preloader
preloader
blog-thumb

Sosialisasi Aplikasi e-Pantau di Diskominfo Kukar

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan menggelar sosialisasi terkait pengembangan aplikasi e-Pantau.
 
Kegiatan sosialisasi yang dipimpin langsung Kadis Kominfo Kukar Bahteramsyah sekaligus sebagai Pengguna Anggaran (PA) ini digelar selama satu hari di Kantor Diskominfo Kukar, Tenggarong, Senin (28/6/2020) siang. 
 
Sosialisasi e-Pantau ini diikuti oleh Seluruh Pejabat Struktural serta sejumlah staf teknis Diskominfo Kukar.
 
Hadir sebagai narasumber sosialisasi e-Pantau yakni Suriansyah, S.Hut yang merupakan Kasubdit Pengendalian Evaluasi Bappeda Kukar.
 
Menurut Suriansyah, aplikasi tersebut berguna untuk mempermudah proses pemantauan sebagai perangkat (tools) pemantauan secara tepat waktu (efisien) dan tepat sasaran (efektif).
 
Aplikasi e-pantau berbasis elektronik dengan alamat https://e-pantau.kukarkab.go.id disusun Bappeda Kukar guna meningkatkan kualitas proses dan hasil pemantauan serta meningkatkan kualitas proses dan hasil perencanaan, pelaksanaan, evaluasi secara keseluruhan. "Kegiatan ini tujuannya untuk memberikan panduan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ujarnya.
 
Ditambahkannya, pengguna e-Pantau terdiri dari:
  • Super Admin: bertanggung jawab secara teknis mengelola sistem e-Pantau,super admin berada di bappeda
  • Kepala Bappeda: bertanggung jawab mengelola secara keseluruhan proses dan hasil pemantauan dalam lingkup Kabupaten Kukar
  • Kepala OPD: bertanggung jawab melakukan verifikasi secara keseluruhan terhadap hasil pemantauan dalam lingkup masing-masing OPD di Kukar.
  • Pejabat Eselon 3: bertanggung jawab secara teknis terhadap proses dan hasil pemantauan program di masing-masing OPD Kabupaten Kukar
  • Pejabat Eselon 4: bertanggung jawab secara teknis terhadap proses dan hasil pemantauan kegiatan di masing-masing OPD Kabupaten Kukar.
Mengingat sistem e-Pantau merupakan sistem pelaporan data realisasi hasil pemantauan, lanjutnya, maka data realisasi hasil pemantauan harus dientrikan di sistem e-Pantau dengan pendekatan nilai absolut dan parsial atau tidak kumulatif, baik untuk alokasi anggaran maupun capaian fisik. Entri data realisasi hasil pemantauan dilakukan setiap bulan, disertai dengan informasi status pelaksanaan dan permasalahan serta bukti pendukung.
 
(HR)PKP

Categories: KOMINFO

Sudah Dibaca sebanyak 9 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

KIM-BA Desa Separi Terima SK Pembentukan dari Diskominfo Kukar

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan, kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat dalam berpartisifasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan.   Dinas Komunikasi dan Inform...

Image

Menangkap Peluang Usaha Di Era Digital Industri 4.0

Kec Kota Bangun 28 Nopember 2019   Diskominfo Kutai Kartanegara melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik mengadakan pelatihan dan Pembinaan Pusat Komunitas Kreatif (Puskomkref) bagi pelaku usaha kreatif yang diikuti kurang lebih 40 orang peserta yang berasal dari pengelola UKM dan mas...

Image

Stop Hoax, Sebarkan Informasi Menyejukkan Bagi Korban Gempa

#Berita_Kementerian | mth Mataram, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti mengimbau media memberikan informasi dan berita yang menyejukkan kepada masyarakat korban gempa bumi Lombok dan Sumbawa. ...