preloader
preloader
Tingkatkan Teknik Penulisan dan Pengemasan Berita, Diskominfo Kukar Gelar Bimtek Pengelolaan Website OPD dan Desa
blog-thumb

Tingkatkan Teknik Penulisan dan Pengemasan Berita, Diskominfo Kukar Gelar Bimtek Pengelolaan Website OPD dan Desa

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang e-Government dan Bidang Pengeloaan Informasi Publik menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Website OPD dan Desa bertempat di gedung Diskominfo Kukar, Tenggarong, Rabu (9/9/2020) pagi.

 

Pada hari pertama, Bimtek Pengelolaan Website OPD dan Desa ini mengundang para pengelola website dari 5 OPD yakni Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar, Dinas Energi Sumber Daya Mineral Kukar, Badan Pendapatan Daerah Kukar,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kukar, dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kukar.

 

Sementara untuk hari kedua Bimtek yang akan digelar Kamis (10/9/2020) besok, akan mengundang 6 perwakilan Desa yakni  Desa Kota Bangun II (Kecamatan Kota Bangun),  Desa Sangkuliman (Kecamatan Kota Bangun), Desa Sumber Sari (Kecamatan Kota Bangun), Desa Perjiwa (Kecamatan Tenggarong Seberang), Desa Teluk Dalam (Kecamatan Tenggarong Seberang) dan Desa Jongkang (Kecamatan Loa Kulu).

 

Saat membuka kegiatan, Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah menuturkan tujuan dilaksanakannya bimbingan teknis tersebut antara lain untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan dalam bidang jurnalistik terutama  dalam hal penulisan berita di website. Dalam kegiatan ini terutama ditujukan bagi pengelolaan website masing masing OPD  sebagai media informasi resmi pemerintah daerah dalam memenuhi pelayanan informasi kepada publik. 

 

Selain itu, kegiatan ini ditujukan untuk mensosialisasikan master plan Smart City Kabupaten Kutai Kartanegara dan untuk membangun komitmen yang sama selaku jajaran pemerintah dalam mensukseskan program Gerakan Menuju 100 Smart City di Kukar melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

 

“Yakni penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi guna memberikan layanan maksimal kepada masyarakat sekaligus sebagai wahana untuk menangkal informasi hoax dengan adanya informasi aktual yang dirilis pada website masing-masing perangkat daerah yang terintegrasi dengan website kabupaten yakni kukarkab.go.id,” ucapnya.

 

Bahteramsyah mengharapkan komitmen seluruh peserta bimtek, untuk bersungguh-sungguh mendukung pelaksanaan Smart City di Kabupaten Kutai Kartanegara serta meminta OPD untuk terus melakukan koordinasi, bekerjasama dalam mengupayakan dan melakukan terobosan-terobosan baru dalam rangka implementasi smart city di berbagai sektor pemerintahan, karena Smart City pada dasarnya adalah program lintas sektor.

 

"Mudah-mudahan dengan implementasi Smart City di Kabupaten Kukar, dapat semakin meningkatkan pelayanan terbaik pemerintah daerah kepada masyarakat berupa kecepatan, keterbukaan, kenyamanan dan kepuasan masyarakat dalam memperoleh informasi dan juga pelayanan publik,” katanya

 

Dalam Bimtek tersebut menghadirkan narasumber M.Agri Winata didampingi Kasi Pengembangan Ekosistem E-goverment Diskominfo Kukar, Fedlandy. Agri yang merupakan pengelola web kutaikartanegara.com dan diskominfo.kukarkab.go.id, menjelaskan tentang tata cara penulisan berita-berita yang disajikan melalui surat kabar dan media online tentunya tidak dikemas dengan sembarangan.

 

Para penulis dituntut untuk mengetahui serta memahami kaidah-kaidah yang berlaku dalam penulisan berita secara umum. Selain itu, masing-masing organisasi media massa memiliki gaya tersendiri dalam menulis berita namun dengan tetap mengacu pada kaidah-kaidah yang berlaku secara umum atau universal.

 

Sementara itu Fedlandy mengatakan bahwa seluruh website perangkat daerah akan diintegrasikan ke portal web, yang mana fungsinya ialah untuk kemudahan dalam pencarian informasi/data. Sebagai bahan informasi, dalam pelatihan tersebut peserta tidak hanya sekedar diberi materi saja, namun terjun langsung dalam praktek pembuatan berita dan memuat berita di website.

 

(Tim-PKP)

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 11 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Menangkap Peluang Usaha Di Era Digital Industri 4.0

Kec Kota Bangun 28 Nopember 2019   Diskominfo Kutai Kartanegara melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik mengadakan pelatihan dan Pembinaan Pusat Komunitas Kreatif (Puskomkref) bagi pelaku usaha kreatif yang diikuti kurang lebih 40 orang peserta yang berasal dari pengelola UKM dan mas...

Image

Kemenkominfo RI Segera Distribusikan STB TV Digital Untuk Warga Miskin Kukar

Teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat dalam 2 dekade ini. Perkembangan teknologi pada  perangkat media telah banyak merambah bukan hanya pada teknologi perangkat milik negara atau militer, namun juga teknologi untuk masyarakat sipil.   Beberapa tahun terakhir, Peme...

Image

Diskominfo Kukar Lombakan Presentasi Capaian Kinerja Bagi Seluruh Bidang

Sebagai bahan monitoring dan evaluasi terhadap program kegiatan yang telah berjalan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Presentasi Capaian Kinerja bagi masing-masing Bidang. Kegiatan Presentasi Capaian Kinerja ini dilaksanakan pada hari Sen...