preloader
preloader
Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Kukar Terapkan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19
blog-thumb

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Kukar Terapkan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19

Mengantisipasi terjadinya penularan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Senin (17/08/2020) pagi.

Selain wajib mengenakan masker dan menjaga jarak fisik, upacara yang dipimpin Bupati Kukar Edi Damansyah ini hanya diikuti 30 orang peserta, yakni 10 personel Polri, 10 personel TNI dan 10 personel Satpol PP Kukar. Ditambah anggota Korsik Satpol PP Kukar yang dibatasi hanya 20 orang.

Pejabat yang hadir pun hanya para pejabat Forkopimda plus Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura HAM Arifin, Wakil Bupati H Chairil Anwar dan Sekda Kukar Sunggono. Undangan lain seperti Anggota DPRD Kukar, pejabat OPD, pengurus Ormas/OKP hanya diundang untuk mengikuti upacara secara virtual.

Begitu pula dengan petugas Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) dibatasi 3 orang saja yakni 2 pengibar dan 1 pembawa bendera. Prosesi untuk pengambilan bendera dari Bupati juga ditiadakan. Bendera sudah langsung dibawa petugas Paskibraka menuju tiang bendera.

Meski demikian, perayaan Hari Kemerdekaan ke-75 ini tetap berjalan tertib dan khidmat. Diawali dengan peringatan detik-detik Proklamasi selama 1 menit, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan oleh Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid.
 
Setelah itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengajak hadirin mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.
 
Kemudian usai pembacaaan doa, puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 ditandai dengan pengibaran Sang Merah Putih oleh 3 orang anggota Paskibraka Kukar 2020. Mereka adalah Desta Nahri Luthfan (SMAN 1 Tenggarong), Nuriel Nabilla (SMAN 1 Muara Jawa) selaku pembawa bendera, dan Satria Masdarul H (SMAN 1 Sanga-Sanga).
 
(MAW-PIP)

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 9 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Sekda Kukar Sunggono Instruksikan ASN dan PPT Non ASN Update Mandiri Data Kepegawaian

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono menginstruksikan kepada para ASN Kabupaten Kutai Kartanegara untuk melakukan update atau pemutakhiran data ASN secara digital melalui aplikasi mysapk BKN versi 2021 yang dapat diakses pada website BKN https://mysapk.bkn.go.id.   Instr...

Image

Seleksi Calon Peserta Hafidz dan Hafidzan Al-Qur'an di Kukar

Pemkab Kutai Kartanegara melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara kembali melaksanakan Program Peumulia Hafiz Alquran berupa seleksi pembentukan satu Desa/Kelurahan 1 Hafidz Al-Quran pada tahun 2020.    Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk ...

Image

Plt Bupati Kukar Tinjau Korban Banjir di Desa Santan Tengah dan Santan Ilir

Banjir yang terjadi di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) pada musim penghujan awal tahun 2018, tidak hanya melanda wilayah tengah dan hulu, namun juga melanda wilayah pesisir, tepatnya  di Desa Santan Tengah  dan Desa Santan Ilir Kecamatan Marangkayu. Untuk melihat situasi dua...