preloader
preloader
Kasus COVID-19 Meningkat, Pemkab Kutai Kartanegara Berlakukan Pembagian WFO dan WFH
blog-thumb

Kasus COVID-19 Meningkat, Pemkab Kutai Kartanegara Berlakukan Pembagian WFO dan WFH

Sehubungan dengan terjadinya peningkatan kasus COVID-19 dalam masa adaptasi kebiasaan baru, Bupati Kutai Kartanegara mengeluarkan Surat Edaran Nomor : P-2040/BKPSDM/065.11/08/2020 tanggal 04 Agustus 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai ASN dan Non ASN dalam Adaptasi Kebiasaan Baru pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Kutai Kartanegara. 
 
Dalam edaran tersebut memuat mengenai penyesuaian sistem kerja bagi ASN untuk menjaga keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik yang produktif dan aman dari COVID-19 yang berlaku mulai tanggal 5 Agustus 2020.
 
Penyesuaian sistem kerja dapat dilaksanakan melalui fleksibilitas dalam pengaturan lokasi bekerja, yakni pelaksanaan tugas kedinasan di kantor (Work From Office /WFO) dan atau pelaksanaan tugas kedinasan di rumah (Work From Home /WFH).
 
Penyesuaian sistem kerja tersebut dilakukan melalui fleksibilitas pengaturan lokasi bekerja, meliputi:
Shift I
Pagi: Pukul 07.30-12.00 WITA melaksanakan tugas kedinasan di kantor (Work From Office/WFO)
Siang: Pukul 12.00-16.00 WITA melaksanakan tugas kedinasan di rumah (Work From Home/WFH)
 
Shift II 
Pagi: Pukul 07.30-12.00 WITA melaksanakan tugas kedinasan di rumah (Work From Home/WFH)
Siang: Pukul 12.00-16.00 WITA melaksanakan tugas kedinasan di kantor (Work From Office/WFO)
 
Dalam edaran itu disebutkan bahwa pengaturan pegawai sesuai dengan jadwal dan waktu kerja tersebut diatur secara berjenjang oleh atasan langsung.
 
Meski demikian, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator serta Pejabat Pengawas tetap melaksanakan tugas kedinasan di kantor (Work From Office/WFO).
 
Pelaporan kehadiran dilakukan secara manual yang dilaporkan kepada atasan langsung, selanjutnya dilakukan rekapitulasi oleh petugas dari Sub Bagian Kepegawaian masing-masing Perangkat Daerah.
 
Mengutamakan pertemuan/rapat melalui media virtual dan sarana komunikasi lainnya. Jika harus dilakukan pertemuan/rapat dengan tatap muka, maka wajib membatasi  dan mengurangi lamanya waktu rapat dengan jumlah peserta maksimal 30% dari kapasitas ruangan dengan tetap menggunakan masker, face shield, dan memastikan diterapkannya physical distancing (jaga jarak).
 
Kemudian tidak melakukan aktivitas makan dan minum dalam proses pertemuan/rapat.Jika menyediakan konsumsi pertemuan/rapat, harus disediakan dalam kemasan dan dibagikan pada saat selesai rapat. Menghindari aktivitas bersama yang mengharuskan membuka masker (makan dan minum).
 
Mencatat data interaksi kontak dengan rekan kerja setiap hari yang dimasukkan dalam Laporan Kerja Harian untuk memudahkan kegiatan tracing kontak apabila ditemukan kasus terkonfirmasi positif.
 
Bagi Aparatur Sipil Negara dan Non Aparatur Sipil Negara yang bekerja di bidang pelayanan, penyesuaian sistem kerja diatur oleh masing- masing Pimpinan Unit Kerja.
 
Surat Edaran Bupati Kukar ini berlaku sejak tanggal 5 Agustus 2020 dan akan dilakukan peninjauan ulang yang disesuaikan dengan perkembangan kasus COVID-19.
 
Setiap unit kerja agar menyesuaikan sistem kerja melalui tugas kerja dikantor atau WFO dan/atau melakukan tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal atau WFH dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.Agar membantu menyelesaikan pekerjaan publik agar berjalan dengan efektif untuk mencegah dan mengendalikan perpindahan virus Covid-19 di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah dan masyarakat.
 
(her)pkp

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 3 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Bupati Kukar Minta Pembelajaran Daring Garapan Diskominfo dan KIM Web Terus Berlanjut Meski Pandemi COVID-19 Kelak Berakhir

Di tengah kesibukannya untuk menangani COVID-19, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah ikut serta menyapa para guru dalam acara talk show online bersama Ikatan Guru Indonesia (IGI), program inisiatif Diskominfo Kukar melalui Kota Raja Chanel, Guru Penggerak Kukar serta Kelompok Informasi ...

Image

Update COVID-19 per 8 September: Kasus Positif Bertambah 25 Orang, 4 Orang Sembuh, dan 2 Pasien Meninggal Dunia

Gugus Tugas COVID-19 Kutai Kartanegara mengungkap data peningkatan kasus penularan virus corona di tengah masyarakat sehingga menyebabkan kasus COVID-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara terus bertambah dan secara keseluruhan telah menembus 686 kasus.   Berdasarkan data terbaru per hari Sela...

Image

Kasus COVID-19 Meningkat Lagi, Bupati Edi Damansyah Perpanjang Masa Kerja Dari Rumah ASN dan Non ASN

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah hari Jum'at (25/06) kembali menerbitkan Surat Edaran yang memperpanjang lagi masa kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkungan Pemkab Kukar sebagai dampak meningkatnya kasus positif COVID-19...