preloader
preloader
blog-thumb

Tambah 7 Orang, Kasus Positif COVID-19 di Kukar Capai 268 Kasus

Jumlah total kasus positif COVID-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini meningkat menjadi 268 kasus. Hal ini terjadi setelah terdapat penambahan sebanyak 7 orang terkonfirmasi positif COVID-19 pada hari Jum’at, 7 Agustus 2020.
 
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Kukar dr. Martina Yulianti mengatakan, tambahan 7 kasus baru tersebut adalah sebagai berikut:
  1. KK-262, jenis kelamin perempuan, usia 45 tahun dari kecamatan Tenggarong. KK-262 merupakan kontak erat dari KK-249. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 6 Agustus 2020 menunjukkan hasil TERKONFIRMASI POSITIF (ASIMPTOMATIK).
  2. KK-263, jenis kelamin laki-laki, usia 52 tahun dari kecamatan Tenggarong. KK-263 merupakan kontak erat dari KK-249. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 6 Agustus 2020 menunjukkan hasil TERKONFIRMASI POSITIF (ASIMPTOMATIK).
  3. KK-264, jenis kelamin perempuan, usia 28 tahun dari kecamatan Tenggarong. KK-264 merupakan kontak erat dari KK-249. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 6 Agustus 2020 menunjukkan hasil TERKONFIRMASI POSITIF (ASIMPTOMATIK).
  4. KK-265, jenis kelamin perempuan, usia 33 tahun dari kecamatan Kota Bangun. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 6 Agustus 2020 menunjukkan hasil TERKONFIRMASI POSITIF (ASIMPTOMATIK).
  5. KK-266, jenis kelamin laki-laki, usia 65 tahun dari kecamatan Kota Bangun. KK-266 merupakan kontak erat dari KK-257. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 6 Agustus 2020 menunjukkan hasil TERKONFIRMASI POSITIF (ASIMPTOMATIK).
  6. KK-267, jenis kelamin laki-laki, usia 45 tahun dari kecamatan Samboja. KK-267 merupakan pelaku perjalanan dari Lampung. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 6 Agustus 2020 menunjukkan hasil TERKONFIRMASI POSITIF (ASIMPTOMATIK)
  7. KK-268, jenis kelamin perempuan, usia 26 tahun dari kecamatan Kahala. KK-268 merupakan pelaku perjalanan dari Sulawesi Tengah. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 6 Agustus 2020 menunjukkan hasil TERKONFIRMASI POSITIF (ASIMPTOMATIK).
"Saat ini KK-263, KK-264 dan KK-268 telah menjalani karantina di Wisma Atlet Tenggarong Seberang,  sedangkan pasien lainya menjalani isolasi  mandiri sejak dinyatakan terkonfirmasi positif," jelasnya.
 
Martina Yulianti menjelaskan jumlah kasus positif COVID-19 di Kukar hingga hari ini secara total sebanyak 268 kasus. Terdiri dari 102 orang yang masih dirawat/isolasi, 165 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia.
 
"Saya selalu mengingatkan bahwa upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan COVID-19, memerlukan partisipasi dan peran kita semua, seluruh elemen masyarakat," ujarnya. 
 
Kepala Dinas Kesehatan Kukar ini juga mengajak seluruh masyarakat agar dengan penuh kesadaran melakukan upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan COVID-19 melalui upaya menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh, menggunakan masker jika bersama orang lain dan jika keluar rumah, menjaga jarak fisik (physical distancing), menghindari kerumunan, dan tidak bepergian atau melakukan perjalanan keluar daerah khususnya ke daerah yang masih terdapat penularan COVID-19. 
 
"Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan pandemi aCOVID-19 segera berlalu sehingga kita bisa menjalani aktifitas sehari-sehari dengan tetap patuh menerapkan protokol kesehatan pada pelaksanaan relaksasi menuju tatanan normal baru (New Normal)." katanya.
 
Selama vaksin belum tersedia, penularan wabah harus dicegah bersama-sama dengan disiplin menegakkan pembatasan sosial dan protokol kesehatan.
 
Beberapa di antaranya dengan tetap tinggal di rumah bila tak ada keperluan mendesak serta  memakai masker dengan benar, menjaga jarak aman 1-2 meter, dan mencuci tangan sesering mungkin.
 
(her)pkp

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 7 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Dibuka Plt Bupati, Kemenhan RI Gelar Bela Negara se-Kaltim di Kukar

WARTAKALTIM.CO, TENGGARONG – Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengapresiasi atas penyelenggaraan Pembentukan Kader Bela Negara se-Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Kukar. Hal tersebut disampaikannya, saat membuka pembentukan kader bela negara se-Kaltim di Asrama A...

Image

41.990 Paket Sebako Telah Disalurkan Bupati Kukar Edi Damansyah di 14 Kecamatan

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) Edi Damansyah, kembali menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak Covid-19, kali ini penmyaluran ribuan paket sembako tersebut disalaurkan di wilayah Kecamatan Loa Janan, Selasa (12/5/2020) siang. Setidaknya terdapat 2.1...

Image

Patroli Gabungan Peringatkan Warga Agar Tetap di Rumah

Patroli Gabungan Peringatkan Warga Tetap Ada di Rumah Gabungan unsur Satpol PP, POLRI, dan TNI dan lain-lain hari ini, Sabtu malam (4/4) pukul 21.00 wita melakukan patroli gabungan di kota Tenggarong. Patroli menyasar tempat-tempat keramaian. Pasar Seni adalah salah satu tempat yang disasar dalam ...