preloader
preloader
<p> <strong>Anggota DPR-RI Hetifah Sjaifudian, Apresiasi Program Streaming Youtube Milik Kota Raja Chanel</strong></p>
blog-thumb

Anggota DPR-RI Hetifah Sjaifudian, Apresiasi Program Streaming Youtube Milik Kota Raja Chanel

Anggota DPR-RI Hetifah Sjaifudian, Apresiasi Program Streaming Youtube Milik Kota Raja Chanel

Implementasi dan Wujud Akselerasi Kukar Menuju Program 100 Smart City

KALTIMNEWS.CO, Kukar – Sejumlah tokoh kini mulai menghiasi layar streaming youtube milik Kota Raja Chanel, akun milik Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) itu kini memang terus berbenah, apalagi pasca pelaksanaan social distancing yang membuat sejumlah sekolah terpaksa mengalihkan system metode belajar dengan menggunakan media Dalam Jaringan (Daring).

Sukses dengan program belajar via Streaming Youtube, program e-learning yang digagas Dinas kominfo Kukar dengan menggandeng sejumlah pihak seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan platfom  Rumah Belajar milik Kementrian Pendidikan RI, program ini kemudian terus mengembangkan sayap, dan terbukti program ini mendapatkan apresiasi lebih dari Bupati Kukar, Edi Damansyah beberapa waktu yang lalu.

Tak ayal setiap harinya program live streaming ini kemudian di isi dengan berbagai edukasi ke masyarakat apalagi saat sejumlah platfom lainnya menyatakan diri untuk ikut mengambil andil dalam program tersebut.

Sebut saja Kukar Pintar dan Kukar Cerdas, yang beberapa saat pasca di launching oleh Bupati Edi, menyatakan diri ikut serta mengisi berbagai program e-learning yang dilaksanakan selam 4 kali dalam seminggu tersebut.

 

Anggota DPR-RI, Hetifah Sjaifudian (tengah atas) saat menjadi narasumber di acara peluncuran Program live streaming KIM WEB menyapa guru penggerak pembelajaran Daring -- www.kaltimnews.co / Foto: Istimewa

Selain itu, sejumlah tokoh lokal maupun nasional juga sempat menghiasi program live streaming Kota Raja Channel ini, sebut saja Anggota DPR-RI Hetifah Sjaifudian pernah didaulat sebagai salah satu narasumber di program acara yang bertajuk peluncuran pembelajaran Daring guru penggerak Kukar dengan materi pelajaran SMA, SMK, MA, Sederajat 30 Maret kemarin.

Dihubungi kaltimnews.co melalui telepon selulernya, Anggota Komisi X DPR-RI Hetifah Sjaifudian, mengapresiasi program yang digagas Dinas Kominfo Kukar melalui bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) itu, menurutnya program tersebut cukup bagus bagi masyarakat tengah pendemik Covid-19 seperti sekarang ini, apalagi pasca instrusksi pemerintah yang memindahkan metode belajar informal lingkungan sekolah ke lingkungan keluarga (Belajar dirumah).

“Kegiatan yang digagas Dinas Kominfo Kukar ini, merupakan hal patut diparesiasi, apalagi ditengah pendemi Covid-19 seperti sekarang ini, dimana semua masyarakat baik siswa maupun orang tuanya harus dibekali dengan berbagai informasi dan pengetahuan yang bermutu,” kata Hetifah yang dihubungi kaltimnews.co Minggu (12/4/2020) sore.

Pentingnya informasi dan pengetahuan bagi orang tua ini dinilai wajib kata legeslator Partai Golongan Karya (Golkar) asal Kaltim ini, lantaran selama ini kata dia, terdapat banyak kecendrungan orang tua terkesan mengabaikan anak-anaknya dalam metode atau proses belajar mengajar.

“Dengan hadirnya program seperti ini anak dan orang tua biasa lebih interaktif, apalagi di program itu terdapat sejumlah guru creative dan handal pada bidangnya, tentunya metode belajar mengajar akan lebih baik diterima dan dipahami,” jelas Hetifah.

