preloader
preloader
Bahas Pelaksanaan Pilkada Kukar 2020, Forkopimda Kukar Lakukan Rapat Koordinasi
blog-thumb

Bahas Pelaksanaan Pilkada Kukar 2020, Forkopimda Kukar Lakukan Rapat Koordinasi

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pertemuan untuk membahas pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 bertempat di Ruang Rapat Sekda Kukar, Tenggarong, Rabu (23/09/2020) siang.
 
Rapat koordinasi yang dipimpin Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat ini dihadiri perwakilan dari Polres Kukar, Kodim 0906/Tgr, Sekretaris KPU Kukar, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Diskominfo, Kabag Prokom, dan perwakilan paslon.
 
Menurut Ahmad Taufik Hidayat, rapat koordinasi ini dimaksudkan untuk mewujudkan Pilkada Kukar yang demokratis, berintegritas, nyaman, sehat dan selamat di tengah pandemi Covid-19.
 
"Rapat ini juga dalam rangka menyamakan persepsi dan meningkatkan koordinasi para penyelenggara Pilkada dengan stakeholder terkait," ujarnya.
 
Dalam rapat tersebut juga dibahas tentang rencana digelarnya deklarasi pasangan calon (paslon) secara virtual atau melalui fasilitas video conference (vicon) yang akan dilaksanakan di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar. Hal lain yang harus ditaati oleh masyarakat, lanjutnya, termasuk yang menghadiri vicon dibatasi hanya sebanyak 12 orang saja.
 
"Di lain sisi, protokol keamanan dan kesehatan juga tidak boleh diabaikan, bahkan selalu dikedepankan. Ini harus menjadi perhatian kita bersama, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti munculnya klaster penularan Covid-19," katanya.
 
Sementara dari pihak Polres Kukar dan Kodim 0906/Tgr menyatakan siap mendukung penuh pelaksanaan deklarasi paslon secara virtual yang akan digelar di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar pada 25 September 2020.
 
Polres Kukar berharap agar tidak terjadi konflik sosial yang dapat merusak stabilitas kamtibmas di Kukar, karena semua pihak berkepentingan agar Pilkada Kukar 2020 dapat berjalan dengan baik dan lancar,.
 
Terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Sekretaris KPU Solihin menyatakan jika seluruh tahapan Pilkada Kukar 2020 sejak awal telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebagaimana yang telah disepakati.
 
Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kukar Rinda Desianti mengatakan, deklarasi dan penandatanganan pakta integritas Pilkada di wilayah  Kalimantan Timur sudah final, dengan isi kesepakatan sebagai berikut:
  1. Menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku apa bila melanggar peraturan mengenai protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19
  2. Senantiasa menjaga mempertahankan kondusifitas dan keamanan serta ketertiban masyarakat di dearah
  3. Mematuhi seluruh ketentuan peraturan perundang undangan demi terwujudnya Pilkada serentak tahun 2020 yang berintegritas damai dan berkualitas
  4. Mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pihak dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan seluruh tahapan pilkada serentak tahun 2020
  5. Tidak akan melakukan politisasi SARA, politik uang, intimidasi kepada pihak lain dan hal-hal yang bertentangan dengan hukum dan perundangan yang berlaku.
Menanggapi rencana deklarasi paslon secara virtual, Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah menyatakan pihaknya akan mempersiapkan peralatan dan tim teknis untuk pelaksanaan video conference berikut jaringan internet agar dalam pelaksanaan deklarasi paslon berjalan lancar. "Hari ini juga kita mencoba langsung mengkoneksikan jaringan untuk melakukan uji coba video conference ini ke pusat. Semoga tidak ada hambatannya," ucapnya.
 
-Tim PKP-

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 2 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Tiga Perusahaan Bantu Warga Muara Badak Jadi Peserta JKN-KIS

Diskominfo Kukar– Tiga perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Muara Badak, Kukar membantu 300 warga tidak mampu untuk jadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ketiga perusahaan ini melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan pihak BPJS bersamaan a...

Image

Update 23 Juli 2020: Tambah 5 Kasus Baru Dan 8 Kasus Sembuh COVID-19 di Kukar

Pemkab Kutai Kartanegara melalui juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kukar dr Martina Yulianti kembali memperbarui data dan informasi terkait COVID-19 pada hari Kamis (23/7/2020).   Penularan virus corona masih terjadi hingga saat ini. Angka kasus COVID-19 di Kukar pun ...

Image

Data Dinkes Kukar Hingga 27 Maret: 2 Positif COVID-19, 4 PDP dan 229 ODP se-Kukar

Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif terjangkit COVID-19 atau virus Corona di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hingga saat ini masih tercatat ada 2 orang pasien. Keduanya masih diisolasi di RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang. Hal ini diungkap Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yul...