Tiga Perusahaan Bantu Warga Muara Badak Jadi Peserta JKN-KIS

Diskominfo Kukar– Tiga perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Muara Badak, Kukar membantu 300 warga tidak mampu untuk jadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ketiga perusahaan ini melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan pihak BPJS bersamaan acara Perkemahan Wirakarya di Bumi Perkemahan Desa Batu Batu, Muara Badak, Senin (27/8).

Ketiga perusahaan yang masing-masing menanggung 100 jiwa itu adalah PT Lanna Harita Indonesia, PT Tritunggal Sentra Buana, PT Mandira Mitra Coalindo. Acara penandatanganan perjanjian kerja sama ini dihadiri langsung Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Kepala Cabang Samarinda BPJS Kesehatan Nurifansyah serta perwakilan manajeman 3 perusahaan.

Edi berharap apa yang dilakukan ketiga perusahaan ini dapat diikuti perusahaan lainnya di Muara Badak, mengingat data dari Dinas Sosial menyebutkan warga tidak mampu yang tersebar di 13 desa se-Kecamatan Muara Badak berjumlah 6.923 jiwa. "Dengan penandatanganan kerja sama sebanyak 300 jiwa hari ini, berarti baru 4,33% warga tidak mampu yang tercover BPJS sehingga masih ada 6.623 jiwa atau 95,68% belum ditanggung BPJS," kata Edi. 
Saat ini, lanjut Edi, Pemkab Kukar telah melakukan sinergitas dan sinkronisasi bersama dunia usaha untuk menyamakan persepsi dan komitmen dalam penyusunan program CSR dengan membentuk Forum Komunikasi TJSP Kabupaten Kukar yang telah dikukuhkan pada 15 Agustus 2018 lalu di Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu. 
"Ke depan, saya harapkan program CSR bukan lagi bersifat seremoni tapi memberikan dampak nyata, salah satunya penurunan angka kemiskinan di Kukar, serta pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi mulai dari hulu hingga hilirnya," ucap Edi.

 

Share This Post: