preloader
preloader
blog-thumb

Diskominfo Kukar Gelar Bimtek Kelompok Informasi Masyarakat di Tenggarong

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagai upaya membangun sinergitas antara Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Tenggarong.
 
Kegiatan Bimtek KIM tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah didampingi Camat Tenggarong Arfan Boma dan Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Diskominfo Kukar Ahmad Rianto bertempat di ruang BPU Kantor Camat Tenggarong, Kamis (8/10/2020) pagi.
 
Bimtek KIM tersebut diikuti 28 para pengurus atau anggota KIM se-Kecamatan Tenggarong dengan menghadirkan 2 orang narasumber, yakni David Richard dengan materi mengenai dunia sinematografi, dan Arief Kaseng dengan materi tentang pembuatan infografis.
 
Menurut Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah, tema Bimtek KIM pada hari ini adalah Optimalkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Melalui Informasi.  KIM atau yang disebut dengan Kelompok Informasi Masyarakat, lanjutnya, adalah lembaga komunikasi perdesaan yang dibentuk oleh masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktifitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.
 
Bahteramsyah juga menambahkan ada terdapat 4 pemangku kepentingan yang menjadi bagian dari kemitraan Diskominfo sesuai dengan
Peraturan Menkominfo RI Nomor 8 Tahun 2019 Pasal 16, yakni Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kelompok Media Tradisional (KMT), Komunitas Pembuatan Konten Positif (KPKP) dan Kelompok Strategis (KS).
 
Bahteramsyah juga meminta kepada Kelompok Informasi Masyarakat yang ada di Kecamatan Tenggarong untuk dapat memahami betul pasal-pasal dalam Undang-Undang ITE. "Jangan sampai gara-gara update status di media sosial, malah terjerat hukum," pungkasnya.
 
Sementara Camat Tenggarong Arfan Boma dalam sambutannya memberikan apreasiasi atas terselenggaranya Bimtek KIM di Kecamatan Tenggarong dalam rangka membangun kebersamaan dan melaksanakan pembinaan KIM. 
 
Boma berharap agar KIM di Tenggarong dapat berdayaguna dan berkesinambungan dalam eksistensinya di tengah-tengah masyarakat, serta dapat meningkatkan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di bidang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.
 
"Saya minta semua peserta Bintek KIM Kecamatan Tenggarong, dapat mengikuti kegiatan ini secara baik dan seksama, sehingga bisa membawa oleh-oleh ilmu yang bermanfaat untuk pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat," demikian pesannya.
 
(tim-pkp)

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 2 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Beraktivitas di Luar Rumah, Warga Diminta Untuk Selalu Gunakan Masker 

Menindaklanjuti himbauan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.    Tak hanya sekedar himbauan, Pemkab Kutai Ka...

Image

Penambahan Dua Kasus Baru COVID-19 dari Kecamatan Samboja

Penularan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kutai Kartanegara (Kukar) masih belum berakhir. Setelah kasus aktif COVID-19 di Kukar sempat tinggal 1 kasus, per 3 Juli 2020 terjadi penambahan 2 kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19. Kabar penambahan dua kasus baru penularan virus Corona in...

Image

Bergerak Searah Melawan Virus acorona

#Bergerak Searah Melawan Virus Corona# Tenggarong 29 Maret 2020 Hingga saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara belum memberlakukan karantina wilayah atau lockdown dalam meredam penyebaran virus corona. Namun Pemerintah daerah Kukar selalu mengimbau masyarakat untuk sementara wak...