preloader
preloader
Gratis, Pemkab Kukar Layani Rapid Test Untuk Santri, Pelajar Hingga Mahasiswa
blog-thumb

Gratis, Pemkab Kukar Layani Rapid Test Untuk Santri, Pelajar Hingga Mahasiswa

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) memberi kebijakan khusus berupa layanan rapid test secara gratis bagi para santri, pelajar hingga mahasiswa asal Kukar uang hendak kembali melanjutkan pendidikannya di luar daerah.
 
Bukti rapid test dengan hasil non reaktif sangat dibutuhkan para santri, pelajar dan mahasiswa asal Kukar yang menempuh pendidikan di luar daerah. Selain sebagai syarat untuk penerbangan atau berlayar, bukti rapid test juga menjadi syarat untuk masuk pesantren, sekolah atau perguruan tinggi.
 
Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara H. Sunggono, digratiskannya rapid test ini merupakan salah satu bentuk komitmen serta dukungan dari Bupati Kukar kepada para santri/pelajar hingga mahasiswa asal Kukar yang menuntut ilmu di luar daerah.
 
"Karena para santri, pelajar dan mahasiswa ini adalah aset kita. Jangan sampai anak-anak kita terkendala atau tidak bisa melanjutkan pendidikan hanya karena kesulitan mendapatkan rapid test," terang Sunggono saat meninjau kegiatan rapid test di kantor Dinas Kesehatan Kukar, Tenggarong, Senin (06/07/2020) pagi.
 
Sunggono berharap agar para santri/pelajar/mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. "Target kita bisa melakukan1.000 rapid test bagi santri, pelajar dan mahasiswa," imbuhnya.
 
Ditambahkan Sunggono, layanana rapid test gratis ini dilaksanakan di kantor Dinas Kesehatan serta Puskesmas se-Kukar. "Khusus untuk di Dinkes hanya melayani para santri/pelajar atau mahasiswa asal Tenggarong, dari Senin hingga Jum'at. Setelah itu, pelayanan bisa dilakukan di Puskesmas terdekat," ujarnya.
 
Sementara ditambahkan Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti, untuk mengikuti rapid test bisa dilakukan secara individual atau secara kolektif dengan persyaratan sebagai berikut:
 
Layanan Rapid Test Individual
  1.  Bagi pelajar/mahasiswa/santri yang akan mengikuti tes masuk sekolah/perguruan tinggi:
     a. Membawa kartu identitas diri (KTP/Kartu Pelajar)
     b. Membawa fotokopi bukti pendaftaran masuk sekolah/pesantren/perguruan tinggi
     c. Membawa jadwal tes masuk
  2. Bagi pelajar/mahasiswa/santri yang akan kembali ke sekolah/pesantren/perguruan tinggi:
     a. Membawa kartu identitas diri (KTP)
     b. Membawa Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa
     c. Membawa bukti/informasi bahwa sekolah/pesantren/perguruan tinggi sudah memulai aktivitas pembelajaran
Layanan Rapid Test Secara Kolektif
  1. Menyampaikan daftar pelajar/mahasiswa/santri yang akan dilakukan tes (data nama, alamat, nomor telpon, tempat sekolah/kuliah)
  2. Mempersiapkan fotokopi kartu identitas masing-masing pelajar/mahasiswa/santri
  3. Membawa surat dari pihak sekolah/pesantren/perguruan tinggi mengenai jadwal aktivitas pembelajaran
"Kegiatan rapid test ini bisa dilakukan di seluruh Puskesmas se-Kukar. Khusus di Tenggarong, rapid test dipusatkan di kantor Dinkes Kukar hingga Jum'at mulai jam 08.00 hingga 12:00 WITA, Hasil rapid test bisa diambil pada sore hari antara jam 15.00-16.00 WITA," ujarnya. (maw)  

 

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 4 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sekda Sunggono Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Kukar

Masa jabatan Edi Damansyah dan Chairil Anwar sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) sisa masa bakti 2016-2021 telah berakhir pada 17 Februari 2021.   Untuk mengisi kekosongan pimpinan daerah tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kukar Sunggono telah ditugaskan Gubernur ...

Image

Kisah Nenek Penyapu Jalanan Menabung 15 Tahun untuk Beli Sapi Kurban dan Kambing

Dimana ada kemauan, di situ ada jalan. Peribahasa tersebut tampak nyata dari usaha dan jerih payah yang dilakukan nenek Sumiati, seorang penyapu jalanan di kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.   Perempuan berusia 71 tahun ini berhasil mewujudkan niat mulianya untuk berkurban tahu...

Image

Kepala Badan Kesbangpol Kukar Ingatkan Netralitas ASN dan Perangkat Desa pada Pilkada 2020

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara Rinda Desianti menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga perangkat desa/kelurahan untuk menjaga netralitas pada pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.   Hal tersebut disampai...