preloader
preloader
Stop Hoax, Sebarkan Informasi Menyejukkan Bagi Korban Gempa
blog-thumb

Stop Hoax, Sebarkan Informasi Menyejukkan Bagi Korban Gempa

#Berita_Kementerian | mth

Mataram, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti mengimbau media memberikan informasi dan berita yang menyejukkan kepada masyarakat korban gempa bumi Lombok dan Sumbawa.

"Suguhilah informasi dan berita yang menyejukan masyarakat. Informasi ataupun berita yang dapat memberikan edukasi," katanya di Media Center Tanggap Bencana Gempa Bumi Pemulihan Pulau Lombok - Sumbawa, Bandara ZAM, Mataram, Sabtu (01/08/2018).

Didepan awak media Niken berharap peran media sangat berpengaruh membangun kepercayaan diri dan semangat masyarakat terhadap informasi yang menyejukan hati.

"Berita yang kita sajikan dapat menenangkan masyarakat Pulau Lombok dan Sumbawa yang sedang membangun," ungkap Dirjen IKP.

Menurut Niken, informasi yang berkembang saat ini kadang terlalu berlebihan memberitakan gempa bumi di pulau Lombok. Kondisi itu bisa membuat masyarakat cepat percaya dan panik. "Informasi dan berita kadang berlebihan sehingga masyarakat kita resah," kata Niken.

Oleh karena itu, Dirjen IKP mendorong awak media untuk melakukan pengecekan ke sumber resmi pemerintah. "Untuk cek berita tentang kegempaan sumbernya adalah BNPB, kalau ada berita yg simpang siur segera cek info dari BNPB," tandasnya.

Menurut Niken, masyarakat khususnya netizen juga bisa berperan aktif menyebarkan informasi dengan bijak dan menghindari penyebaran informasi hoaks atau yang tidak jelas sumbernya.

"Mari kita bijak menyebarkan informasi. Terutama informasi yang terkait gempa bumi di Pulau Lombok. Informasi menjadi komoditas utama yang dikonsumsi publik baik di media massa atau di media sosial. Hindari menyebarkan berita hoaks atau yang tidak jelas sumbernya," katanya.
Foto KemenKominfo

 

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 0 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Akan Bentuk LPPL, Diskominfo Kukar Sambangi Kabupaten Paser

Dengan digulirkannya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, dinyatakan bahwa Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) di seluruh Indonesia harus merubah kelembagaannya menjadi Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL).   Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Komunikasi dan...

Image

Diskominfo Kukar Ajak Jurnalis Susuri Sungai Mahakam Dengan Queen Orca Houseboat

Sungai Mahakam sejak ratusan tahun silam menjadi jalur transportasi utama yang menghubungkan wilayah pedalaman dengan daerah luar. Sungai terbesar dan terpanjang di Kalimantan Timur ini menjadi urat nadi perekonomian yang dilintasi kapal pengangkut barang maupun kapal penumpang.   Se...

Image

RPK FM Kembali Mengudara, Bupati Kukar Luncurkan Program Busu Idaman Menyapa

Setelah sempat vakum mengudara akibat gangguan teknis, siaran Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Kutai Kartanegara (Kukar) 100,6 FM akhirnya kembali dapat didengarkan para pendengar setianya. Pengoptimalan kembali RPK FM bersama program radio Busu Idaman Menyapa diluncurkan Bupati Kukar Edi Dam...