preloader
preloader
Akhir September, Diskominfo Kukar Akan Gelar Bimtek KIM di Samboja
blog-thumb

Akhir September, Diskominfo Kukar Akan Gelar Bimtek KIM di Samboja

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Samboja pada 29 September mendatang.
 
Sebagai langkah persiapan jelang dilaksanakannya Bimtek KIM tersebut, Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Kukar Hermawan melakukan pertemuan dengan Seketaris Camat Samboja Andry Pramudya Dwi Nata, Jum'at (11/9/2020) lalu, di Kantor Camat Samboja. 
 
Menurut Hermawan, pertemuan ini dimaksudkan untuk mematangkan persiapan pelaksanaan Bimtek KIM di Kecamatan Samboja. KIM sendiri merupakan lembaga sosial atau komunitas pedesaan yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola dan memberdayakan informasi melalui teknologi informasi berbasis web dengan tujuan meningkatkan wawasan dan nilai tambah bagi masyarakat. 
 
"Pengembangan dan Pemberdayaan KIM di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah sehingga perlu dikoordinasikan dengan dinas teknis dan Kecamatan sebagai bagian dari perangkat daerah, agar pembinaan terhadap KIM dapat lebih terarah dan terkoordinasi dengan baik oleh seluruh perangkat daerah," paparnya.
 
Ditambahkannya, Bimtek KIM sendiri merupakan salah satu bentuk pembinaan dalam rangka Pengembangan dan Pemberdayaan KIM yang akan dilaksanakan di 7 Kecamatan di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Dengan digelarnya Bimtek KIM, lanjut Hermawan, diharapkan KIM dan kelompok/komunitas masyarakat binaan lainnya di Kecamatan Samboja sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam penyebaran informasi dapat mengelola informasi dan menggunakan media sosial dengan baik, serta pemahaman teknis seperti penulisan berita, desain grafis, pengembangan UMKM dan lainnya.
 
"Peserta Bimtek KIM nanti adalah para anggota KIM dan kelompok masyarakat binaan dinas teknis maupun Kecamatan/Desa yang berada di wilayah Kecamatan Samboja," ujarnya. 
 
Kendati demikian, pelaksanaan Bimtek KIM nanti  akan memperhatikan perkembangan situasi dan kondisi COVID-19 di Kecamatan Samboja berdasarkan data Satgas ÇOVID-19 Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Hermawan mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan KIM yang telah terbentuk di Samboja, antara lain KIM Beringin Agung, KIM Kelurahan Handil Baru, dan KIM Karya Jaya.
 
"Waktu pelaksanaan Bimtek ini rencananya akan dilaksanakan selama 1 hari yakni pada tanggal 29 Septembar 2020. Adapun materi yang diberikan untuk peserta Bimtek KIM, antara lain tentang KIM, pengelolaan informasi dan media sosial, jurnalistik dan pengelolaan website," pungkasnya.
 
Sementara itu Sekcam Samboja Andry Pramudya mengatakan, pada prinsipnya menyambut baik dan mendukung rencana kegiatan Bimtek KIM yang akan dilaksanakan Diskominfo Kukar.
 
Andry mengharapkan agar Bimtek KIM ini tidak saja melibatkan para anggota KIM, namun juga melibatkan kelompok/komunitas masyarakat binaan Kecamatan atau perangkat daerah tersebut.
 
"Kami siap memfasilitasi ruangan untuk kegiatan Bimtek. Nanti bisa menggunakan Balai Pertemuan Umum (BPU) yang ada di Kecamatan Samboja," ujarnya.
 
(tim-pkp)

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 5 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Saatnya UMKM Manfaatkan Platform Digital E-Commerce

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) kembali menggelar Bimbingan Teknis Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Kali ini, Bimtek dengan tema "Citizen Journalism (Konten Video Positif) dan Anti Ho...

Image

Pemkab Kukar dan Ombudsman RI Perwakilan Kaltim Bahas Kerja Sama Pengelolaan Opini Publik Dalam Pelayanan Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan melakukan kerja sama dengan Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) dalam rangka pengelolaan opini publik dalam pelayanan publik. Sebagai langkah persiapan, Pemkab Kukar bersama Ombudsman RI Perwakilan Kaltim melakukan pembahasan tera...

Image

ASN Pemkab Kukar Ikuti Pelatihan GTA dari Kominfo RI

Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyelenggarakan pelatihan Government Transformation Academy (GTA)  tahun 2022. Pelatihan yang dijadwalkan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 4 hingga 8 Juli 2022  digelar di Hotel Grand ...