preloader
preloader
Plt Bupati H. Chairil Anwar Buka Rakerda DMI Kukar
blog-thumb

Plt Bupati H. Chairil Anwar Buka Rakerda DMI Kukar

Pimpinan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) selama dua hari menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) bertempat di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, mulai Sabtu (21/11/202) hingga Minggu (22/11/2020), yang dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Kukar H. Chairil Anwar.
 
Plt Bupati Chairil Anwar dalam sambutannya berharap agar melalui Rakerda tersebut peran DMI dapat dioptimalkan dalam rangka memberdayakan masjid sebagai sentra pembinaan umat. "Seperti yang telah dilakukan Rasulullah pada jamannya, yaitu berbagai kegiatan diselenggarakan di mesjid, termasuk kegiatan sosial lainnya," kata Chairil.
 
Menurutnya, saat ini masjid hanya berfungsi sekedar sebagai tempat ibadah saja. Namun dengan program-program yang disepakati dalam Rakerda ini, maka fungsi masjid menjadi lebih optimal sebagai pusat kegiatan umat Islam. "Harapannya, kesalehan ritual dan sosial jama’ah masjid dapat kita tingkatkan. Takmir masjid juga harus mengelola anggaran masjid dengan sebaik-baiknya sehingga dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan umat," ujarnya.
 
Chairil berharap Dewan Mesjid bersama para takmir mesjid ikut membantu program dan menjadi mitra pemerintah daerah dalam hal peningkatan kesadaran serta turut berperan dalam membangun,termasuk di bidang kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi umat khususnya untuk masyarakat sekitar mesjid. Jadi anggaran masjid, harus benar-benar dikelola dengan baik sehingga bermanfaat untuk pemberdayaan umat,“ harapnya.
 
Chairil menambahkan, dalam menyusun program, DMI harus senantiasa dapat menggairahkan umat, situasional dan kondisional. "Takmir masjid hendaknya terus meningkatkan kemampuan, baik ilmu dan intelektualnya maupun perkembangan kemajuan teknologi,” jelasnya.
 
Ditambahkannya, DMI Kukar juga memiliki tugas penting untuk turut menjaga kerukunan umat di Kukar bersama elemen-elemen masyarakat lainnya. “Masjid adalah rumah ibadah yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemaslahatan umat,” pungkasnya.
 
Sementara dikatakan Ketua DMI Kukar H.M. Bisyron, ada sekitar 1500 mesjid dan mushola di Kukar yang harus dikelola dengan baik. "Jalin terus komunikasi internal dewan mesjid baik ke tingkat daerah terutama ranting.Rakerda DMI yang berlangsung selama dua hari ini juga membahas program-program DMI masa khidmat 2020-2025," jelasnya.
 
(tim-pkp)

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 7 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Muara Enggelam Terima Penghargaan Dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Pemenang Lomba Gapura

Setelah melalui persaingan yang ketat Lomba Gapura Cinta Negeri dari 1.456 peserta lomba peserta umum yang masuk ke panitia, Desa Muara Enggelam tercatat sebagai Pemenang masuk dalam 10 besar yang diundang ke Istana Negara. Kerja Kompak Pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Desa, Bumde...

Image

Plt Bupati Kukar Terima Penghargaan Inovator Top 99 dari MenPAN-RB

WARTAKALTIM.CO, TENGGARONG – Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dijadwalkan, Rabu (19/9/2019) malam ini akan menerima penghargaan Inovator Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Top 99 tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (...

Image

Kepala Disdukcapil Kukar: KTP-el dan Dokumen Kependudukan Yang Gunakan TTE Tidak Perlu Dilegalisir

Pada saat penerimaan siswa baru, sejumlah lembaga pendidikan biasanya mensyaratkan lampiran fotokopi dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga atau Akte Kelahiran yang telah dilegalisir. Hal yang sama terkadang juga diminta perusahaan saat merekrut karyawan baru, serta lembaga pembiayaan sa...