preloader
preloader
blog-thumb

Kutai Kartanegara Mulai Laksanakan Fase Relaksasi Menuju Tatanan Normal Baru

Mulai 5 Juni 2020, Pemkab Kutai Kartanegara melaksanakan fase relaksasi menuju New Normal atau tatanan normal baru yang produktif dan aman pada masa pandemi COVID-19.

Dalam rapat koordinasi secara virtual yang digelar Kamis (04/06) malam, Bupati Kukar Edi Damansyah menyebutkan bahwa pandemi COVID-19 tidak hanya memberi dampak pada sektor kesehatan saja, namun juga menimbulkan dampak pada sektor ekonomi, sosial dan budaya. 
 
"Dengan terjadinya pembatasan mobilitas dan interaksi penduduk, berakibat pada melemahnya sektor ekonomi masyarakat, dunia usaha, bahkan terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), terhentinya aktivitas pekerjaan pada sektor tertentu, perkantoran serta aktivitas pendidikan," ujarnya.
 
Menurut Edi Damansyah, dengan mempertimbangkan perkembangan kasus COVID-19 yang belum dapat diatasi dalam waktu dekat dan mengingat belum ditemukannya vaksin untuk mencegah penyebaran COVID-19, dan di sisi lain tidak mungkin untuk menetapkan pembatasan secara terus menerus, maka perlu dilakukan upaya-upaya yang signifikan agar dampak yang terjadi pada sektor di luar kesehatan tidak semakin meluas.
 
Ditambahkan Bupati Kukar, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dilaksanakannya fase relaksasi menuju normal baru ini. Pertama adalah penularan COVID-19 mulai dapat dikendalikan. Dan kedua, kapasitas sistem kesehatan baik pada aspek pencegahan maupun pelayanan sudah lebih baik mulai dari Puskesmas, rumah sakit, peralatan medis, fasilitas pengujian, fasilitas isolasi, Alat Pelindung Diri (APD), prosedur pelayanan, pelacakan kontak hingga karantina.
 
"Berdasarkan hal tersebut di atas, langkah yang akan diambil adalah melakukan relaksasi atau pelonggaran dalam hal mobilitas dan interaksi penduduk. Mengingat masyarakat belum sepenuhnya memahami dan menyadari tentang pencegahan penularan COVID-19 maka pelaksanaan relaksasi menuju Tatanan Normal Baru memerlukan protokol kesehatan yang ketat agar sejalan dengan upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan COVID-19," katanya lagi.
 
Kendati demikian, lanjut Bupati Kukar, tidak semua wilayah desa/kelurahan di Kukar yang diizinkan melaksanakan fase relaksasi ini. Hanya wilayah yang masuk Zona Hijau atau Zona Kuning yang diperkenankan.
 
Dari data Dinas Kesehatan Kukar per 4 Juni 2020, ada 3 desa/kelurahan di Kukar yang masuk kategori Zona Merah, yakni desa Loa Janan Ulu (Kecamatan Loa Janan), kemudian Kelurahan Muara Jawa Tengah dan Kelurahan Muara Jawa Ulu (Kecamatan Muara Jawa).
 
Menurut Bupati Edi Damansyah, Pemkab Kukar telah membuat surat edaran terkait pelaksanaan relaksasi menuju tatanan normal baru ini yang berisi panduan bagi beberapa sektor mengenai protokol yang harus diterapkan guna mencegah dan memutus mata rantai penularan COVID-19. 
 
Dalam surat edaran tersebut, diatur panduan atau protokol pencegahan penularan COVID-19 bagi pengguna jalan, di fasilitas umum, di fasilitas kesehatan, Pasar Rakyat/Pasar Malam, Angkringan, Cafe, PKL, toko tradisional/modern, restoran/rumah makan, tempat ibadah serta di perkantoran. (maw)

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 13 Kali

1 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Tujuh Pasien Dinyatakan Sembuh, Kasus Sembuh COVID-19 di Kukar Capai 90 Persen!

Kasus sembuh Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini telah mencapai 90 persen menyusul sembuhnya 7 pasien per hari Rabu, 17 Juni 2020. Kabar baik sembuhnya 7 pasien dari paparan virus Corona ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti ...

Image

Tambahan 34 Kasus Baru, Kasus Positif COVID-19 di Kukar Meningkat Tajam Per 21 Juli 2020

Dalam dua hari terakhir, jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengalami peningkatan yang sangat signifikan.    Bahkan per 21 Juli 2020, penambahan kasus baru mencatat rekor tertinggi sejak kasus pertama diumumkan, yakni sebanyak 34 kasus.   ...

Image

Upacara Parade Merah Putih

Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara Bpk Edi Damansyah menghadiri Upacara Parade Acara Peristiwa Merah Putih ke-73, bertajuk ,Dengan semangat perjuangan peristiwa merah putih 27 januari 1947 ,kita bangkitkan tekad memperkokoh persatuan dan kebersamaan menuju masyarakat kutai kartanegara Adil dan Mak...