preloader
preloader
blog-thumb

Diskominfo Kukar Lakukan Pendampingan Implementasi Aplikasi SIED di Muara Jawa

Di era transparansi dan keterbukaan, akses informasi menuntut perubahan-perubahan sistem aplikasi pada pemerintah, khususnya pemerintah daerah yang sebelumnya close access menjadi open access. Artinya masyarakat menginginkan agar apa yang dilakukan pemerintah terhadap perencanaan, penganggaran dan pelaporan keuangan dan hal lain yang berkaitan dengan itu dapat diketahui oleh masyarakat sebagai kontrol pemerintah dalam melaksanakan tugas.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, Diskominfo Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang e-Government bersinergi dengan pihak Kecamatan Muara Jawa menggelar sosialisasi sekaligus pendampingan implementasi aplikasi SIED (Sistem Informasi Elektronik Daerah) di Kantor Camat Muara Jawa, Rabu (15/7/2020) pagi.

 

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Camat Muara Jawa Safruddin ini berlangsung selama satu hari yang berisikan pemaparan materi dan praktek aplikasi SIED. Bertindak selaku narasumber adalah Bendahara Diskominfo Kukar Samsul Bahri, didampingi Kasi Pengembangan Aplikasi Tantri Saptadewi.

 

Adapun peserta sosialisasi dan praktek aplikasi SIED adalah para bendahara keuangan dari 4 Kecamatan wilayah pesisir Kukar yakni Kecamatan Muara Jawa, Samboja, Sanga-Sanga, dan Anggana.

 

Saat membuka acara sosialisasi, Camat Muara Jawa Safruddin mengutarakan bahwa segala perencanaan pembangunan haruslah berorientasi kepada kebutuhan masyarakat dan bukan kepada keinginan masyarakat sehingga pembangunan yang dilaksanakan pemerintah itu tepat guna.

 

Safrudin berharap agar penggunaan aplikasi SIED ini mudah dipahami dan dapat berjalan lancar. Oleh karena itu, dia berharap agar ada baiknya yang hadir untuk mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini adalah orang yang memahami penggunaan komputer dan teknologi informasi. "Sehingga diharapkan orang yang sudah menerima pelatihan di sini mampu mentransfer pengetahuannya kepada rekan kerjanya di OPD nya masing-masing,” jelasnya.

 

Bendahara Diskominfo Kukar Samsul Bahri dalam pemaparannya menjelaskan, SIED dibuat untuk memenuhi kebutuhan tuntunan OPD tentang adanya keterbukaan akses yang meliputi perencanaan, penganggaran dan pelaporan keuangan daerah dalam kegiatan pemerintah daerah, dimana selama ini sistem yang digunakan Pemkab Kukar adalah SIMDA (Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah) yang terpisah antara perencanaan dan penganggaran.

 

Sementara dikatakan Kasi Pengembangan Aplikasi Tantri Saptadewi, maksud dan tujuan dibuatnya aplikasi SIED ini adalah agar para operator keuangan yang ada di OPD dapat sinkron dalam penginputan anggaran dan tidak terjadi salah input dalam manajemen perencanaan, penganggaran, dan pelaporan keuangan.

 

Dengan adanya dukungan implementasi teknologi informasi dalam pengelolaan kegiatan pembangunan, diharapkan dapat terbangun tertib administrasi, terjaganya konsistensi data keuangan, pengelolaan program dan kegiatan.

 

(her)pkp

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 4 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Bidang PLIP Diskominfo Rapat Persiapan Pameran Merah Putih Sanga Sanga

Bidang Pengelolaan Layanan Informasi dan Publikasi Diskominfo hari ini menggelar rapat persiapan Pameran Merah Putih Sanga Sanga. Rapat berlangsung di ruang rapat lantai 3 Kantor Diskominfo Kukar Jalan Pahlawan No. 1, Bukit Biru - Tenggarong.   Hadir dalam rapat tersebut para Kepala Bidan...

Image

Diskominfo Gelar Rapat Perencanaan 2021 dan Evaluasi Kegiatan 2019

Diskominfo Kukar gelar rapat prioritas anggaran tahun 2020 dan evaluasi kegiatan tahun 2019 serta penambahan anggaran tahun 2021 di ruang rapat lantai 3 mulai pukul 13.30 dan berakhir pada 15.30 wita. Rapat dipimpin oleh Kadiskominfo Kukar Bahteramsyah dihadiri para Kepala Bidang, Kasi, dan Tim Te...

Image

Diskominfo Sosialisasikan si MAYA ke Kecamatan

Tenggarong 23 september 2019.   Dinas Komunikasi dan Informatika Kutai Kartanegara melalui Bidang E-Govermen,menggelar sosialisasi dan simulasi aplikasi persuratan elektronik siMAYA, Senin (23/9/2019), di ruang rapat Kantor Camat Muara Badak Pemkab Kukar    Aplikasi siMAYA a...