preloader
preloader
Diskominfo Kukar Kembangkan Aplikasi Sistem Informasi Kendaraan Dinas "SiKenDi"
blog-thumb

Diskominfo Kukar Kembangkan Aplikasi Sistem Informasi Kendaraan Dinas "SiKenDi"

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengembangkan aplikasi anyar bernama SiKenDi alias Sistem Informasi Kendaraan Dinas yang resmi diluncurkan di Tenggarong, Kamis (05/11/2020) pagi.

Peluncuran aplikasi SiKenDi dilakukan langsung Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah didampingi Kabid e-Government Hendra Wardana dan Kasubag Umum dan Ketatalaksanaan Diskominfo Kukar Anggoro Prastowo selaku pimpinan proyek perubahan aplikasi SiKenDi.
 
Menurut Anggoro Prastowo, SiKenDi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mengetahui informasi terkait penggunaan kendaraan dinas yang menjadi aset Diskominfo Kukar.
 
"Saat ini jumlah kendaraan dinas yang menjadi aset Diskominfo Kukar tercatat ada 22 kendaraan dinas. Terdiri dari 16 unit sepeda motor dan 6 unit mobil dinas. Data ini sesuai dengan data yang tercatat di SIMDA Barang Milik Daerah tahun 2019," jelasnya.
 
Ditambahkan Anggoro, selama ini informasi mengenai pengelolaan kendaraan dinas di Diskominfo masih dilakukan secara manual, seperti pencatatan penggunaan BBM hingga pada pencatatan pembayaran pajak yang kerap kali mengalami keterlambatan.  
 
"Sistem manual seperti ini memang menjadi kendala dalam penyajian informasi yang akurat dan terpercaya dalam pengelolaan kendaraan dinas tiap tahunnya," ungkapnya.
 
Oleh karena itu, lanjut Anggoro, dirinya merancang rencana aksi perubahan berupa sistem online yang dapat memberikan informasi apa saja yang terkait dengan pengelolaan kendaraan dinas yang menjadi aset Diskominfo Kukar. 
 
Sementara Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah memberikan apresiasi atas dikembangkannya aplikasi SiKenDi untuk memonitor penggunaan kendaraan dinas di lingkungan Diskominfo Kukar. "Saya harap aplikasi ini dapat terus digunakan di masa mendatang," ujarnya.
 
Menurut Bahteramsyah, aplikasi yang dikembangkan Diskominfo Kukar ini bisa menjadi pionir yang dapat terus dikembangkan untuk OPD lain. "Kita bisa tawarkan aplikasi ini kepada OPD lain, secara gratis tentunya," demikian kata Bahteramsyah.
 
Peluncuran aplikasi SiKenDi ditandai dengan penekanan tombol launching aplikasi serta pemecahan 2 buah kendi oleh Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah dan Kabid E-Government Hendra Wardana. Kendi tersebut berisi kartu identitas kendaraan dinas yang telah terdaftar dalam database aplikasi SiKenDi. (maw-pip)
 

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 11 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Tim Penilai Keberhasilan Pembangunan Provinsi Kaltim Bidang E-Government Kunjungi Kukar

Tim Penilai Keberhasilan Pembangunan Provinsi Kaltim Bidang E-Government Tahun 2021 melakukan visitasi awal ke Kantor Diskominfo Kutai Kartanegara, Rabu (13/10/2021) siang.   Hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Faisal, Kepala Bidang dan p...

Image

Tingkatkan Sinergitas Dengan Awak Media, Diskominfo Kukar Gelar Gathering Jurnalis di Samboja

Untuk meningkatkan tali silaturahmi dan sinergitas dengan awak media, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Gathering Jurnalis di Kecamatan Samboja, Sabtu (24/10/2020) lalu. Kegiatan Gathering Jurnalis bersama Kepala Diskominfo Kukar Bahterams...

Image

Menangkap Peluang Usaha Di Era Digital Industri 4.0

Sanga Sanga 26 Nopember 2019   Mendorong pemanfaatan dan penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) , Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP)Kabupaten Kutai Kartanegara memberikan  pelatihan dan pembinaan kepada Pusat ...