Dirinya berharap kepada Dinas Kominfo Kukar, agar program tersebut lebih dikembangkan lagi kedalam tayangan non kuota. “Saya berharap kepada Dinas Kominfo Kukar, agar program tersebut dapat lebih dikembangkan lagi, selain tetap tayang dengan mode online berupa live streaming mungkin akan lebih bagus juga jika di tayangkan di televisi seperti TVRI, tv kabel atau sejenisnya. Hal ini akan dapat memudahkan masyarakat yang tidak dapat mampu mengakses saluran live streaming tersebut,” harapnya.  

Terpisah Kepala Dinas Kominfo Kukar, Bahteramansyah, mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh pihaknya di bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) itu, apalagi kata dia, dengan inovasinya yang kian hari semakin terus berkembang. “Kalau sekarang ini konten tersebut sudah mulai dilirik oleh kaum milenial, seperti keterlibatan Kelompok Informasi Masyarakat Wadah Etam Bebaya (KIM-WEB), kalangan jurnalis menyapa, membuktikan jika program tersebut merupakan implementasi dan wujud akselerasi Kukar menuju program 100 smart city kabupaten kota,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KIM WEB Kukar, Indah, mengatakan jika keberadaan program live streaming Kota Raja Channel menjadi media yang dapat menjawab tantangan 4.0. Apalagi kata dia di tengah situasi seperti sekarang ini, masyarakat lebih banyak tinggal dirumah lantaran penerapan social distancing.

“Ini merupakan salah satu solusi yang dibuat oleh pemerintah dalam hal ini dinas Kominfo bidang PKP, kehadirian program ini utamanya dapat dengan mudah menagkal berbagai berita Hoax yang beredar di masyarakat, selain itu dengan hadirnya program ini, kami dari KIM WEB dapat mempererat tali silaturahim kami kepada semua pihak, baik itu pemerintah, jurnalis, kalangan guru, bahkan kami bisa bertatap muka via dunia maya dengan sejumlah tokoh penting seperti Bupati Kukar, dan anggota DPRR-RI,” katanya.

Indah mengaku, sejumlah pihak kini mulai melirik kehadiran program tersebut. “Banyak perubahan yang terjadi, dari yang pertama, kalau dulu mungkin hanya beberapa saja program yang ada, namun sekarang sudah banyak program, sebut saja program terbaru kami seperti, KIM WEB bersama guru penggerak, serta siaran kolaborasi bersama dengan beberpa radio FM di dalam  maupun diluar Kukar,” tutup Indah yang juga sebagai host di program tersebut. (*)

Sumber : Kaltimnews

Penulis : Arief

Editor : Redaksi Kaltimnews

Categories: KUTAI KARTANEGARA

Sudah Dibaca sebanyak 6 Kali

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Terkait

Image

Tiga Pasien COVID-19 Dinyatakan Sembuh, Tingkat Kesembuhan di Kukar Jadi 99 Persen!

Penanganan kasus Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kutai Kartanegara (Kukar) kini semakin terkendali. Bahkan tingkat kesembuhan COVID-19 di Kukar kini telah mencapai 99 persen per 2 Juli 2020. Meningkatnya tingkat kesembuhan kasus COVID-19 ini terjadi menyusul bertambahnya 3 pasien Corona y...

Image

Penutupan Pameran Pembangunan

Sanga Sanga Kab Kukar Penutupan Pameran Pembangunan   Pameran Pembangunan Merah Putih yang  Bertemakan Dengan semangat perjuangan peristiwa merah putih 27 januari 1947 ,kita bangkitkan tekad memperkokoh persatuan dan kebersamaan menuju masyarakat kutai kartanegara Adil dan M...

Image

Operasi Pasar Tahap Pertama, 16.000 Liter Minyak Goreng Curah Didistribusikan ke Tenggarong

Kelangkaan minyak goreng di tengah masyarakat menjadi perhatian serius Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar). Operasi Pasar pun dilakukan dengan menggandeng perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kukar.   Pada tahap pertama, perusahaan CPO yang beroperasi di Kecamatan Muara...