preloader
preloader
blog-thumb

Kekraf dan Puskomkref Diharap Seiring Sejalan Membangun Kukar

Pusat Komunitas Kreatif atau disingkat Puskomkref merupakan salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang  tertuang dalam Permenkominfo nomor 8 tahun 2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial kemudian diperkuat Permenkominfo nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelengaraan Urusan Pemerintah Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika.
 
Sebagai langkah pengejawantahan program pemerintah pada sektor Komunikasi dan Informatika dimaksud, pada tanggal 12 November 2020 bertempat di ruang rapat Diskominfo Kutai Kartanegara berlangsung rapat rencana pembentukan dan pelatihan Kelompok Informasi Masyarakat (PUSKOMKREF) di Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Rapat yang dipimpin langsung Kadiskominfo H. Bahteramsyah tersebut didamping Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Ahmad Rianto, para Kasi di bidang PKP dan unsur kelompok masyarakat yakni Kelompok Strategis yang dihadiri oleh Dedy Sudarya dan Kelompok Media Tradisional dihadiri oleh Sofyan Tarmidi beserta seluruh staf bidang PKP Diskominfo Kukar.
 
Bahteramsyah saat membuka rapat tersebut memaparkan bahwa sebelumnya di Kecamatan Sangasanga telah dibentuk Puskomkref melalui program Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebagaimana tujuannya lembaga yang berasal dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat ini diposisikan sebagai lembaga sekunder dari empat kelompok masyarakat yang diwadahinya sebagai kelompok primernya yakni Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kelompok Strategis, Kelompok Media Tradisional dan Kelompok Pembuat Kontent Kreatif.
 
Mengingat luas wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, terkait pembentukan Puskomkref dibutuhkan 3 titik mewakili zona hilir, zona tengah dan zona hulu sebagai wadah pembinaan di masing-masing ketiga zona dimaksud. Selain Sangasanga yang sudah terbentuk Puskomkrefnya sekaligus sebagai Puskomkref zona hilir, kemudian Tenggarong diharapkan terbentuk Puskomkref mewakili zona tengah, dan untuk zona hulu diharapkan Puskomkref terbentuk di Kecamatan Kota Bangun.
 
Selanjutnya Puskomkref yang bertugas melakukan pembinaan, baik itu berupa administrasi ataupun berbentuk pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kapasitas keempat kelompok masyarakat yang diwadahinya dalam melakukan perubahan tata cara dan perilaku yang biasanya dilakukan dalam bisnis proses kegiatannya dari cara-cara manual menjadi cara-cara digital seperti e-commerce, dan sebagainya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Dedi Sudarya dari kelompok strategis sekaligus sebagai pengurus Kekraf Kutai Kartanegara menyambut baik rencana ini, ia berharap Puskomkref dan Kekraf berjalan seiring dalam membangun Kutai Kartanegara khususnya disektor Informasi dan Kreatifitas, Kekraf fokus pada bagaimana melakukan kreatifitas guna meningkatkan nilai ekonomi suatu produk apakah itu barang ataupun jasa sementara Puskomkref fokus bagaimana melakukan digitalisasi, apakah itu berbentuk pemasaran ataupun itu berbentuk pengenalan dan edukasi kepada masyarakat secara luas. Ini bisa berbentuk aplikasi e-commerce dll.
 
Di akhir rapat, Sofyan Tarmidi dari Kelompok Media Tradisional berharap, ke depan agar pemerintah melakukan proses branding Kutai Kartanegara dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan agar proses pengkaderan bagi pecinta media tradisonal dapat berjalan tanpa generasi yang terputus.

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 4 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Aktif di Media Sosial, Waspada Konten Negatif

Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, sebanyak 4 dari 10 masyarakat Indonesia aktif di media sosial. Oleh karena itu, ia menyarankan agar membangun kewaspadaan atas konten na...

Image

KIM Bersinar Desaku Desa Muara Enggelam Mencoba Teknologi Tanam Padi Apung

Padi merupakan salah satu tanaman pangan terpenting yang berperan sebagai sumber karbohidrat utama di Indonesia dan banyak digemari masyarakat khususnya di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara yang sebagian masyarakatnya hidup diatas permukaan air.   Kepala...

Image

Rapat Koordinasi Bimtek KIM di Kota Juang Sanga-Sanga

Bertempat di Kantor Kecamatan Sanga-Sanga, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan Koordinasi Bimtek KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) di Kota Juang Sanga-Sanga.   Rapat Koordinasi dihadiri oleh ketua dan anggota KIM Kota Juang Sanga-Sanga se...