preloader
preloader
Kutai Kartanegara Sabet Medali Perunggu Bhumandala Ariti Kategori Kabupaten dari BIG
blog-thumb

Kutai Kartanegara Sabet Medali Perunggu Bhumandala Ariti Kategori Kabupaten dari BIG

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil meraih medali perunggu atau Bhumandala Ariti kategori Kabupaten dari Badan Informasi Geospasial (BIG) pada ajang Bhumandala Award 2020 yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Jum'at (27/11/2020) malam.
 
Penghargaan Bhumandala Ariti tersebut diterima Plt Bupati Kukar H. Chairil Anwar dari Deputi bidang Infrastruktur Informasi Geospasial BIG Adi Rusmanto.
 
Berdasarkan surat undangan dari BIG Nomor B-20.10/KA-BIG/IIG.02.02/11/2020 tertanggal 20 November 2020, Kukar dinilai telah berhasil mengembangkan Simpul Jaringan melalui website http://geoportal.kukarkab.go.id. 
 
Dengan dukungan perangkat lunak, perangkat keras dan infrastruktur yang memadai, pengembangan geoportal dan aplikasi yang memanfaatkannya secara mandiri tersebut sangat diapresiasi dewan juri Bhumandala Award 2020. 
 
Atas pencapaian tersebut, Plt Bupati Kukar H Chairil Anwar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pengembangan Geoportal Kukar, termasuk jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar yang telah bekerja keras sehingga Kukar untuk pertama kalinya meraih penghargaan di ajang Bhumandala Award. 
 
Untuk diketahui, ajang Bhumandala Award merupakan ajang dua tahunan yang diselenggarakan BIG untuk memberikan apresiasi kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dinilai terbaik dalam upayanya mempersiapkan diri dan membangun simpul jaringan. 
 
Penilaian kinerja simpul jaringan dilakukan dengan melihat pembangunan 5 elemen Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG) yaitu Kebijakan, Kelembagaan, Teknologi, Standar dan Sumber Daya Manusia.
 
Proses monitoring dan evaluasi dalam rangka penilaian Bhumandala Award pada tahun 2020 agak berbeda dari tahun sebelumnya dikarenakan pandemi COVID-19. 
 
Tim dari BIG bersama Dewan Juri yang berasal dari kalangan Akademisi dari berbagai universitas di Indonesia, menggunakan metode online dan video conference untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi. 
 
Ada beberapa tahap penilaian yaitu penilaian terhadap isian kuisioner, penilaian online, verifikasi online, dan kunjungan secara virtual oleh tim ke ruang server penyebarluasan yang berada di Diskominfo Kukar untuk melihat secara virtual sekaligus mengecek kebenaran pengisian kuesioner yang telah dikirimkan sebelumnya. (MAW-PIP)

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 18 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Ziarah dan Tabur Bunga

Tabur Bunga hiasi Peringatan Hari Peristiwa Perjuangan Merah Putih Sanga sanga yang digelar Pemerintah provinsi kaltim,dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Senin 27 Januari 2020 Bertempat di Taman Makam Pahlawan Odah Betuah Kecamatan Sanga Sanga Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Bu...

Image

Update 9 Juni 2020, Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Kukar Tembus 60 Kasus

Kasus terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengalami penambahan sebanyak 1 kasus per hari Selasa 9 Juni 2020. Melalui konferensi pers secara virtual yang digelar Selasa (9/6) malam, Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti menye...

Image

Anggana Akan Gelar Fun Bike, Baksos dan Bazar UKM

Gowes Fun Bike, Bakti Sosial dan Bazar UKM Center akan digelar di Kecamatan Anggana pada hari Minggu, tanggal 29 Desember 2019 mulai pukul 07.00 hingga selesai. Event akhir tahun yang diselenggarakan di lapangan MTQ Desa Anggana merupakan kegiatan dari Goweser Kecamatan Anggana, Forum Komunikasi M...