preloader
preloader
blog-thumb

Diskominfo Kukar Kembangkan Aplikasi Sistem Informasi Kendaraan Dinas "SiKenDi"

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengembangkan aplikasi anyar bernama SiKenDi alias Sistem Informasi Kendaraan Dinas yang resmi diluncurkan di Tenggarong, Kamis (05/11/2020) pagi.

Peluncuran aplikasi SiKenDi dilakukan langsung Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah didampingi Kabid e-Government Hendra Wardana dan Kasubag Umum dan Ketatalaksanaan Diskominfo Kukar Anggoro Prastowo selaku pimpinan proyek perubahan aplikasi SiKenDi.
 
Menurut Anggoro Prastowo, SiKenDi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mengetahui informasi terkait penggunaan kendaraan dinas yang menjadi aset Diskominfo Kukar.
 
"Saat ini jumlah kendaraan dinas yang menjadi aset Diskominfo Kukar tercatat ada 22 kendaraan dinas. Terdiri dari 16 unit sepeda motor dan 6 unit mobil dinas. Data ini sesuai dengan data yang tercatat di SIMDA Barang Milik Daerah tahun 2019," jelasnya.
 
Ditambahkan Anggoro, selama ini informasi mengenai pengelolaan kendaraan dinas di Diskominfo masih dilakukan secara manual, seperti pencatatan penggunaan BBM hingga pada pencatatan pembayaran pajak yang kerap kali mengalami keterlambatan.  
 
"Sistem manual seperti ini memang menjadi kendala dalam penyajian informasi yang akurat dan terpercaya dalam pengelolaan kendaraan dinas tiap tahunnya," ungkapnya.
 
Oleh karena itu, lanjut Anggoro, dirinya merancang rencana aksi perubahan berupa sistem online yang dapat memberikan informasi apa saja yang terkait dengan pengelolaan kendaraan dinas yang menjadi aset Diskominfo Kukar. 
 
Sementara Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah memberikan apresiasi atas dikembangkannya aplikasi SiKenDi untuk memonitor penggunaan kendaraan dinas di lingkungan Diskominfo Kukar. "Saya harap aplikasi ini dapat terus digunakan di masa mendatang," ujarnya.
 
Menurut Bahteramsyah, aplikasi yang dikembangkan Diskominfo Kukar ini bisa menjadi pionir yang dapat terus dikembangkan untuk OPD lain. "Kita bisa tawarkan aplikasi ini kepada OPD lain, secara gratis tentunya," demikian kata Bahteramsyah.
 
Peluncuran aplikasi SiKenDi ditandai dengan penekanan tombol launching aplikasi serta pemecahan 2 buah kendi oleh Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah dan Kabid E-Government Hendra Wardana. Kendi tersebut berisi kartu identitas kendaraan dinas yang telah terdaftar dalam database aplikasi SiKenDi. (maw-pip)
 

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 10 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

KIM Bersinar Desaku Desa Muara Enggelam Mencoba Teknologi Tanam Padi Apung

Padi merupakan salah satu tanaman pangan terpenting yang berperan sebagai sumber karbohidrat utama di Indonesia dan banyak digemari masyarakat khususnya di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara yang sebagian masyarakatnya hidup diatas permukaan air.   Kepala...

Image

Kominfo beri Pendampingan "Si MAYA'

Sebagai tindak lanjut Reformasi Birokrasi dalam Penyelenggaraan Administrasi pemerintahan, dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis  Aplikasi Administrasi Perkantoran (Simaya).   Bertempat diruang Rapat lantai Tiga Dikantor Diskominfo  kutai Kartanegara jalan Pahla...

Image

Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah Undang Sejumlah Jurnalis ke Pengelolaan Kolam Penampungan "Benur Idaman"

Untuk mempererat kemitraan dengan insan media, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengajak sejumlah jurnalis menggali potensi yang ada di Kecamatan Muara Badak, Sabtu (10/10/2020) lalu. Dipimpin langsung Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah, para aw...