preloader
preloader
<p> Diumumkan Bupati Kukar, Kasus Positif COVID-19 Kini Meningkat Jadi 39 Kasus </p>
blog-thumb

Diumumkan Bupati Kukar, Kasus Positif COVID-19 Kini Meningkat Jadi 39 Kasus 

Kasus terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) atau virus Corona di Kabupaten Kutai Kartanegara kini menembus angka 39 kasus.

Peningkatan yang sangat signifikan ini terjadi setelah ada penambahan 15 kasus baru positif COVID-19 yang diumumkan Bupati Kukar Edi Damansyah melalui konferensi pers secara daring di Tenggarong, Kamis (14/05) malam.

Adapun tambahan 15 warga Kukar yang positif terjangkit COVID-19 adalah sebagai berikut:

  1.  KK-25, Laki-Laki usia 48 tahun asal Kecamatan Loa Janan dengan riwayat perjalanan dari Gowa
  2. KK-26, Laki-Laki usia 22 tahun asal kecamatan Loa Janan, ada riwayat kontak dengan orangtua yang merupakan pelaku perjalanan dari Gowa.
  3. KK-27, Laki-Laki usia 26 tahun asal Kecamatan Muara Badak dengan riwayat perjalanan dari Gowa.
  4. KK-28, Laki-Laki usia 38 tahun asal Kecamatan Muara Badak dengan riwayat perjalanan dari Gowa.
  5. KK-29, Laki-Laki usia 46 tahun asal Kecamatan Loa Kulu dengan riwayat perjalanan dari Gowa
  6. KK-30, Laki-Laki usia 33 tahun asal Kecamatan Muara Badak denganriwayat perjalanan dari Gowa.
  7. KK-31, Laki-Laki usia 33 tahun dari Kecamatan Muara Badak. Riwayat Perjalanan dari Gowa
  8. KK-32, Laki-Laki usia 9 tahun asal Kecamatan Muara Badak. Ada riwayat kontak dengan orangtua yang merupakan pelaku perjalanan dari Gowa.
  9. KK-33, Laki-Laki usia 47 tahun asal Kecamatan Loa Janan, dengan riwayat perjalanan dari Gowa
  10. KK-34, Laki-Laki usia 45 tahun asal Kecamatan Muara Badak, dengan riwayat perjalanan dari Gowa. 
  11. KK-35, Laki-Laki usia 28 tahun asal Kecamatan Tenggarong, dengan riwayat perjalanan dari Gowa
  12. KK-36, Laki-Laki usia 20 tahun asal Kecamatan Sebulu, dengan riwayat perjalanan dari Gowa.
  13. KK-37, Laki-Laki usia 54 tahun asal Kecamatan Muara Badak, riwayat perjalanan dari Gowa.
  14.  KK-38, Laki-Laki usia 59 tahun asal Kecamatan Loa Janan, dengan riwayat perjalanan dari Gowa.
  15.  KK-39, Laki-Laki usia 48 tahun asal Kecamatan Tenggarong, riwayat perjalanan dari Gowa. 
Menurut Bupati Kukar Edi Damansyah, dari ke 15 pasien tersebut, satu orang pasien diisolasi di RS Karantina Bapelkes Samarinda, dan 14 orang lainnya diisolasi di Wisma Atlet Tenggarong Seberang sejak diketahui Rapid Test yang bersangkutan reaktif.
 
"Dengan terkonfirmasinya kasus-kasus di atas maka bertambah satu lagi kecamatan dengan transmisi lokal yaitu Kecamatan Loa Janan," ujarnya.
 
Ditambahkan Bupati Kukar, sebagian besar kasus positif COVID-19 di Kukar merupakan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG), yang memiliki riwayat perjalanan, tanpa keluhan namun dapat menularkan kepada orang lain.
 
"Dan penularan lokal untuk saat ini ditemukan pada anggota keluarga terdekat (istri dan anak). Kita sangat berharap tidak terdapat penularan lokal ke masyarakat luas dan tidak ada kasus impor baru di Kutai Kartanegara," harapnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Edi Damansyah juga mengabarkan telah sembuhnya pasien COVID-19 asal Kecamatan Sebulu yang diidentifikasi sebagai KK-03 dengan jenis kelamin laki-laki dan usia 22 tahun. "Pasien ini masuk rumah sakit pada tanggal 15 April 2020 sebagai PDP dengan keluhan demam berdarah (DHF), ada riwayat perjalanan dari Malang," jelasnya.
 
Pasien KK-03 tersebut, lanjutnya, telah menjalani masa perawatan selama kurang lebih 1 bulan dan telah dilakukan pemeriksaan swab kedua dan ketiga dengan hasil semuanya negatif sehingga dinyatakan sembuh. "Saya ucapkan selamat kepada KK-03 dan keluarga atas kesembuhannya," kata Edi Damansyah.
 
Dengan adanya tambahan 15 kasus baru positif COVID-19, tambah Bupati Kukar, secara keseluruhan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kukar telah mencapai 39 kasus. "Terdiri dari 36 orang sedang menjalani perawatan dan 3 kasus dinyatakan telah sembuh. Semoga kita dapatkan lagi pasien-pasien lain yang segera sembuh," harapnya.
 
Menurut Bupati Kukar, upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan COVID-19 memerlukan partisipasi dan peran kita semua, seluruh elemen masyarakat. Hal yang sangat penting untuk selalu mematuhi prosedur pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan.
 
"Untuk saat ini hindari bepergian jika tidak penting dan saya minta kepada setiap wilayah kecamatan/desa dan kelurahan agar bahu membahu melakukan pengendalian mobilisasi penduduk yang merupakan pelaku perjalanan di pintu-pintu masuk wilayahnya masing-masing," katanya.
 
Kemudian bagi para pelaku perjalanan agar dapat melaporkan riwayat perjalanannya kepada Puskesmas setempat sehingga dapat diantisipasi kemungkinan terpapar COVID-19 baik bagi dirinya sendiri, keluarga, petugas kesehatan, maupun masyarakat.
 
"Saya kembali mengajak seluruh masyarakat Kutai Kartanegara dengan penuh kesadaran melakukan upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan COVID-19 melalui upaya, jaga kesehatan dan tingkatkan daya tahan tubuh, gunakan masker jika keluar rumah, jaga jarak fisik (physical distancing), hindari berada dalam kerumunan, tidak bepergian keluar daerah dan tidak mudik," demikian pesannya. (maw)

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 12 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

BKPSDM Kukar Tutup Sementara Layanan Konsultasi Kepegawaian Tatap Muka

 

BKPSDM Kukar Tutup Sementara Layanan Konsultasi Kepegawaian Tatap Muka   Upaya pencegahan penularan pandemi virus corona (covid-19), BKPSDM Kukar mulai 6-21 April 2020 menutup sementara layanan konsultasi kepegawaian secara langsung (tatap muka). Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala...

Image

Per Sabtu 9 Mei 2020, Kasus Positif COVID-19 di Kukar Bertambah Menjadi 24 Kasus

Jumlah kasus terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kutai Kartanegara kembali mengalami peningkatan menjadi 24 kasus. Hal tersebut disampaikan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dalam konferensi pers tentang tambahan 2 pasien Corona yang digelar di Ten...

Image

Update COVID-19 di Kukar: Tambahan 12 Kasus Baru dan 4 Kasus Dinyatakan Sembuh

Kasus terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kutai Kartanegara kini telah mencapai angka 280 kasus pada 8 Agustus 2020.   Jumlah ini mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya 12 kasus hari ini.   Kepala Dinas Kesehatan Kukar, dr. Martina Yu...