
 
(tim-pkp)

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 28 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Jalin Komunikasi dan Koordinasi, Diskominfo Kukar Sambangi Diskominfo Provinsi Kaltim

Jalin Komunikasi dan Koordinasi, Diskominfo Kukar Sambangi Diskominfo Provinsi Kaltim   Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kunjungan kerja ke Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Samarinda, Rabu (10/11/2021) siang.   Kunj...

Image

Disaksikan Jajaran Diskominfo Kukar, Pengukuhan PPID Desa Bhuana Jaya Tenggarong Seberang

Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Desa (PPID) Dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Kepala Desa Bhuana Jaya Frank Efendi,disaksikan langsung oleh anggota KPID Propinsi Kaltim Erni Wahyuni,Kadis Kom...

Image

Di Atas Kapal Sambil Susur Sungai, Diskominfo Kukar Sosialisasikan KIM di Muara Muntai

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar kegiatan sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Muara Muntai.    Kegiatan sosialisasi ini digelar Rabu (5/7/2020) kemarin di atas kapal, lengkap dengan suguh...