preloader
preloader
blog-thumb

Kasus Positif COVID-19 di Kukar Kembali Mengalami Lonjakan

Pada hari Sabtu tanggal 11 Juli /2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif terinfeksi Coronavirus Disease (COVID-19) di Kutai Kartanegara (Kukar) mengalami peningkatan sebanyak 5 kasus.

 

Dari 5 kasus baru itu, 1 kasus merupakan warga Kabupaten Kukar dari Kecamatan Sanga-Sanga. Sedangkan 4 kasus lainnya merupakan pelaku perjalanan yanhg hendak kembali bekerja di Kecamatan Loa Kulu, yakni 2 dari Jawa tengah dan 2 orang dari Jawa Timur.

 

Kabar penambahan kasus COVID-19 ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kukar dr Martina Yulianti dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (11/7/2020) sore.

 

 

Adapun 5 pasien baru yang terinfeksi COVID-19 per tanggal 11 Juli 2020 adalah sebagai berikut:

  1. KK-78, jenis kelamin perempuan usia 41 tahun dari Keamatanc Sanga-Sanga KK-78 memiliki kontak erat dengan KK-73merupakan orang tanpa gejala(OTG) hasil Pemeriksaan PCR dari Swab tenggorok tanggal 8 Juli 2020 menunjukan dengan hasil terkonfirmasi Positif.
  2. KK-79, jenis kelamin laki laki,usia 34 tahun dari kecamatan Loa Kulu merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan pelaku perjalanan dari Jawa Timur. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 9 Juli 2020 menunjukan hasil terkonfirmasi positif.
  3. KK-80, jenis kelamin laki laki, usia 39 tahun dari Kecamatan Loa Kulu, merupakan OTG dan pelaku perjalanan dari Jawa Tengah. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 9 Juli 2020 menunjukan hasil terkonfirmasi positif.
  4. KK-81, jenis kelamin laki laki,usia 48 tahun dari Kecamatan Loa Kulu merupakan OTG dan pelaku perjalanan dari Jawa Tengah. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 9 Juli 2020 menunjukan hasil terkonfirmasi positif.
  5. KK-82, jenis kelamin laki laki, usia 51 tahun dari Kecamatan Loa Kulu, merupakan OTG dan pelaku perjalanan dari Jawa Timur. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 9 Juli 2020 menunjukan hasil terkonfirmasi positif.

Ke lima pasien tersebut, lanjut dr Martina Yulianti, sedang diisolasi dan menjalani perawatan di Asrama Atlet Tenggarong Seberang sejak dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

 

"Hingga hari ini (11/07/2020), kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 82 kasus. Terdiri dari 10 orang sedang menjalani perawatan, 71 orang dinyatakan telah sembuh dan 1 orang meninggal dunia," terangnya.

 

Kepala Dinkes Kukar kembali mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat agar pada new normal ini tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak fisik, rajin mencuci tangan, serta menerapkan perilaku hidup bersih, agar sejalan dengan upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan COVID-19.

 

Ditambahkannya, gairah masyarakat untuk menghadapi era new normal jangan sampai membuat kewaspadaan menurun. Apalagi kasus baru yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kukar masih terus ada.

 

"Oleh karenanya, perubahan perilaku akan menjadi kunci optimisme dalam menghadapi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," pungkasnya.

 

(her)pkp

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 11 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Bupati Kukar Umumkan Tambahan 10 Kasus Positif COVID-19 per 2 Mei 2020

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengumumkan kabar bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (2/5) pagi.   Menurut Bupati Kukar, ada penambahan yang cukup signifikan kasus positif COVID-19 yakni sebanya...

Image

Kasus Positif COVID-19 di Kukar Terus Bertambah, Total 292 Kasus Per 9 Agustus 2020

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara dr. Martina Yulianti mengumumkan adanya penambahan 12 kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 per 9 Agustus 2020, sehingga total kumulatif orang terpapar virus Corona di Kukar telah mencapai 292 orang.   Ke 12 orang yang dinyatakan positif COVID-...

Image

Tambahan 2 Pasien Sembuh, Angka Kesembuhan COVID-19 di Kukar Sudah 95 Persen

Kabar baik disampaikan Bupati Edi Damansyah melalui Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara (Kukar) dr Martina Yulianti terkait perkembangan penanganan kasus COVID-19 di Kukar, Rabu (24/6) malam di Tenggarong. Jumlah pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh kini bertambah lagi sebanyak 2 orang pe...