preloader
preloader
Pemkab Kukar dan Ombudsman RI Perwakilan Kaltim Bahas Kerja Sama Pengelolaan Opini Publik Dalam Pelayanan Publik
blog-thumb

Pemkab Kukar dan Ombudsman RI Perwakilan Kaltim Bahas Kerja Sama Pengelolaan Opini Publik Dalam Pelayanan Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan melakukan kerja sama dengan Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) dalam rangka pengelolaan opini publik dalam pelayanan publik.

Sebagai langkah persiapan, Pemkab Kukar bersama Ombudsman RI Perwakilan Kaltim melakukan pembahasan terakhir rancangan MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman antara kedua belah pihak yang digelar secara virtual di ruang Video Conference Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Rabu (16/09) siang.

Pembahasan rancangan MoU yang dipimpin langsung oleh Sekda Kukar H Sunggono bersama Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kaltim Kusharyanto ini diikuti beberapa pejabat dari Diskominfo Kukar, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perkebunan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bagian Kerjasama Setkab Kukar, serta OPD terkait lainnya.

Sekda Kukar Sunggono saat membuka webinar tersebut memberikan apresiasi atas upaya perumusan MoU Pengelolaan Opini Publik yang digagas Seksi Pengelolaan Opini Publik, Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar.  
 
"Saya berharap MoU ini nantinya dapat menjadi referensi dan landasan hukum dalam kegiatan pengelolaan opini publik bagi OPD penyedia layanan publik," ujarnya.
 
Dikemukakan Sekda Kukar, pembahasan draft MoU ini merupakan bukti dari niat baik Pemkab Kukar dalam mewujudkan demokratisasi pelayanan publik. "Mudah-mudahan terwujudnya MoU ini nantinya akan meningkatkan perbaikan pengelolaaan opini publik dalam pelayanan publik," harapnya.
 
Sunggono pun meminta kepada penyedia pelayanan publik agar dapat mengelola opini publik yang tersebar di berbagai media baik berupa aspirasi, kritik, saran dan lain-lain, dapat direspons dengan baik, santun, obyektif, transparan, akuntabel, efektif dan efisien sesuai dengan SOP pelayanan yang harus dipedomani.
 
"Saya berharap pembahasan draft MoU ini menjadi momentum bagi seluruh OPD dan Badan Publik dalam menjalankan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. OPD dan Badan Publik di Kabupaten Kutai Kartanegara harus semakin kuat dalam komitmen memberikan pelayanan publik yang terbaik," pesannya.
 
Sementara dikatakan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kaltim Kusharyanto, salah satu tugas utama Ombudsman adalah pencegahan terjadinya maladministrasi dalam pelayanan publik. "Kami telah melakukan survei pelayanan publik di Kukar, dan menurut penilaian kami Kukar masuk kategori hijau," jelasnya. 
 
Dalam pembahasan draft MoU tersebut, yang menjadi fokus adalah ruang lingkup kerja sama dan pelaksanaan draft MoU. Disarankan oleh Mirza Ghulam dari Bagian Kerjasama Setkab Kukar, agar dilakukan rapat intensif yang diikuti oleh OPD untuk membahas hal itu.
 
Kegiatan webinar pembahasan draft MoU kerja sama antara Pemkab Kukar dengan Ombudsman RI Perwakilan Kaltim itu ditutup dengan kesepakatan akan dilakukan rapat internal OPD di lingkungan Pemkab Kukar guna mematangkan draft yang akomodatif bagi semua OPD.
 
(PJ-MAW-PLIP)
 

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 7 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Sekda Kukar dan Pimpinan OPD Tandatangani Komitmen Bersama Menuju Smart City Kutai Kartanegara

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Master Plan Smart City Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Baru telah memasuki tahap finalisasi.   Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan Smart City di daerah ini, para pimpinan OPD di Kukar melakukan penandatanganan&...

Image

KIM-BA Desa Separi Terima SK Pembentukan dari Diskominfo Kukar

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan, kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat dalam berpartisifasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan.   Dinas Komunikasi dan Inform...

Image

Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah Undang Sejumlah Jurnalis ke Pengelolaan Kolam Penampungan "Benur Idaman"

Untuk mempererat kemitraan dengan insan media, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengajak sejumlah jurnalis menggali potensi yang ada di Kecamatan Muara Badak, Sabtu (10/10/2020) lalu. Dipimpin langsung Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah, para aw...