preloader
preloader
KIM-BA Desa Separi Terima SK Pembentukan dari Diskominfo Kukar
blog-thumb

KIM-BA Desa Separi Terima SK Pembentukan dari Diskominfo Kukar

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan, kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat dalam berpartisifasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan.
 
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan kepada KIM BA (Bisnis Alternatif) Desa Separi, Kecamatan Tenggarong Seberang, Jum'at (03/07/2020) pagi.
 
SK pembentukan tersebut diserahkan Kepala Desa Separi Sugianto kepada Ketua KIM BA Ahmad Fauzi, disaksikan Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskomifo kukar Ahmad Rianto dan Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Hermawan.
 
Penyerahan SK dilakukan oleh Diskominfo Kukar melalui Bidang Komunikasi Pengelola Publik dalam acara kunjungan ke Kelompok Informasi Masyarakat KIM-BA (Kelompok Bisnis Alternatif) desa separi.kecamatan tenggarong seberang dikantor Desa Separi.
 
Pemkab Kukar melalui Diskominfo telah membuka kanal-kanal komunikasi melalui berbagai media, termasuk media sosial  "Di era ini, media sosial sangat besar dengan semakin besarnya kebutuhan masyarakat akan informasi dan komunikasi,untuk mengangkat potensi daerah,di sisi lain hadirnya teknologi komunikasi yang canggih, juga berdampak negatif manakala tidak diimbangi dengan kecerdasan dalam menggunakan sarana informasi dan komunikasi," ujar Kabid Pengelola Komunikasi Publik, Ahmad Rianto.
 
Sebagai contoh, lanjutnya, saat ini marak tersebar konten-konten negatif berita bohong (hoax) yang tidak hanya meresahkan masyarakat, tapi juga bisa menjadikan persepsi publik yang salah, dan akhirnya menimbulkan disintegrasi bangsa.
 
Di saat yang sama, Kepala Desa Separi Sugianto menyarankan agar masyarakat berperan aktif dalam mendukung program-program pembangunan agar mengisi akun media sosial desa wisata dengan konten menarik. Contoh, memuat tips perjalanan yang menuntun wisatawan bagaimana untuk mencapai desa wisata tersebut, menunjukkan spot wisata terbaik atau aktivitas seru di desa wisata untuk menunjukkan fasilitas yang tersedia di desa wisata.
 
"Perubahan itu mutlak. Informasi dan Komunikasi Publik juga harus selalu berubah dan beradaptasi secara kreatif. Isi media sosial kita dengan obrolan yang baik dan optimisme perlu adanya pemahaman dan sinergitas antara pemerintah dan Kelompok Informasi Masyarakat agar publikasi kebijakan dan hasil-hasil pembangunan, serta pelayanan publik kepada masyarakat dapat berjalan lancar dan saling mendukung satu sama lain,Sebagai wahana informasi antara anggota KIM," tandasnya.
 
Sementara itu Kasi Sumber daya komunikasi publik(SDKP)Hermawan menjelaskan tentang sasaran pembinaan kelompok KIM agar terciptanya pola pembinaan KIM secara terus menerus dalam pengembangan sumber daya manusia untuk terciptanya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pembinaan KIM secara terpadu dan berkesinambungan serta terciptanya KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi masyarakat.
 
(HR)PKP

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 5 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Tingkatkan Teknik Penulisan dan Pengemasan Berita, Diskominfo Kukar Gelar Bimtek Pengelolaan Website OPD dan Desa

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang e-Government dan Bidang Pengeloaan Informasi Publik menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Website OPD dan Desa bertempat di gedung Diskominfo Kukar, Tenggarong, Rabu (9/9/2020) pagi.   Pada h...

Image

Kekraf dan Puskomkref Diharap Seiring Sejalan Membangun Kukar

Pusat Komunitas Kreatif atau disingkat Puskomkref merupakan salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang  tertuang dalam Permenkominfo nomor 8 tahun 2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial kemudian diperkuat Permenkominfo nomor 8 tahun 20...

Image

Tiga Komunitas Terima SK Kepala Diskominfo Kukar

Sebanyak 3 komunitas di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerima Surat Keputusan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) tentang Komunitas Pembuat Konten Positif (KPKP) dan Kelompok Strategis (KS).   Penyerahan SK tersebut dilakukan secara simbolis oleh Sekretar...