preloader
preloader
blog-thumb

Diskominfo Kukar Ajak Jurnalis Susuri Sungai Mahakam Dengan Queen Orca Houseboat

Sungai Mahakam sejak ratusan tahun silam menjadi jalur transportasi utama yang menghubungkan wilayah pedalaman dengan daerah luar. Sungai terbesar dan terpanjang di Kalimantan Timur ini menjadi urat nadi perekonomian yang dilintasi kapal pengangkut barang maupun kapal penumpang.
 
Seiring perjalanan waktu dengan semakin terbukanya akses jalan darat dari dan ke pedalaman, masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan roda empat ketimbang naik kapal. Secara perlahan, usaha transportasi sungai berupa kapal penumpang pun mulai ditinggalkan penumpang. Ramainya lalu lintas kapal penumpang di sungai Mahakam kini telah menjadi kenangan masa lalu.
 
Meski sudah tak banyak lagi kapal penumpang yang beroperasi, masyarakat masih bisa bernostalgia menyusuri sungai Mahakam sambil menikmati keindahan alam di sepanjang sungai dengan kapal wisata. Salah satunya adalah kapal Queen Orca Houseboat.   
 
Kapal wisata yang baru dioperasikan sejak Agustus 2020 ini dapat menjadi pilihan masyarakat, komunitas, maupun organisasi untuk berwisata menyusuri sungai Mahakam, menyinggahi tempat-tempat menarik di pedalaman.
 
Seperti yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) bersama puluhan awak media dalam kegiatan Gathering Jurnalis, Sabtu (07/11/2020) lalu.
 
Dengan menggunakan kapal wisata yang telah disulap layaknya 'hotel terapung' itu, rombongan Gathering Jurnalis yang dipimpin Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Diskominfo Kukar Ahmad Rianto melakukan perjalanan menyusuri sungai Mahakam untuk mengeksplorasi potensi wisata yang ada di Kecamatan Sebulu.
 
Sambil menikmati kuliner khas yakni nasi kuning, awak media mendengarkan pemaparan dari Dedi Nala Sudarya selaku General Manager Queen Orca Houseboat terkait gagasan pengembangan wisata sungai dengan kapal pesiar. 
 
Berbeda dengan kapal wisata lainnya yang tak memiliki kabin atau kamar tidur, menurut Dedi, Queen Orca Houseboat punya fasilitas kamar sekelas hotel. Ya, kapal ini memiliki 11 kabin yang nyaman dan sejuk, termasuk 1 kabin VIP yang dilengkapi kamar mandi di dalamnya. "Kita menggunakan AC sentral yang dioperasikan selama 24 jam, jadi penumpang tetap merasa nyaman berada di kapal ini," jelasnya.  
 
Untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang, lanjut Dedi, kapal wisata Queen Orca juga memiliki ruang makan yang bisa juga difungsikan sebagai ruang pertemuan, lengkap dengan televisi dan peralatan audio yang sangat memadai untuk berkaraoke atau bahkan screening film. Di ruang tersebut, penumpang kapal juga bisa membuat teh atau kopi panas yang disediakan selama 24 jam untuk dinikmati di anjungan kapal bagian depan maupun belakang.
 
 
Ditambahkan Dedi, pihaknya memasang tarif sebesar Rp 8,5 juta untuk sewa kapal tersebut per harinya. "Untuk rute, kami sesuaikan permintaan penyewa. Bisa ke Samarinda, beberapa kecamatan di Kutai Kartanegara hingga paling jauh ke Kutai Barat. Tarifnya Rp 8,5 juta per hari atau 18 jam, dan minimal sewa adalah untuk 2 hari 1 malam," ungkapnya. 
 
Sementara itu, Kabid PKP Diskominfo Kukar Ahmad Rianto mengatakan, kegiatan Gathering Jurnalis menyusuri sungai Mahakam dengan menggunakan kapal Queen Orca Houseboat dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi kehumasan sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika.
 
"Kegiatan Gathering Jurnalis yang dijalankan Diskominfo Kukar  tertuang dalam perencanaan anggaran tahun 2020 yang dilaksanakan sebanyak 5 kali. Dan yang berakhir di kapal wisata Queen Orca ini. Acara gathering seperti ini baru pertama kali dilaksanakan Diskominfo Kukar pada tahun anggaran 2020. Tujuannya tidak lain untuk membantu dalam penyebarluaskan informasi publikasi potensi daerah untuk pembangunan," katanya.
 
Atas nama Kepala Dikominfo Kukar, Ahmad Rianto memberikan apresiasi atas dukungan para awak media yang telah membantu menyebarkan informasi pembangunan di Kukar. "Tahun depan kegiatan ini perlu terus dilanjutkan guna menjalin kerjasama dalam hal penyebarluasan informasi yang positif dari Kabupaten Kutai Kartanegara," pungkasnya.
 
Kegiatan Gathering Jurnalis menyusuri sungai Mahakam dengan Queen Orca Houseboat diawali dengan kunjungan ke Desa Budaya Lekaq Kidau, Kecamatan Sebulu. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menyinggahi Desa Sebulu Modern untuk menyaksikan sunset atau momen matahari tenggelam di bukit Arborea yang berada di ketinggian 270 mdpl.
 
(tim-pkp)

 

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 8 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Rapat Koordinasi Bimtek KIM di Kota Juang Sanga-Sanga

Bertempat di Kantor Kecamatan Sanga-Sanga, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan Koordinasi Bimtek KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) di Kota Juang Sanga-Sanga.   Rapat Koordinasi dihadiri oleh ketua dan anggota KIM Kota Juang Sanga-Sanga se...

Image

Kominfo beri Pendampingan "Si MAYA'

Sebagai tindak lanjut Reformasi Birokrasi dalam Penyelenggaraan Administrasi pemerintahan, dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis  Aplikasi Administrasi Perkantoran (Simaya).   Bertempat diruang Rapat lantai Tiga Dikantor Diskominfo  kutai Kartanegara jalan Pahla...

Image

Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah Undang Sejumlah Jurnalis ke Pengelolaan Kolam Penampungan "Benur Idaman"

Untuk mempererat kemitraan dengan insan media, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengajak sejumlah jurnalis menggali potensi yang ada di Kecamatan Muara Badak, Sabtu (10/10/2020) lalu. Dipimpin langsung Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah, para aw...