preloader
preloader
Diskominfo Kukar Lakukan Penilaian dan Standarisasi E-Government Terhadap 30 OPD
blog-thumb

Diskominfo Kukar Lakukan Penilaian dan Standarisasi E-Government Terhadap 30 OPD

Di era globalisasi seperti saat ini, tidak heran apabila kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat menjanjikan efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, keterjangkauan, dan transparansi, tidak terkecuali pada pemerintahan. 
 
Terlebih, dalam era otonomi daerah saat ini perlu untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi atau biasa disebut e-Government. Melalui e-Government pula, peningkatan pelayanan publik dapat terwujud
 
Berangkat dari hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang e-Government melakukan kegiatan Penilaian dan Standarisasi E-Government Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kutai Kartanegara bertempat di Hotel Mercure, Samarinda, Selasa (01/12/2020) pagi.
 
Kegiatan yang diikuti 30 OPD ini berlangsung selama 2 hari dan dibuka secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Kukar, M Irfan Pranata, mewakili Plt Bupati Kukar Chairil Anwar yang berhalangan hadir.
 
Pelaksanaan penilaian dan standarisasi e-Government ini diikuti 15 OPD pada hari pertama, dan 15 OPD lainnya pada hari kedua Rabu (02/12/2020) besok.
 
Plt Bupati Kukar Chairil Anwar dalam sambutan tertulis yang dibacakan Irfan Pranata mengatakan, dari 58 OPD yang ada di lingkungan Pemkab Kukar, pada kesempatan ini ada 30 OPD yang diundang untuk pemetaan standarisasi E-Government, dengan pertimbangan bahwa ke-30 OPD ini telah memiliki dan mengoperasikan aplikasi pendukung kinerja terutama yang berkaitan dengan layanan publik di lingkungan kerja masing-masing.
 
Ditambahkannya, kegiatan ini ditujukan untuk menilai 5 dimensi atau aspek implementasi unsur e-Government, yakni Kebijakan, Kelembagaan, Infrastruktur, Aplikasi dan Perencanaan. 
 
“Penilaian akan dilakukan oleh Asesor Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dari  Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur, Inspektorat Provinsi Kaltim dan Universitas Mulawarman,” ujarnya.
 
Sebagaimana yang tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government disebutkan bahwa Pemerintah harus mampu memenuhi dua modalitas tuntutan masyarakat yang berbeda namun berkaitan erat, yakni masyarakat menuntut pelayanan publik yang memenuhi kepentingan masyarakat luas di seluruh wilayah negara, dapat diandalkan dan terpercaya, serta mudah dijangkau secara interaktif.
 
“Kemudian, masyarakat menginginkan agar aspirasi mereka didengar dengan demikian pemerintah harus memfasilitasi partisipasi dan dialog publik di dalam perumusan kebijakan negara,” pungkasnya.
 
Sementara dikatakan Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah, kegiatan penilaian dan standarisasi e-Government ini dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi performa pengembangan dan implementasi e-Government di tingkat OPD sebagai dasar penyusunan strategi pengembangan TIK di lingkungan Pemkab Kukar.
 
Ditambahkan Bahteramsyah, Pemkab Kukar telah menerapkan e-Government dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan dan layanan publik dengan melakukan pembangunan infrastruktur TIK dan mengembangkan berbagai aplikasi dan inovasi.
 
Menurutnya, target yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah hasil penilaian dari Tim Asesor berupa rekomendasi-rekomendasi yang dapat dijadikan landasan bagi Pemkab Kukar, baik dalam menyusun kebijakan maupun dalam perencanaan dan penganggaran belanja TIK. “Sehingga investasi dan implementasi TIK menjadi lebih efektif dan efisien,” harapnya.
 
Kegiatan ini diisi dengan pemaparan dari sejumlah narasumer dari Tim Asesor, yakni Edi Santoso dari Inspektorat Provinsi Kaltim, Zainal Arifin dari Universitas Mulawarman dan Nadia Paramitha Nazmah dari Diskominfo Kaltim. (tim-pkp)

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 23 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

PPID Bawaslu dan Diskominfo Kukar Koordinasikan Pengelolaan Data dan Informasi Kepemiluan

Tim PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyambangi kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar di Tenggarong, Rabu (06/04/2022) siang, guna membahas rencana pengelolaan data dan informasi kepemiluan...

Image

Di Atas Kapal Sambil Susur Sungai, Diskominfo Kukar Sosialisasikan KIM di Muara Muntai

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar kegiatan sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Muara Muntai.    Kegiatan sosialisasi ini digelar Rabu (5/7/2020) kemarin di atas kapal, lengkap dengan suguh...

Image

Tampil Beringas, Diskominfo FC Gilas Tim Disperindag Dengan Skor 8-2

Sadis! Diskominfo FC tanpa ampun membantai Disperindag FC dengan skor yang sangat telak 8-2 dalam laga persahabatan yang dihelat di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Jumat (21/8/2020) pagi.   Rafi Murdianto menjadi momok bagi Disperidag FC dengan memborong 5 gol. Tiga gol lainnya bagi k...