preloader
preloader
blog-thumb

Perpustakaan Sekolah Ar-Rasyid Milik SD Muhammadiyah Tenggarong, Perpustakaan Sekolah Pertama di Kukar Yang Raih Akreditasi dari Perpusnas RI

Prestasi membanggakan diraih SD Muhammadiyah 1 Tenggarong dalam pengelolaan perpustakaan sekolah yang diberi nama perpustakaan Ar-Rasyid.
 
Perpustakaan yang berdiri sejak tahun 1996 ini akhirnya berhasil meraih sertifikat akreditasi dengan predikat B dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.
 
Pencapaian ini mencatatkan SD Muhammadiyah 1 Tenggarong sebagai perpustakaan sekolah pertama di Kukar yang terakreditasi oleh Perpusnas. 
 
Sertifikat akreditasi untuk perpustakaan Ar-Rasyid diserahkan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar Drs. Aji Hasanuddin kepada Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Tenggarong Arqam Kadir Lamahu S.Pd di Tenggarong, Senin (29/06/2020) kemarin.
 
Kepala Diarpus Kukar Aji Hasanuddin mengucapkan selamat kepada SD Muhammadiyah 1 Tenggarong sebagai satu-satunya sekolah di Kukar yang perpustakaan sekolahnya berhasil mendapatkan akreditasi dari Perpusnas RI.
 
Menurut Aji Hasanuddin, sertifikat tersebut sebenarnya telah diserahkan Kepala Perpusnas RI kepada Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Diarpus Kukar pada saat Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan tahun 2020 yang digelar di Tanah Grogot pada bulan Maret lalu. "Namun karena adanya wabah COVID-19, maka baru sekarang baru bisa dilakukan penyerahan kepada SD Muhammadiyah 1 Tenggarong," katanya.
 
Ditambahkannya, untuk mendapatkan akreditasi perpustakaan dari Perpusnas RI tidaklah mudah. Syarat pertama, perpustakaan tersebut sudah memiliki NPP atau Nomor Pokok Perpustakaan. Kemudian, ada 6 komponen dan puluhan indikator yang menjadi penilaian oleh tim Asesor Perpusnas RI.
 
"Enam komponen yang dinilai meliputi koleksi buku, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan dan komponen penguat kinerja. Dan total ada 77 indikator penilaian yang wajib dipenuhi untuk perpustakaan sekolah setingkat SD/MI," jelasnya.
 
Terakreditasinya perpustakaan sekolah Ar-Rasyid disambut penuh rasa syukur oleh jajaran SD Muhammadiyah 1 Tenggarong. "Alhamdulillah perpustakaan sekolah kita berhasil meraih akreditasi dengan predikat B. Pencapaian ini tak lepas dari kerja keras Kepala Perpustakaan dan staf, beserta tim akreditasi Perpus SD Muhammadiyah 1 Tenggarong," ujarnya.
 
Arqam juga menyampaikan penghargaan kepada Diarpus Kukar yang sangat berperan untuk memberikan pembinaan dan bimbingan sehingga Perpustakaan Sekolah SD Muhammadiyah 1 Tenggarong dapat meraih akreditasi dari Perpusnas RI.
 
Dengan terakreditasinya perpustakaan yang mengoleksi 3000 judul buku itu, lanjut Arqam, diharapkan dapat lebih meningkatkan minat baca para siswa yang kelak akan mendukung program literasi di sekolah. "Kami juga berharap agar jajaran Dinas Kerasipan dan Perpustakaan tetap memberikan bimbingan ke depannya agar perpustakaan Ar-Rasyid bisa semakin baik ke depannya," harapnya. (maw)

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 9 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Tablik Akbar

Usai membuka Pameran Pembangunan Seietaris Daerah Bpk Sunggono yang mewakili Bupati Kutai Kartanegara  menghadiri Tabligh Akbar memperingati hari Pahlawan 27 Januari peristiwa merah putih di lapangan Ex MTQ Kecamatan Sanga Sanga Kab Kukar Minggu 26 Januari 2020 malam.   Hadir sebagai...

Image

41.990 Paket Sebako Telah Disalurkan Bupati Kukar Edi Damansyah di 14 Kecamatan

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) Edi Damansyah, kembali menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak Covid-19, kali ini penmyaluran ribuan paket sembako tersebut disalaurkan di wilayah Kecamatan Loa Janan, Selasa (12/5/2020) siang. Setidaknya terdapat 2.1...

Image

Per Sabtu 9 Mei 2020, Kasus Positif COVID-19 di Kukar Bertambah Menjadi 24 Kasus

Jumlah kasus terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kutai Kartanegara kembali mengalami peningkatan menjadi 24 kasus. Hal tersebut disampaikan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dalam konferensi pers tentang tambahan 2 pasien Corona yang digelar di Ten...