Stop Hoax, Sebarkan Informasi Menyejukkan Bagi Korban Gempa

#Berita_Kementerian | mth

Mataram, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti mengimbau media memberikan informasi dan berita yang menyejukkan kepada masyarakat korban gempa bumi Lombok dan Sumbawa.

"Suguhilah informasi dan berita yang menyejukan masyarakat. Informasi ataupun berita yang dapat memberikan edukasi," katanya di Media Center Tanggap Bencana Gempa Bumi Pemulihan Pulau Lombok - Sumbawa, Bandara ZAM, Mataram, Sabtu (01/08/2018).

Didepan awak media Niken berharap peran media sangat berpengaruh membangun kepercayaan diri dan semangat masyarakat terhadap informasi yang menyejukan hati.

"Berita yang kita sajikan dapat menenangkan masyarakat Pulau Lombok dan Sumbawa yang sedang membangun," ungkap Dirjen IKP.

Menurut Niken, informasi yang berkembang saat ini kadang terlalu berlebihan memberitakan gempa bumi di pulau Lombok. Kondisi itu bisa membuat masyarakat cepat percaya dan panik. "Informasi dan berita kadang berlebihan sehingga masyarakat kita resah," kata Niken.

Oleh karena itu, Dirjen IKP mendorong awak media untuk melakukan pengecekan ke sumber resmi pemerintah. "Untuk cek berita tentang kegempaan sumbernya adalah BNPB, kalau ada berita yg simpang siur segera cek info dari BNPB," tandasnya.

Menurut Niken, masyarakat khususnya netizen juga bisa berperan aktif menyebarkan informasi dengan bijak dan menghindari penyebaran informasi hoaks atau yang tidak jelas sumbernya.

"Mari kita bijak menyebarkan informasi. Terutama informasi yang terkait gempa bumi di Pulau Lombok. Informasi menjadi komoditas utama yang dikonsumsi publik baik di media massa atau di media sosial. Hindari menyebarkan berita hoaks atau yang tidak jelas sumbernya," katanya.
Foto KemenKominfo

 

Share This Post: